BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiIngin Gadai Sertifikat Rumah? Simak Risiko Gadai Sertifikat Rumah
0
0

Ingin Gadai Sertifikat Rumah? Simak Risiko Gadai Sertifikat Rumah

Dipublikasikan oleh Omri Cristian dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Jan 26, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Bagaimana jika sertifikat rumah tertahan oleh bank karena kredit macet? resiko gadai sertifikat rumah tentunya perlu kamu perhatikan dengan seksama.

Mungkin istilah kredit macet sudah tidak asing lagi bagi bank. Kredit macet merupakan keadaan dimana nasabah tidak bisa melunasi kredit bank tepat pada waktunya. Kredit macet ini bisa menimbulkan kerugian dan mengurangi pendapatan, termasuk saat kamu menggadaikan sertifikat rumah sebagai jaminannya.

Lewat Simulasi KPR yang disediakan Pinhome, kamu bisa lebih siap menyiapkan dana properti. Fitur pencariannya membantumu menemukan rumah di Karang Tengah, rumah baru di Kabupaten Bekasi seperti Panorama Bekasi Residence dan sebagainya.

Alasan Gadai Sertifikat

Source : Pinterest

Kredit Multi Guna adalah fasilitas pinjaman yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk keperluan konsumtif. Layanan ini disediakan oleh bank atau lembaga keuangan lain kepada orang dengan penghasilan tetap atau tidak tetap.

Namun, dalam kredit ini harus aset atau surat-surat berharga seperti BPKB, Sertifikat Rumah, dan lain sebagainya untuk digunakan sebagai jaminan. Ini lah kenapa gadai sertifikat dilakukan, yaitu agar ada jaminan sebagai pinjaman.

Baca juga: Pinjaman Renovasi Rumah BPJS? Begini Syarat dan Caranya!

Risiko Ditolak oleh Bank

Source : Pexels

Kredit macet bisa terjadi karena nasabah mengalami kegagalan dalam usahanya. Sehingga nasabah tidak bisa melunasi utangnya kepada Bank. Biasanya dalam kepengurusan peminjaman dana, nasabah akan memberikan jaminan berupa sertifikat rumah.

Jaminan sertifikat rumah ini merupakan jaminan dengan aset yang besar sehingga nasabah bisa meminjam dana dalam jumlah yang besar. Sayangnya, meminjam dana menggunakan sertifikat tidak semudah itu. Ada beberapa faktor bank tidak menyetujui permohonan, di antaranya adalah:

1. Kondisi Mendesak

Jika kondisi sangat mendesak menandakan pinjaman yang diajukan menjadi solusi terakhir. Bank pasti berpikir bahwa pinjamanmu mampu menimbulkan kredit macet yang jauh lebih besar.

2. Miliki Banyak Utang

Pastikan pula kamu tidak memiliki banyak tunggakan baik di bank ataupun lembaga pinjaman lainnya. Hal ini akan membuat pengajuanmu bisa ditolak sebab hutang yang ditanggung ada di banyak tempat.

3. Kekuatan Finansial Lemah

Setiap pinjaman tentu akan mengalami proses evaluasi guna mengetahui kekuatan finansial pihak yang meminjam. Apabila sertifikat rumah adalah pilihan terakhir tentu akan sulit menyakinkan bank jika Pins benar-benar mampu melunasi cicilan tersebut.

Baca juga: Resiko Pengajuan Kredit Agunan dengan Jaminan Sertifikat Rumah

Cara Saat Gadai Sertifikat Rumah Ditahan Bank

Risiko Gadai Sertifikat Rumah
Source : Harga.web.id

Ada beberapa alternatif jika sertifikat ditahan oleh bank. Pertama yaitu mengajukan perpanjangan jangka waktu kredit, misalnya awal mula hanya dua tahun ditambah menjadi 10 atau 15 agar besaran cicilan menjadi ringan.

Hal ini supaya kondisi cash flow mampu menutupi tagihan dan tidak lagi menunggak. Karena itu sebaiknya usahakan untuk mempertahankan kemampuan cash flow masuk dari usaha. Cukup 30% dari pendapatan bersih guna membayar cicilan.

