BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPADaftar 15 Bank dengan Bunga KPR Terendah
0
0

Daftar 15 Bank dengan Bunga KPR Terendah

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Feb 1, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
bank dengan bunga kpr terendahtop-right-banner

KPR atau yang memiliki kepanjangan Kredit Kepemilikan Rumah, adalah salah satu cara bayar yang kerap dipilih masyarakat ketika akan membeli rumah. Baik Bank dengan bunga KPR terendah maupun memiliki cara mudah tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Hal tersebut dikarenakan ada bunga yang harus dibayarkan yang pembiayaan disediakan oleh perbankan.

Melalui fitur Kalkulator KPR yang dimiliki Pinhome juga mudah memperhitungkan angsuran KPR-mu. Selain itu Pinhome juga menyediakan informasi terbaru seputar rumah baru di Cakung, sewa apartemen di Kelapa Gading hingga rumah dijual di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa.

Bank dengan Bunga KPR Terendah

Terdapat banyak pilihan Bank dengan suku bunga kpr terendah untuk memudahkan Kamu memiliki rumah impian. Berikut adalah beberapa rekomendasinya!

1. BCA

bank dengan bunga kpr terendah
Source : Kompas

Bank BCA memang bisa dibilang bank nomor satu yang menjadi favorit masyarakat Indonesia, tidak terkecuali penawaran bunga KPR yang bisa dibilang paling rendah. KPR BCA sering memberikan penawaran bunga KPR promo fixed atau bunga flat dalam periode tertentu.

Misalnya, BCA memberikan bunga fix atau tetap selama tiga tahun dengan tenor pembayaran 10 tahun. BCA adalah bank dengan bunga KPR terendah yang diberikan hanya 3,85% selama tiga tahun tersebut.

Bulan keempat dan seterusnya, bunga akan floating. Ada yang senang memilih bunga fixed dan floating ini. Namun karena floating tidak menentu dan bisa membengkak hingga 11%, Bank BCA juga memberikan tawaran bunga fixed berjenjang.

Artinya, bunga akan diberikan berbeda-beda dalam jangka waktu tertentu. Contohnya dengan tenor 10 tahun, bunga yang diberikan di 3 tahun pertama tetap di angka 4,25%.

Tahun keempat hingga keenam akan naik tapi bunganya tetap sebesar 7,55%. Sementara tahun ketujuh sampai kesepuluh bunganya naik lagi tapi tetap di angka 9,55%.

Baca juga: Harga Rumah Tipe 36 di Perumahan dan Cara Menghitungnya

2. Mandiri 

bank dengan bunga kpr terendah
Source : The Jakarta Post

Bank Mandiri lebih beragam dalam memberikan promo bunga KPR-nya. Contohnya adalah Bank Mandiri memberikan promo-promo menarik untuk karyawan dari perusahaan tertentu dengan suku bunga KPR yang sangat kompetitif. Ada pula promo khusus untuk para karyawan yang perusahaannya melakukan penggajian atau payroll dengan sistem Bank Mandiri.

Contohnya adalah Bank Mandiri memberikan bunga KPR fixed selama tenor 10 tahun di angka 8,50%. Sementara jika tenor 12 tahun akan diberikan bunga KPR fixed 5,99% selama 5 tahun dan tahun selanjutnya floating.

3. BRI

bank dengan bunga kpr terendah
Source : Tribun Pontianak

BRI (Bank Rakyat Indonesia) terkenal kerap memberikan program dengan promo-promo menarik yang bertepatan dengan waktu tertentu. Contohnya adalah promo bunga KPR di HUT BRI, KPR Hoki ketika Tahun Baru China atau KPR Lebaran ketika bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri.

Umumnya, pada hari-hari tersebut, BRI memberikan bunga KPR 1 tahun yang sangat rendah. Angkanya mencapai 2,88% di tahun pertama. Untuk bunga reguler, biasanya BRI adalah bank dengan bunga KPR terendah 4,99% fixed di 3 tahun pertama dan tahun selanjutnya floating hingga di angka 13%.

4. BNI

bank dengan bunga kpr terendah
Source : CNBC Indonesia

Suku bunga KPR memang kerap naik, namun BNI termasuk salah satu yang selalu memberikan promo bunga terendah. Bunga fix 2 tahun pertama ditawarkan di angka 6,75%. Selain itu, biasanya promo ini hanya diperuntukkan untuk mereka yang berada di segmen low risk atau yang membeli rumah di developer tertentu yang ditunjuk bekerjasama dengan BNI.

5. BTN

bank dengan bunga kpr terendah
Source : CNBC Indonesia

Bank BTN disebut sebagai yang memberikan promo bunga KPR paling menggiurkan di bulan ini dengan nama KPR Subsidi BTN, bebas premi asuransi dan PPN. Suku bunganya di angka 5% fixed sepanjang masa bayar sampai tenor 20 tahun! Selain itu, ada promo DP 1% juga, lho!

