BlogPemilik PropertiFinansialBesar Biaya Penalti Pelunasan KPR dan Cara Mengatasinya
0
0

Besar Biaya Penalti Pelunasan KPR dan Cara Mengatasinya

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Des 1, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Mungkin sebagian besar dari Kamu masih bingung, menagapa ketika melunasi KPR lebih awal atau dari yang disepakati pada kontrak malah akan dikenakan penalti pelunasan KPR? Kamu mungkin berpikir jika bank yang meminjamkan uang ingin agar uang tersebut dilunasi sesegera mungkin. Akan tetapi, ternyata tidak untuk pinjaman KPR.

Alasannya yaitu karena selama beberapa tahun pertama jangka waktu pinjaman lebih berisikko bagi pemberi pinjaman. Pada tahun awal, sebagian besar peminjam belum mengeluarkan sejumlah uang yang signifikan jika dibandingkan dengan nilai rumah. Hal tersebut lah yang menyebabkan bank membebankan Kamu bunga, yang adalah perlindungan dari kerugian finansial.

Jika Kamu membayar pinjaman segera, bank akan kehilangan semua biaya bunga yang termasuk ke dalam pinjaman tersebut. Sehingga, ketika Kamu mengajukan KPR Kamu juga harus memperhatikan. Penalti pelunasan KPR kadang-kadang tersembunyi di dalam kontrak sehingga membuatnya mudah untuk terabaikan. Padahal dengan mempelajari tentang persoalan penalti KPR, Kamu dapat lebih banyak mempunyai pengetahuan dan strategi ketika ingin melunasi KPR.

Pins harus memiliki hunian yang nyaman untuk beristirahat dan memulai usaha setelah pensiun. Salah satu Rumah Eksklusif yang nyaman dan aman yang bisa Pins pertimbangakan adalah Kronjo Regency atau rumah dijual di Tangerang Selatan lainnya. 

Pins juga bisa mencari sebuah rumah bekas yang cantik seperti rumah second di kota Jakarta Pusat  dengan lingkungan asri lainnya. Selain itu, tentunya Pins juga bisa memulai usaha baru setelah pensiun dengan nyaman bersama keluarga.

Baca juga: Berbagai Jenis Usaha Perdagangan

Apa Itu Penalti Pelunasan KPR?

Source : Pixabay

Penalti pelunasan KPR merupakan denda yang ditentukan di dalam klausul dalam kontrak hipotek yang menjelaskan bahwa penalti akan dinilai jika peminjam secara signifikan membayar atau melunasi KPR sebelum jangka waktu. Biasanya di dalam tiga tahun pertama setelah melakukan pinjaman. Nilai penalti terkadang didasarkan pada persentase dari sisa saldo KPR. Atau juga bisa berupa bunga di dalam jumlah bulan tertentu.

Penalti KPR dikenakan oleh bank guna melindungi dari kerugian finansial dari pendapatan bunga yang seharusnya dibayar dari waktu ke waktu. Bank perlu menginformasikan terdapatnya penalti KPR ketika penutupan KPR. Penalti pelunasan KPR tidak bisa dikenakan tanpa persetujuan atau sepengetahuan peminjam. Akan tetapi, jika bank pemberi pinjaman tidak memberitahukan terdapatnya penalti, Kamu lah yang harus bertanya sejak awal.

Baca juga: Beragam Jenis Usaha UMKM dan Pengertiannya

Besar Biaya Penalti Pelunasan KPR

Besaran penalti pelunasan KPR lebih cepat dari tenor berbeda-beda, hal tersebut tergantung pada kebijakan dari masing-masing bank. Biasanya denda yang akan dikenakan sekitar 1% hingga 5% dari sisa pinjaman yang akan dilunasi. Pada saat Kamu akan mengajukan KPR, Kamu harus memastikan untuk bertanya kepada pihak bank mengenai besaran penalti yang akan mereka kenakan jika Kamu melunasi KPR lebih cepat.

Cara Mengatasi Penalti Pelunasan KPR

Source : Pixabay

Biaya denda penalti KPR bisa seperti dijelaskan akan bervariasi, akan tetapi biasanya akan sekitar 2 persen dari saldo pokok terutang. Penalti pelunasan KPR bisa menjadi hambatan bagi Kamu yang mencoba untuk mengurangi utang. Jika Kamu tidak ingin kena penalti KPR, Kamu bisa melakukannya dengan menghindari jenis pinjaman tertentu, melunasi pinjaman Kamu setelah biaya dihapus atau dengan bernegosiasi langsung dengan pihak pemberi pinjaman Kamu sebelum menutup pinjaman. Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi penalti pelunasan KPR.