Selain itu, cara lain yaitu dengan menjual aset yang dimiliki agar dapat menutup utang tersebut. Misalnya menjual perhiasan, mobil, atau aset lainnya yang bernilai besar.

Dalam keadaan seperti ini tentu kita harus merelakan aset berharga agar dapat memperoleh dana lain sebagai pelunasan pinjaman. Jika memang tidak memiliki aset yang bernilai tinggi, minta tolong pada kerabat yang bisa memberikan pinjaman tanpa bunga, jaminannya pun hanya berupa kepercayaan.

Baca juga: Cara Mengurus Sertifikat Rumah dan Tanah

Penyebab Kredit Macet

Risiko Gadai Sertifikat Rumah
Source : Shutterstock

Penyebab kredit macet salah satunya usaha yang tak berjalan lancar. Agar usaha bisa normal kembali, sebaiknya cari pangsa pasar baru seperti mengubah cara pemasaran.

Sebaiknya hindari piutang, jika ada piutang yang macet langsung tagih secara terus menerus. Apabila ada yang berusaha mencicil mintalah fasilitas kredit dari supplier agar perputaran barang menjadi banyak.

Dengan adanya usaha ini, harapannya adalah kembali cash flow sehingga bisa melunasi pinjaman kepada bank, sehingga sertifikat bisa diambil kembali.

Apabila setelah pelunasan kondisi keuangan kembali membaik lagi sebaiknya siapkan dan darurat yang bisa digunakan dalam kondisi sulit terlebih lagi jika memiliki pengeluaran rutin seperti cicilan.

Selain itu, jangan lupa untuk memisahkan antara dana kebutuhan sehari-hari dengan dana yang dipakai untuk melunasi hutang agar tidak bingung saat memakainya.

Tips Memilih Bank Untuk Gadaikan Sertifikat Rumah

Risiko Gadai Sertifikat Rumah
Source : Pexels

Sebelum Pins memutuskan untuk meminjam dari salah satu bank dengan sertifikat rumah, ada baiknya untuk mempelajari beberapa hal berikut:

  • Melakukan perbandingan antar bank untuk memilih yang terbaik. Meskipun terburu-buru untuk mendapatkan pinjaman, kamu harus bisa memilih bank yang benar-benar yang dapat aman dan terpecaya.
  • Pilih bank dengan suku bunga yang relatif lebih rendah. Selain itu, pilih bank yang memiliki reputasi yang baik di dunia perbankan dan di mata masyarakat umum. Bank dengan banyak nasabah dan sistem yang profesional biasanya memiliki reputasi yang baik.
  • Cari tahu apakah bank tersebut stabil dan mampu bertahan dalam gejolak ekonomi. Bank yang sudah berdiri lama dan masih eksis pasti memiliki pengalaman yang baik.

Baca juga: Bisnis Over Kredit Rumah di Perumahan

Tips Membayar dan Melunasi Kredit

Risiko Gadai Sertifikat Rumah
Source : Pexels

Agar kamu bisa menggunakan uang pinjaman dengan efektif dan segera melunasi hutang supaya sertifikat rumah kembali, ada tips yang bisa kamu lakukan. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat kamu pertimbangkan:

  • Buat catatan tentang semua pengeluaran kamu untuk memudahkan pengontrolan uang.
  • Hindari meminjam dari bank lain saat masih membayar pinjaman yang sudah ada, karena hal ini dapat membuat Pins terjebak dalam hutang yang semakin dalam.
  • Prioritaskan pembayaran angsuran dari penghasilan bulanan kamu. Jika diperlukan, buat rekening terpisah untuk pembayaran angsuran.

Sertifikat rumah bukanlah suatu hal yang bisa dianggap remeh, sertifikat ini adalah barang penting yang harus di jaga dengan baik dan tidak boleh hilang. Jika sertifikat rumah tertahan oleh bank tentunya akan berdampak buruk bagi pemilik rumah.

Oleh karenanya, risiko gadai sertifikat rumah harus dipertimbangkan dengan matang. Sebaiknya Pins selalu membayar kredit dengan tepat waktu agar terhindar dari hal tersebut.

Baca juga: Beli Rumah KPR? Pahami Dulu Prosedur Akad Kredit Ini!

Feature Image Source: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Mutiara Gading City dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download