BlogPemilik PropertiFinansial8 Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk!
0
0

8 Cara Melunasi Hutang yang Menumpuk!

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
hutangtop-right-banner

Bagaimana cara melunasi hutang yang menumpuk? Di era seperti sekarang ini, sangat sulit untuk menghindari hutang. Banyak orang yang perlu berhutang untuk memenuhi kebutuhan yang penting seperti kendaraan, alat komunikasi, bahkan rumah.

Segala kebutuhan tersebut merupakan hal esensial saat ini. Harganya pun tidak murah, sehingga tidak ada pilihan lain kecuali berhutang. Hal ini terjadi karena penghasilan yang didapat tidaklah sebanding untuk mampu untuk membeli kebutuhan tersebut.

Tidak hanya itu, harga barang-barang tersebut juga semakin tinggi seperti contohnya rumah yang merupakan kebutuhan primer seluruh orang. Banyaknya dan mahalnya kebutuhan membuat orang perlu mengajukan berbagai jenis kredit.

Pilihan ini akhirnya membuat hutang kreditur menumpuk. Kalau sudah seperti ini, tentunya peminjam harus mencari jalan keluar dari hutang menumpuk. Yuk, cari tahu cara melunasi hutang yang menumpuk!

Baca juga: Tips Agar Tidak Terjerat Utang Kredit Rumah

Catat Semua Hutang yang Dimiliki

Source : Islamedia

Langkah pertama yang perlu dilakukan sebagai jalan keluar dari hutang menumpuk yaitu mencatatnya. Pins perlu mendata semua jenis kredit dan pinjaman yang dilakukan secara mendetail. Hal ini dilakukan supaya Pins tahu seberapa banyak hutang yang perlu dibayar dan tidak ada pinjaman yang terlewat.

Saat melakukan pencatatan, jangan lupa untuk menuliskan informasi penting. Catat nama hutang, batas jatuh tempo, besar cicilan, bunga yang berlaku, pihak pemberi hutang, dan lain-lain. Catatan ini akan membantu Pins untuk mengetahui jumlah detail pembayaran yang harus dilakukan supaya hutang bisa lunas.

Tetapkan Skala Prioritas dalam Membayar Hutang

Cara Mudah Melunasi Hutang
Source : Magazine Job-Like

Setelah membuat daftar hutang, langkah berikutnya yang bisa Pins lakukan yaitu membuat skala prioritas. Tetapkan hutang mana dulu yang harus lebih dulu dibayar dibandingkan hutang lainnya. Ada beberapa indikator yang bisa membantu Pins untuk membuat daftar prioritas ini.

Pins bisa memilih hutang dengan bunga besar terlebih dahulu supaya besarannya tidak membengkak. Selain itu, faktor lain yang bisa diperhitungkan yaitu tenor hutang. Jika ada hutang yang akan segera jatuh tempo, pastikan Pins segera melunasinya.

Baca juga: 100% Ampuh Cara Hemat Membangun Rumah

Buat Pola Hidup Hemat

cara melunasi hutang
Source : The Jakarta Post

Pins juga bisa mencoba untuk hidup dengan lebih hemat. Tekan biaya pengeluaran supaya Pins memiliki uang tambahan untuk bisa membayar hutang. Pins bisa mulai dengan mengurangi konsumsi hal-hal yang bukan kebutuhan primer dan tidak mendesak.

Selain itu, Pins juga bisa mengubah gaya hidup yang lebih hemat. Beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:

  • Pindah ke tempat tinggal dengan biaya sewa yang lebih murah.
  • Kurangi penggunaan produk sekali pakai.
  • Menggunakan transportasi umum atau sepeda.
  • Mengurangi makan di luar, cobalah masak sendiri.
  • Hemat menggunakan air dan listrik.

Hindari Gali Lubang Tutup Lubang

Cara Mudah Melunasi Hutang
Source : Antara

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh orang dengan hutang menumpuk yaitu mencari pinjaman lain. Banyak orang yang sudah merasa terdesak dan akhirnya membuat hutang baru untuk membayar hutang lainnya.

Terlebih, saat ini meminjam uang semakin mudah, cukup bermodal foto Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan foto selfie. Saat sudah memiliki banyak hutang, hindari menggunakan cara ini.

Membayar hutang dengan pinjaman memang terasa cepat dan mudah. Namun itu semua hanya ilusi. Hutang yang Pins miliki tidak berkurang atau bahkan bertambah. Jumlah hutang yang Pins miliki akan tetap sama atau semakin besar karena adanya bunga.

Cari Penghasilan Tambahan

cara melunasi hutang
Source : Kelas Pintar

Mendapatkan penghasilan tambahan tentu merupakan salah satu cara melunasi hutang yang menumpuk. Mencari kerja sampingan akan sangat membantu menambah dana yang harus dikeluarkan untuk membayar hutang.

Ada berbagai cara yang bisa Pins lakukan untuk mendapat penghasilan tambahan, terutama di era digital seperti ini. Beberapa cara dapat penghasilan tambahan yaitu:

  • Berjualan online baik jadi reseller maupun dropshipper.
  • Mengajar les privat.
  • Bekerja paruh waktu.
  • Menjadi freelancer seperti penerjemah atau penulis artikel.
  • Menyediakan jasa desain atau foto.
  • Membuka usaha kecil seperti warung kopi, dan lain-lain.

Take Over Kredit

Cara Mudah Melunasi Hutang
Source : Metropolution

Cara melunasi hutang yang menumpuk berikutnya yaitu dengan melakukan take over kredit. Secara mudah, take over kredit yaitu menjual kembali barang yang masih dalam kondisi kredit. Misalnya yaitu menjual mobil yang kreditnya belum selesai.

Take over kredit akan sangat membantu Pins untuk melunasi hutang yang dimiliki. Hasil penjualan barang tersebut bisa digunakan untuk membayar cicilan yang belum selesai. Selain itu, sisa dari penjualan bisa ditabung untuk keperluan lainnya.

Sewakan Aset yang Dimiliki

cara melunasi hutang
Source : Abisgajian

Apakah Pins memiliki aset seperti kendaraan atau kamar kosong? Coba sewakan aset-aset tersebut untuk menambah penghasilan. Pins akan mendapatkan penghasilan dari penyewaan aset-aset tersebut tanpa perlu repot melakukan pekerjaan tambahan.

Jasa penyewaan seperti ini saat ini cukup populer. Pins bisa mendapatkan pendapatan pasif dari aset yang telah dimiliki. Selain itu, di era serba internet seperti saat ini, penyewaan juga semakin mudah karena sudah tersedia banyak aplikasi atau situs yang bisa dimanfaatkan untuk mengiklankan aset.

Cairkan Investasi yang Dipunya

Source : Omahemas

Langkah lain untuk bisa melunasi hutang yaitu dengan mencairkan investasi yang dimiliki oleh Pins. Cara ini praktis untuk bisa mendapatkan tambahan uang supaya hutang cepat lunas.

Pins bisa menjual investasi yang telah dimiliki seperti emas, obligasi, saham, dan lain-lain. Uang yang didapat dari penjualan tersebut kemudian bisa dimasukkan ke dana pembayaran hutang. 

Ikuti berbagai cara melunasi hutang yang menumpuk di atas supaya Pins tidak terlilit hutang. Namun, perlu diingat, cara terpenting yang perlu dilakukan supaya hutang terbayar yaitu niat dan konsisten. Jangan lupa segera lunasi hutang ya, Pins!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cendana Parc dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download