1. Memilih bank dan Menghindari Jenis Pinjaman Tertentu

Jika Kamu mau menghindari penalti KPR, ada baiknya Kamu memilih bank yang tidak mengenakan klausul penalti. Hindari juga pemberi pinjaman alternatif (pinjaman online, pemberi pinjaman non-bank), dan mereka yang menjanjikan pendanaan cepat. Hal lain yang bisa Kamu lakukan untuk menghindari penalti yaitu dengan menghindari refinancing atau pembiayaan ulang. Karena hal ini dapat memberi sinyal kepada bank bahwa Kamu cenderung melakukan refinancing segera setelah suku bunga turun.

2. Menawarkan Uang Muka Lebih Besar

Sebaiknya Kamu mencari kesepakatan bersama yang menawarkan uang muka yang lebih tinggi sebagai ganti jangka waktu pinjaman yang lebih baik (termasuk penghapusan biaya penalti). Itu yang perlu Pins perhatikan juga terhadap uang muka lebih besar.

Baca juga: Jenis Usaha Ekonomi

3. Membayar Cicilan Lebih Banyak

Kamu juga dapat melakukan pembayaran tambahan yang masih diperbolehkan. Besarnya tambahan cicilin satu ini masih berada dibawah batas nilai KPR Kamu yang bisa Kamu bayar kembali setiap tahun tanpa memicu penalti KPR.

4. Menunggu Waktu

Jika Kamu ingin menghindari penalti pembayaran di muka, Kamu dapat menunggu hingga penalti dihapus sebelum melunasi ataupun melakukan refinancing.

Keuntungan Melunasi KPR Lebih Cepat

Source : Pixabay

Kamu dapat memilih untuk melunasi KPR lebih awal jika ingin mengurangi keseluruhan bunga yang harus dibayar untuk KPR. Atau ketika ingin menggunakan uang tunai demi kebutuhan lainnya. Karena ketika mencicil KPR setiap bulan, Kamu membayar bunga dari total saldo yang tersisa. Dengan melunasi KPR lebih awal, Kamu menghilangkan pembayaran bunga tambahan selama bertahun-tahun yang dibebankan untuk pinjaman.

  • Melunasi KPR Kamu secara penuh dapat menjaga cash flow dan mengurangi tekanan keuangan bulanan. Kemudian juga memberikan Kamu untuk berinvestasi dan menabung.
  • Jika Kamu sudah melunasi sejumlah besar pinjaman Kamu, Kamu mempunyai pilihan untuk memanfaatkan refinancing atau jenis kredit lainnya. Opsi satu ini pada dasarnya mengubah ekuitas Kamu menjadi uang tunai, yang kemudian bisa Kamu gunakan untuk biaya renovasi, biaya kuliah, bahkan biaya keadaan darurat. Hal ini dapat menjadi sumber dana darurat yang berguna yang jauh lebih murah daripada pinjaman pribadi tanpa pinjaman.

Kerugian Melunasi KPR Lebih Cepat

Source : Pixabay

Berikut merupakan kerugian yang bisa kamu rasakan apabila melunasi KPR lebih cepat:

1. Kamu akan Mempunyai Lebih Sedikit Likuiditas

Likuiditas mengacu pada seberapa cepat Kamu bisa mengakses uang tunai ketika memerlukannya. Rumah, di sisi lain, sangat tidak likuid. Kamu tidak bisa dengan mudah dan cepat menjual rumah secara tunai. Butuh waktu berbulan-bulan untuk menemukan pembeli dan menunggu kesepakatan itu ditutup. Sehingga, ketika Kamu melunasi KPR lebih awal, Kamu mengikat lebih banyak uang untuk rumah. Membuat diri Kamu kekurangan akses ke uang yang mungkin saja Kamu butuhkan dalam keadaan darurat.

2. Kamu akan Kehilangan Kesempatan untuk Berinvestasi

Melunasi KPR lebih cepat lebih masuk akal ketika Kamu terjebak dengan tingkat bunga yang tinggi. Akan tetapi, jika Kamu dapat mengunci cicilan terjangkau, maka melunasi KPR lebih awal dapat berarti kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengembalian yang lebih tinggi melalui investasi.

Itu dia penjelasan tentang besaran biaya penalti pelunasan KPR dan cara mengatasinya. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat untuk Kamu semua.

Baca juga: 9+ Jenis Usaha Peternakan Lengkap Beserta Penjelasanya

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Villa Kebun Raya Cibinong dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download