BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPAApakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?
0
0

Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Dipublikasikan oleh Yurinda Dini dan Diperbarui oleh Yurinda Dini

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi? Ini Penjelasannya!top-right-banner

Kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rumah KPR non subsidi boleh direnovasi? Apakah jika melakukannya, penghuni akan mendapatkan teguran dari pihak pengembang? Memang, rumah dengan konsep cluster punya beberapa aturan yang harus menjadi perhatian para penghuni. Salah satunya termasuk renovasi atau perbaikan rumah. 

Memang benar, tak sedikit pemilik rumah yang langsung melakukan renovasi pada hunian dalam waktu dekat setelah menempatinya. Meski demikian, kamu juga harus melakukan renovasi dengan rencana yang matang. Jangan lupa, perhatikan bahwa ada beberapa aturan terkait renovasi dari pihak pengembang yang tidak boleh kamu abaikan. 

Baca juga: Merenovasi Rumah Sendiri, Siapa Takut?

Tujuan Melakukan Renovasi Rumah

Source : Freepik

Secara umum, renovasi memiliki arti suatu bentuk aktivitas untuk memperbaiki, memperbarui, atau mengganti bangunan hunian guna mendapatkan kondisi yang pastinya jauh lebih baik. Ada beberapa tujuan mengapa pemilik melakukan renovasi pada rumah, antara lain:

  • Rumah mengalami kerusakan. Penyebabnya bisa beragam, seperti faktor cuaca, bencana alam, dan usia bangunan yang memang sudah terlalu lama.
  • Memerlukan lebih banyak ruangan. Ini bisa terjadi karena anggota keluarga bertambah, seperti anak atau asisten rumah tangga. Bisa juga ingin memiliki area cuci dan jemur khusus. 
  • Perawatan secara rutin. Misalnya dengan mengecat ulang dinding, pagar, atau memperbaiki area rumah yang mengalami kebocoran. 
  • Bangunan terasa kurang nyaman. Pemilik mungkin ingin menambahkan sirkulasi udara dan pencahayaan alami sehingga tidak terasa pengap. 

Apakah Rumah KPR Non Subsidi Boleh Direnovasi?

Source : Freepik

Jika kamu membeli rumah dengan sistem cluster dengan skema kredit atau KPR, umumnya pengembang punya sejumlah aturan yang wajib menjadi perhatian. Salah satunya jika kamu ingin melakukan perbaikan atau renovasi. 

Tujuannya supaya tampilan muka hunian dengan skema KPR tetap sama dengan konsep utamanya, sehingga tampak teratur dan pastinya lebih rapi. Tak hanya itu, dalam proses pembangunannya, renovasi haruslah sesuai dan berpedoman dengan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) yang sudah terdaftar. 

Inilah sebabnya, sebelum melakukan renovasi rumah, kamu tentunya harus melakukan pengurusan IMB yang baru. Sayangnya, khusus untuk rumah sistem cluster dengan skema kredit, kamu baru bisa mengambil IMB jika angsuran kredit pada bank sudah lunas. 

Selain itu, sebagai penghuni rumah, sebelum melakukan renovasi pada hunian, kamu juga perlu mengetahui apa saja fasilitas umum yang terdapat pada perumahan, misalnya area taman, parit, dan tetangga pada sisi samping, depan, dan belakang rumah jika ada. 

Baca juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Estimasi Biaya Renovasi Rumah Selengkapnya!

Bagian Rumah KPR yang Boleh Mendapatkan Renovasi

Source : Freepik

Jadi, apakah rumah kpr non subsidi boleh direnovasi? Jawabannya boleh, Pins. Namun, ada hal-hal yang perlu kamu perhatikan sebelum renovasi hunian sesuai dengan aturan dari pihak pengembang.

Apabila kamu adalah salah satu pemilik hunian KPR, berikut beberapa bagian yang boleh kamu renovasi, Pins:

  • Pagar. Bagian satu ini hanya boleh kamu renovasi sedikit. Hal ini juga berlaku untuk renovasi bagian dapur rumah. Sementara untuk rumah cluster, beberapa pengembang biasanya tidak memperbolehkan adanya tambahan pagar pada bagian depan rumah. Sebab, ini bisa berpengaruh pada luas jalan cluster. 
  • Atap yang bocor. Wajar adanya apabila suatu hunian kerusakan karena telah bertahan dalam waktu yang lama. Misalnya, atap yang mengalami bocor, area dinding yang memudar dan terkelupas, ubin pada beberapa ruang yang mengalami retak, atau lainnya. Renovasi bisa kamu lakukan asalkan tidak mengubah struktur awal dari bangunan tersebut. 
  • Tembok yang rembes. Selain itu, kamu juga boleh untuk melakukan perbaikan atau renovasi pada tembok rumah. Adapun renovasi yang termasuk dalam aspek ini adalah tembok ruangan yang mengalami rembes sehingga menimbulkan jamur. 

Tips Melakukan Renovasi pada Rumah dengan Skema KPR

Source : Freepik

Apabila ingin melakukan renovasi pada hunian dengan skema KPR, terutama pada sistem cluster atau rumah subsidi, maka kamu harus memahami dengan baik tips merenovasi hunian KPR sehingga sesuai dengan aturan yang berlaku. Misalnya, penghuni rumah bersubsidi hanya bisa merenovasi apabila kredit hunian telah berjalan setidaknya 5 tahun. 

Namun, bagi rumah non subsidi dengan skema KPR, penghuni bisa melakukan renovasi dengan tempo yang biasanya lebih cepat. Meski begitu, baik hunian dengan subsidi maupun komersial yang pembeliannya melalui KPR sebenarnya mempunyai aturan yang tidak jauh berbeda. 

Para penghuni untuk kedua skema pembelian rumah ini tidak boleh mengubah fasad atau tampilan muka. Tak hanya itu, pemilik rumah juga tidak boleh melakukan pengubahan atau renovasi rumah besar-besaran. Sebab, IMB yang keluar ketika developer mendirikan rumah tersebut masih menjadi jaminan bersamaan dengan sertifikat tanah. 

Ini berarti, kamu hanya boleh melakukan renovasi kecil hingga sedang. Misalnya, area dapur, memperluas kamar mandi, membuat area cuci dan jemur, taman dan kolam belakang, atau kamar baru. Kamu juga tidak boleh melakukan pengubahan pada konsep hunian, misalnya menjadi toko, warung makan, atau bentuk properti komersial lainnya. 

Baca juga: Syarat Renovasi Rumah Subsidi, Berikut Penjelasannya!

Pembeda Renovasi Rumah KPR Subsidi dan Non Subsidi

Source : Freepik

Meski sekilas sama, ternyata ada perbedaan perihal renovasi untuk rumah dengan skema KPR subsidi maupun non subsidi yang sebaiknya kamu perhatikan, Pins. Perbedaan keduanya ada pada durasi atau tempo melakukan renovasi pada hunian. 

Jika kamu membeli rumah dengan skema KPR tapi tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah alias non subsidi, maka tidak ada batasan waktu kapan kamu bisa melakukan renovasi rumah. Berbeda dengan rumah subsidi yang memiliki durasi renovasi, yaitu setidaknya telah membayar angsuran 5 tahun atau 2 tahun. 

Itu tadi beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum melakukan renovasi rumah KPR subsidi maupun non subsidi, Pins. Pastikan kamu mempelajari setiap detailnya dan mengetahui apa saja aturan yang berlaku dari pihak pengembang. Semoga bermanfaat!

Featured Source Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami, Ruko Sunset Quay dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download