Pinhome

  • Blog
  • Finansial
  • Cari Tahu 5 Bank Terbesar di Indonesia dan Cara Jadi Nasabah

Cari Tahu 5 Bank Terbesar di Indonesia dan Cara Jadi Nasabah

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 November 2021 ∙ 6 menit membaca

Jumlah penyedia jasa keuangan dalam bentuk bank sangatlah banyak di Indonesia. Baik bank milik swasta maupun pemerintah, semuanya terus berkembang dan kini telah tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Di antara perusahaan-perusahaan tersebut, ada yang masuk ke daftar bank terbesar di Indonesia.

Pinhome – Salah satu cara untuk mengetahui skala suatu lembaga perbankan adalah dengan memperhitungkan aset yang dimiliki. Total kepemilikan aset tersebut memperlihatkan kemampuan sebuah bank karena dihitung dari berbagai aspek seperti saham dan lain sebagainya.

Perhitungan aset untuk menentukan bank terbesar di Indonesia dilakukan dalam kurun waktu tertentu seperti misalnya kuartal atau 3 bulan sekali. Hasil perhitungan tersebut juga bisa dijadikan acuan untuk melihat kenaikan atau penurunan aset yang dimiliki oleh perusahaan.

Baca Juga: Penggunaan Kode Bank BRI Dan Tahapan Membuat Tabungan BRI

Berikut ini 5 bank terbesar di Indonesia yang memiliki total aset terbanyak dibandingkan perusahaan perbankan lainnya.

Bank Mandiri

(Detik)

Bank Mandiri berhasil menduduki peringkat pertama sebagai bank dengan total aset terbesar. Tercatat bahwa aset yang dimiliki oleh bank berstatus usaha milik negeri (BUMN) ini yaitu mencapai Rp1.584,1 triliun di akhir bulan Maret 2021. Jumlah tersebut lebih besar 20% dari total sebelumnya.

Kenaikan aset yang dialami oleh Bank Mandiri dipengaruhi oleh Bank Syariah Indonesia (BSI). Bank Mandiri merupakan pemilik saham terbesar dari BSI sehingga peningkatan aset BSI juga akan mempengaruhi Bank Mandiri. 

Bank BRI

(Bangsa Online)

Baca Juga: Cara Melunasi KPR Rumah Di Bank BTN

Bank dengan predikat terbesar berikutnya yaitu Bank Rakyat Indonesia atau BRI. Bank plat merah ini posisinya tergeser setelah sebelum-sebelumnya menduduki ranking pertama.

Terhitung Maret 2021, BRI telah membukukan aset sebesar 1.411,05 triliun atau 3,83 persen secara year on year (yoy). Kenaikan tersebut memang sudah diperkirakan, namun jumlahnya masih kalah dengan Bank Mandiri.

Pertumbuhan aset dari Bank BRI dipengaruhi oleh beberapa hal. Salah satu hal yang menyumbang kenaikan tersebut yaitu adanya pembentukan holding ultra mikro yang berarti bahwa Bank BRI akan membawahi Permodalan Nasional Madani (PMN). 

Bank BCA

(The Gorbals La)

Urutan ketiga ditempati oleh Bank Central Asia atau BCA. Posisi ini menjadikan BCA sebagai bank swasta terbesar di Indonesia. Bank ini menjadi satu-satunya bank swasta yang masuk ke daftar ini.

Pada kuartal III, Bank BCA berhasil mencatatkan aset total yang menembus angka Rp1.000 triliun yaitu tepatnya Rp1.003,64 triliun. Jumlah tersebut meningkat sebanyak 12,3% jika dihitung secara tahunan.

Naiknya aset yang dimiliki oleh Bank BCA didukung oleh pertumbuhan dana yang solid. Berbagai lini usaha atau pihak ketiga milik Bank BCA mengalami kenaikan yang cukup signifikan sehingga berpengaruh terhadap total aset yang dimiliki oleh bank ini.

Bank BNI

(Pikiran Rakyat)

Bank Negara Indonesia atau BNI juga dinobatkan sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia. Di akhir September 2020, BNI memiliki kenaikan aset sebesar 12,47% secara tahunan. Lebih tepatnya, bank ini mencatatkan total nilai asetnya yaitu sebesar Rp916,95 triliun.