Namun perlu diingat, jika program KPR Bank BTN ini ditujukan untuk MBR atau masyarakat berpenghasilan rendah. Tujuannya untuk pembelian rumah sejahtera tapak dan rumah sejahtera susun. Program ini pun merupakan program dari Kementerian PUPR atau Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca juga: Simulasi dan Cara Menghitung KPR BTN dengan Tepat

6. CIMB Niaga

Source : Liputan 6

Tidak kalah dengan bank lainnya, CIMB Niaga juga sering memberikan beberapa program menarik untuk KPR. Salah satunya adalah produknya bernama KPR Xtra Pasti yang menawarkan bunga fix selama 3 tahun pertama di angka 9%. Cicilan KPR bertahap dengan jangka panjang hingga 25 tahun, Pins!

7. Maybank Indonesia

Source : CNBC Indonesia

Dalam menetapkan suku bunga KPR, perbankan biasanya merujuk pada SBDK atau Suku Bunga Dasar Kredit yang dirilis oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Perlu diketahui pula, jika SBDK belum menghitung komponen lain dalam bunga KPR. Seperti resiko masing-masing debitur atau kelompok debitur dan lain-lain.

Untuk Bank Maybank Indonesia, biasanya menetapkan SBDK KPR di angka 8%, sementara itu di angka 8,75% untuk non KPR.

8. Panin

Source : CNN Indonesia

Sesuai info yang dikutip dari panin.co.id, Bank Panin memberikan bunga KPR fixed 6,75% di lima tahun pertama. Tahun ke 6-10 akan tetap di angka 8,25%, 8,75% di tahun 11 hingga 15 dan 9,75% untuk tahun-tahun terakhir yaitu 15-20.

Program ini bernama KPR Program Angsuran Tetap. Namun perlu digaris bawahi, bunga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu ya Pins!

9. Mega

Source : Suara

Untuk suku bunga 12%, Bank Mega memang masih yang tertinggi dari bank-bank lain yang menawarkan suku bunga KPR rendah. Tapi, tidak ada salahnya untuk mencari tahu lebih lanjut sebagai perbandingan dengan program perbankan lainnya. Jangan lupa pula memperhatikan syarat dan ketentuan dari Bank yang bersangkutan ya!

Baca juga: Mudah! Cara Menghitung Angsuran KPR Bunga Flat

10. Danamon

Source : Republika

Meski tidak terlalu banyak program tertentu, Bank Danamon masih memberikan suku bunga terendah. Dari kelima belas bank yang kerap menawarkan bunga KPR, Danamon bank dengan bunga KPR terendah di angka 9,75%. Kamu juga bisa memantau saat mereka sedang mengadakan promo-promo KPR yang menarik.

11. HSBC

Source : The Times

Untuk HSBC, termasuk yang memberikan bunga KPR rendah di angka 9.25% yang biasanya juga mempengaruhi biaya down payment atau DP yang harus dibayarkan pertama kali. Apalagi bila kamu termasuk dalam nasabah HSBC Advance atau Premier, kamu akan mendapatkan keuntungan-keuntungan menarik lainnya.

12. OCBC NISP

Source : Republika

Bank OCBC NISP juga dikenal sangat kompetitif dalam memberikan penawaran untuk nasabahnya, tak terkecuali di bidang KPR. Bank OCBC NISP memiliki SBDK atau Suku Bunga Dasar Kredit sebesar 8,25% yang bisa jadi acuan Kamu dalam mengambil KPR di bank ini.

Baca juga: Mudah! Inilah 7 Cara Cek Status KPR BTN Online

13. Artha Graha

Source : Kompas

Meski tidak sefamiliar bank lainnya, Bank Artha Graha juga cukup terpercaya dalam memberikan penawaran bunga KPR sebesar 12,5%. Diberi nama BAGI KPR Graha, KPR ini diberikan kepada perorangan untuk membeli properti seperti apartemen atau rumah, melalui developer yang bekerjasama dengan BAGI.

14. Nobu Bank

Source : Tribun Jateng

Setiap perbankan dan program tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pembeli rumah masing-masing. Nobu bank dengan bunga KPR terendah di angka 9,25% yang bisa jadi pilihan pembanding ketika mengambil KPR.

15. Permata

Source : Kompas

Terakhir adalah Bank Permata. Memiliki program bernama KPR Permata yang menawarkan suku bunga KPR fixed selama tiga tahun sebesar 6,75% sementara tahun berikutnya akan mengikuti atau floating. Termasuk terjangkau, bukan?

Apakah menjawab rasa penasaran tentang bank dengan bunga KPR Terendah? Semoga membantu dalam mencari rumah impian, Pins! Bila masih ingin melihat lebih detail, ada baiknya kunjungi langsung Bank yang akan Kamu pilih ya!

Baca juga: Mau Ajukan Cicilan Perumahan Subsidi? Baca Dulu Syaratnya!

Featured Image Source: Freepik/pressfoto


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Apartemen Tokyo Riverside PIK dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download