BlogPembeli Properti PemulaPanduan Beli PropertiCara Kredit Rumah Tanpa Riba yang Menguntungkan!
0
0

Cara Kredit Rumah Tanpa Riba yang Menguntungkan!

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Pandu Pamungkas

Jan 6, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
cara kredit rumah tanpa ribatop-right-banner

Cara kredit rumah tanpa riba merupakan pertanyaan yang paling banyak seputar KPR belakangan ini. Seperti yang kita ketahui, saat ini berbagai bank menawarkan program KPR untuk membantu siapa pun bisa membeli rumah. Namun sayangnya, program KPR merupakan salah satu bentuk riba. Di dalam ajaran agama Islam, sistem riba pada transaksi yang berkaitan dengan keuangan jelas dilarang. Simak artikel ini untuk mengetahuinya!

Kamu dapat memiliki rumah baru yang memberikan kenyamanan dan keindahan di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah second Kec Bandung. Kamu dapat membangun rumah dengan menyicil biayanya menggunakan Program KPR Bank. Lalu, Pinhome memiliki kelebihan pada PinValue untuk dapat mengetahui harga estimasi dari pembangunan sebuah rumah.

Baca juga: Tips Agar Tidak Terjerat Utang Kredit Rumah

Cara Kredit Rumah Tanpa Riba yang Menguntungkan

cara kredit rumah tanpa riba
Source : Shutterstock

Secara garis besar, riba yaitu suatu ketentuan nilai tambahan dengan melebihkan jumlah uang pinjaman ketika dilakukan penalti pelunasan kpr. Untuk besaran bunga yang diberikan biasanya mengacu pada suatu persentase tertentu yang dibebankan kepada peminjam.

Dengan begitu, banyak orang yang akhirnya mengurungi niat untuk mengambil rumah KPR agar tidak melanggar larangan Islam tersebut. Lantas, bagaimana cara beli rumah tanpa riba? Jangan khawatir, di sini kami akan memberikan beberapa cara kredit rumah tanpa riba.

Berikut ini beberapa cara kredit rumah tanpa riba yang bisa kamu lakukan:

1. KPR Syariah

cara kredit rumah tanpa riba
Source : Shutterstock

Salah satu hal yang paling umum dilakukan sebagai cara kredit rumah tanpa riba adalah dengan KPR Syariah. Ada beberapa jenis KPR syariah yang bisa kamu gunakan untuk membeli rumah tanpa riba. Misalnya akad murabahah atau akad jual beli. Ada juga akad ijarah muntahia bittamlik atau akad sewa beli.

Kredit rumah tanpa riba inilah yang menjadi perbedaan KPR Syariah dan Konvensional. Selain itu, kamu juga bisa gunakan KPR syariah dengan akad musyarakah mutanaqisah atau akad kepemilikan bertahap. Ada juga akad istishna atau pembiayaan rumah dengan tujuan inden.

2. Cash Bertahap

Source : Shutterstock

Selain KPR Syariah, kamu juga bisa memilih opsi pembayaran cash bertahap. Biasanya, setiap developer akan menawarkan metode pembayaran ini paling lama hingga 24 bulan atau 2 tahun. Jadi, kamu hanya perlu menyicil pembayaran selama dua tahun tanpa ada bunga.

Sebagai contoh, kamu akan membeli rumah seharga Rp200 juta dan memilih metode pembayaran cash bertahap selama 24 bulan. Maka angsuran per bulan yang harus kamu bayarkan adalah Rp8,3 juta selama dua tahun.

Jika jumlah cicilan dirasa terlalu besar, kamu bisa melakukan pembayaran uang muka yang lebih besar agar cicilan rumah lebih ringan. Inilah yang menjadi perbedaan antara KPR dan cash bertahap, periode pembayaran untuk cash bertahap biasanya lebih pendek dan tanpa bunga.

Baca juga: Investasi dalam Islam: Boleh atau Tidak?

3. Cash Keras

cara kredit rumah tanpa riba
Source : Shutterstock

Membeli rumah dengan uang tunai adalah impian setiap orang, namun mengingat harga rumah yang semakin mahal membuat banyak orang sulit untuk mewujudkannya. Jika kamu memiliki uang tunai, kamu bisa membeli rumah langsung ke developer yang bersangkutan.

Namun, jika kamu belum memiliki budget yang cukup untuk membeli rumah dengan cash keras. Mungkin kamu bisa menabung terlebih dahulu dengan investasi reksadana, saham, emas, dan sebagainya.

Waktu yang Tepat untuk Beli Rumah

Kamu perlu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk membeli rumah, hal ini bertujuan agar saat ingin membeli rumah kamu tidak mengambil keputusan yang salah. Berikut ini waktu yang tepat untuk beli rumah:

1. Memiliki Sumber Penghasilan yang Stabil

Source : iStock

Tentu saja kamu tahu bahwa membeli rumah membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Jika kamu berencana menggunakan pembayaran kredit, hal tersebut tetap membuat kamu memiliki tanggung jawab setiap bulannya. Oleh karena itu, kamu mesti memiliki penghasilan yang cukup dan stabil, agar pembayaran tetap berjalan.

2. Memanfaatkan Momentum Tepat

Source : iStock

Memanfaatkan momentum yang tepat saat membeli rumah berarti bertempatan pada saat harga properti turun. Contohnya pada saat pandemi lalu, harga properti mengalami penurunan yang signifikan.

Selain masa kritis tersebut, kamu dapat melakukan pembelian disaat pasar sedang jenuh. Pasar sedang jenuh ini seperti pada saat terlalu banyak developer yang mengembangkan rumah, sehingga mereka menjadi saling menyaingi

3. Membeli Saat Pameran atau Pembukaan

Source : iStock

Membeli rumah saat ada pameran atau pembukaan (launching) perumahan, kamu bisa mendapatkan harga spesial atau harga murah dari developer loh Pins! Tidak ada salahnya kamu mencoba untuk datang saat muncul acara-acara seperti itu.

Cara Kredit Rumah Tanpa Riba

Berikut ini terdapat beberapa cara kredit rumah tanpa riba yang bisa kamu terapkan:

1. Menyiapkan Dana Sedini Mungkin

Source : iStock

Cara kredit rumah tanpa riba yang pertama adalah menyiapkan dana sedini mungkin. Menabung sedari muda adalah langkah yang tepat untuk membeli rumah tanpa riba, karena kamu telah menyiapkan dananya terlebih dahulu. Kamu hanya akan melakukan pembayaran sekali saja.

2. Membeli dengan Cash Bertahap

Cara kredit rumah tanpa riba yang kedua adalah membeli dengan cash bertahap. Membeli rumah dengan cash bertahap adalah membeli dengan cara tunai yang tentunya akan membuat kamu dapat berfokus pada pengeluaran kebutuhan lainnya.

3. Ajukan Pembiayaan ke Developer Syariah

Source : iStock

Cara kredit rumah tanpa riba yang ketiga adalah mengajukan pembiayaan ke developer syariah. Kamu akan membeli unit di developer syariah, yang transaksi jual-belinya di tidak melibatkan Bank dan dapat disesuaikan dengan ketersediaan dana kamu Pins.

Keuntungan menggunakan developer syariah ini kamu tidak akan mendapat denda dan juga tidak ada suku bunga.

4. Ajukan KPR melalui Bank Syariah

Cara kredit rumah tanpa riba yang keempat mengajukan KPR melalui Bank syariah. Jika di daerah kamu belum memiliki developer/pengembang syariah, maka kamu dapat mengajukan KPR di Bank Syariah.

Biasanya batas tenor Bank Syariah memiliki masa waktu 15 tahun, namun memiliki denda jika membayar terlambat.

Baca juga: Apa Saja yang Termasuk Saham Layak Investasi Jangka Panjang?

Itulah beberapa cara kredit rumah tanpa riba yang bisa Pins lakukan. Kuncinya adalah kesabaran dan tawakal. Dengan begitu, niscaya Pins bisa mewujudkan rumah impian tanpa harus riba. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Feature Source Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dewe Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download