Sama seperti Bank BCA, peningkatan aset milik Bank BNI juga banyak dipengaruhi oleh pertumbuhan dana pihak ketiga atau DPK. Tercatat bahwa DPK milik Bank BNI naik sebesar 21,4% secara tahunan yaitu dari Rp580,9 triliun ke angka Rp705,1 triliun.

Bank BTN

(JPNN)

Posisi terakhir dalam daftar ini dimiliki oleh Bank Tabungan Negara atau BTN. Bank yang memiliki spesialisasi di bidang kredit perumahan ini mencatatkan total asetnya yaitu mencapai Rp356,97 triliun. Jumlah tersebut naik sebesar 12,9 persen jika dihitung secara tahunan.

Walaupun berada di posisi kelima, Bank BTN menjadi satu-satunya bank yang memiliki prestasi positif di kuartal III tahun 2020. Hal ini dikarenakan adanya peningkatan signifikan dari laba bersih Bank BTN yaitu 39,72 persen. Perolehan laba tersebut naik dari Rp801 miliar menjadi Rp1,12 triliun.

Menjadi Nasabah Bank Terbesar

Apakah Pins tertarik untuk menjadi nasabah di bank-bank besar tersebut? Ada beberapa persyaratan yang perlu diperhatikan sebelum mengajukan pembuatan rekening. Berikut ini syarat-syarat membuka tabungan di berbagai bank di Indonesia.

  • Syarat Buka Tabungan Mandiri

Tabungan Mandiri merupakan salah satu jenis tabungan yang disediakan oleh Bank Mandiri. Pengguna rekening ini akan mendapatkan fasilitas seperti buku tabungan, kartu ATM, dan lain-lain. Syarat untuk membuka tabungan ini yaitu:

  • Bagi Warga Negara Indonesia (WNI), memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Bagi Warga Negara Asing (WNA), memiliki identitas seperti kartu izin tinggal.
  • Bagi pelajar, memiliki kartu pelajar dan surat persetujuan orang tua.
  • Menunjukkan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) jika ada.
  • Menyiapkan uang setoran awal sebesar Rp500 ribu.
  • Syarat Membuka Rekening Bank BRI

Bank BRI juga mensyaratkan dokumen-dokumen tertentu untuk pembukaan rekening. Syarat yang perlu dipersiapkan yaitu:

  • Bagi WNI memiliki KTP.
  • Bagi WNA memiliki passport atau kartu izin tinggal.
  • Usia calon nasabah minimal 17 tahun.
  • Melakukan setoran awal sesuai jenis tabungan yang dipilih.
  • Menyertakan NPWP jika ada.
  • Syarat Rekening Tahapan BCA

Bank BCA menyediakan tabungan Tahapan BCA yang memungkinkan nasabah untuk memilih kartu debit sesuai keinginan yaitu Silver, Gold, dan Platinum. Masing-masing kartu memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Berikut ini syarat yang harus dipenuhi jika ingin membuka rekening Tahapan BCA.

  • Mengisi formulir permohonan pembukaan rekening.
  • Membawa kartu identitas diri dan NPWP.
  • Menyediakan uang setoran awal sebesar Rp500 ribu.
  • Bersedia membayar biaya administrasi setiap bulannya.
  • Syarat Buka Rekening Bank BNI

Bank BNI juga menyediakan layanan tabungan dan salah satunya yaitu BNI Taplus. Syarat yang harus dipenuhi untuk bisa memiliki rekening ini yaitu sebagai berikut.

  • Mengisi formulir pembukaan rekening.
  • Melampirkan kartu identitas.
  • Menyiapkan uang setoran awal sebesar Rp500 ribu (Jabodetabek) atau Rp250 ribu (non Jabodetabek).
  • Membayar biaya administrasi bulanan.
  • Syarat Membuka Rekening di Bank BTN

Salah satu tabungan yang disediakan oleh Bank BTN yaitu BTN Batara. Nasabah tabungan ini akan mendapatkan keuntungan seperti bunga sesuai dengan besar saldo yang dimiliki. Berikut ini syarat untuk membuka rekening BTN Batara.

  • Mengisi formulir aplikasi buka rekening.
  • Memiliki identitas diri yang sesuai.
  • Menyiapkan setoran awal sebesar Rp200 ribu.
  • Membayar biaya administrasi tiap bulan.

Itu tadi informasi tentang 5 bank terbesar di Indonesia berdasarkan total aset yang dimiliki. Jika Pins ingin menjadi nasabah bank tersebut, jangan lupa persiapkan syarat-syarat yang diperlukan, ya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Safina

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel