Pinhome

KPR / KPA

Cara Melunasi KPR Rumah di Bank BTN

Dipublikasikan oleh Pinhome โˆ™ 17 January 2021 โˆ™ 3 menit membaca

Uraian ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi sehingga dapat menjelaskan cara melunasi KPR rumah di Bank BTN, pelunasan dilakukan di BTN cabang kranji bekasi pada tahun 2013, sebagai informasi awal: penulis membeli rumah dengan sistem KPR pada tahun 2008, harga rumah 52 juta rupiah, uang muka 12 juta dan sisanya 40 juta dibayar dengan sistem KPR selama 8 tahun, angsuran perbulanya yaitu selama dua tahun pertama 300 ribu karena mendapat subsidi pemerintah, angsuran 6 tahun berikutnya +/- 830 ribu menyesuaikan bunga yang naik turun. jika berjalan sesuai jadwal maka hutang rumah baru akan selesai akhir tahun 2015, namun alhamdulillah karena ada rezeki lebih maka bisa mempercepat pelunasan pada akhir tahun 2013, o.k.. langsung saja kita mulai pembahasan mengenai cara pelunasan kredit pemilikan rumah KPR yang dipercepat ini ๐Ÿ™‚

Cara melunasi KPR rumah di Bank BTN

  1. Datang ke kantor cabang BTN dimana dulu kita melakukan akad kredit rumah.
  2. Dokumen yang perlu dibawa yaitu KTP asli, kartu/nomor debitur dan materai 6000 satu buah.
  3. Mengambil tiket nomor antrian pada counter pelunasan kredit.
  4. Duduk mengantri dibangku yang telah disediakan, jika antrian masih lama maka boleh jalan-jalan dulu ๐Ÿ™‚
  5. Menunggu nomor antrian kita dipanggil untuk menghadap customer service.
  6. Customer service meminta kita untuk menunjukan KTP asli, kartu debitur dan materai.
  7. Customer service melakukan pengecekan data sehingga dapat memberitahukan berapa total uang yang harus dibayar jika hendak melunasi hutang, jika dokumen agunan kita tidak berada pada cabang tersebut maka akan diberitahukan juga pada cabang BTN mana sertifikat rumah kita dapat diambil.
  8. Customer service membuat surat pelunasan rumah, kita diminta tanda tangan disitu lalu dipersilahkan duduk mengantri lagi sambil menunggu dokumen tersebut ditanda tangani atasan/ pegawai yang berwenang.
  9. Jika suratnya sudah siap maka nama kita akan dipanggil untuk menghadap kembali, disitu kita diberikan dokumen pelunasan rumah + blanko untuk pembayaran di kasir.
  10. Selanjutnya kita bayar ke kasir dengan nominal sesuai yang tertera pada blanko dan selamat pada detik itu juga hutang KPR rumah kita telah lunas.

keterangan : uraian langkah tersebut ditulis berdasarkan pengalaman pribadi, jadi pada situasi laian,cabang  BTN lain, waktu lain atau karena hal-hal lain bisa jadi sedikit berbeda, namun pasa intinya kurang lebih sama.

Sampai disini kita sudah melakukan pelunasan KPR BTN, langkah selanjutnya yaitu mengambil dokumen sertifikat rumah yang sebelumnya dijadikan agunan, menurut pengalaman penulis, surat-surat tersebut dapat diambil pada hari itu juga meskipun harus antri dari pagi sampai sore menjelang petang, ya.. mungkin hari itu sedang banyak yang melunasi KPR rumah atau memang customer servicenya perlu di tambah, he.. he…, nah.. mengenai cara pengambilan dokumen, kita bahas secara detail pada artikel berikutnya yang berjudul cara mengambil dokumen sertifikat KPR rumah di Bank BTN semoga bermanfaat ๐Ÿ™‚

Tags :

Bagikan Artikel