BlogPemilik PropertiDesain HunianMerenovasi Rumah Sendiri, Siapa Takut?
0
0

Merenovasi Rumah Sendiri, Siapa Takut?

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Agu 23, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
merenovasi rumah sendiritop-right-banner

Pinhome – Jika Pins berencana untuk renovasi rumah, ada dua pilihan yang bisa kamu pilih; dikerjakan sendiri, atau bisa dengan jasa kontraktor. Tentu saja, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Pins pilih yang mana?

Merenovasi Rumah Sendiri

Seringkali seseorang merasa puas saat bisa merenovasi rumah sendiri, tanpa melibatkan jasa arsitek ataupun pemborong. Hal ini didapatkan karena dapat memilih sendiri alat bangunan yang dipakai, bahan bangunan yang berkualitas, terlibat dalam pembuatan desain, dan dapat mengontrol langsung proses renovasi langsung.

Namun, tidak sedikit pula yang malah beranggapan bahwa merenovasi rumah sendiri tanpa melibatkan arsitek atau pun kontraktor jauh lebih ribet dan rumit saat pelaksanaan renovasi.

Waktu yang begitu berharga untuk bekerja ataupun aktivitas penting lainnya akan banyak terhambat karena harus mengurusi perihal renovasi rumah, apalagi jika belum mengerti bagaimana renovasi yang sebaiknya dilakukan,hasilnya pun jadi tidak memuaskan.

Menggunakan jasa kontraktor dalam merenovasi rumah dianggap hal yang paling praktis dan tidak ribet. Selain itu, pengetahuan arstitek dalam jasa kontraktor tersebut ternyata jauh lebih membantu kita dalam hal merenovasi bangunan rumah. Belum lagi alat bangunan  yang digunakan juga sangat membantu kita dalam mendapatkan rumah sesuai dengan yang diharapkan.

Memang, memanfaatkan jasa arsitek tidak akan membuat Pins pusing tujuh keliling. Pins tak usah pusing memikirkan bagaimana desain yang sesuai untuk renovasi rumah Pins. Selain itu pengadaan alat bangunan dan bahan bangunan dapat Pins serahkan sepenuhnya.

Sebagai owner rumah dan pemakai jasa arsitek dan kontraktor yang perlu Pins lakukan hanya dengan menyiapkan dana yang cukup. Pins pun dapat berkonsultasi dengan pemborong mengenai desain yang ingin Pins aplikasikan untuk rumah Pins.

Baca juga: 4 Persiapan Penting Sebelum Merenovasi Rumah

merenovasi rumah sendiri
Source : Pixabay

Baca Juga : Ilmu Renovasi Rumah

Namun, ada beberapa trik yang perlu Pins lakukan agar Pins tidak terjebak dalam menggunakan jasa kontraktor yang \\\\\\\\\\\\\\\”nakal\\\\\\\\\\\\\\\”. Soal harga yang digunakan, Pins perlu memastikan dengan detail bahwa harga yang dipakai sudah termasuk dalam jasa, dan alat bangunan serta bahan bangunan.

Jika Pins telah membuat perjanjian mencakup keduanya, maka jika kemungkinan terjadi kenaikan, maka itu adalah resiko dari kontraktor. Walaupun Pins, telah memiliki kesepakatan di awal dengan kontraktor, sebaiknya Pins tetap berhati-hati dalam melewati proses pengerjaan.

Bisa jadi kontraktor \\\\\\\\\\\\\\\”nakal\\\\\\\\\\\\\\\” akan merubah kualitas bahan bangunan dan alat bangunan yang digunakan. Dengan tujuan agar mereka mendapatkan keuntungan lebih. Oleh karena itu Pins perlu mencermati pemborong yang akan Pins gunakan jasanya.

Selektif Memilih Pemborong

Oleh karena itu Pins harus selektif dalam memilih pemborong. Sangat disarankan agar Pins memilih pemborong yang memiliki reputasi baik dan dikenal luas serta telah berbadan hukum.

Kemudian, coba pilih pemborong dengan harga yang wajar, namun Pins jangan menerima pemborong dengan harga paling murah karena ada kemungkinan salah hitung sehingga ketika pengerjaan berlangsung malah ditinggalkan.

Cari pula pemborong yang memiliki modal besar, pemborong yang minim modal hanya akan mengPinslkan modal dari proyek yang dikerjakan dan biasanya malah molor dalam pengerjaan.

Bagaimana? Apakah Pins tertarik merenovasi rumah sendiri atau justru lebih baik menggunakan jasa orang lain?

Baca Juga : Serba-serbi Renovasi Rumah Budget Murah


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download