BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Tips Merenovasi Rumah Sendiri Hemat Biaya
0
0

7 Tips Merenovasi Rumah Sendiri Hemat Biaya

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jul 17, 2024

3 menit membaca

Copied to clipboard
merenovasi rumah sendiritop-right-banner

Jika Pins berencana untuk merenovasi rumah, Pins dapat mengerjakannya sendiri atau dengan jasa kontraktor. Seringkali seseorang merasa puas saat bisa merenovasi rumah sendiri, tanpa melibatkan jasa arsitek ataupun pemborong. Hal ini didapatkan karena dapat memilih sendiri alat bangunan yang dipakai, bahan bangunan yang berkualitas, terlibat dalam pembuatan desain, dan dapat mengontrol langsung proses renovasi langsung. Simak artikel ini untuk mengetahui tips merenovasi rumah sendiri hemat biaya!

Baca juga: 7 Tips Renovasi Rumah Bagian Depan Agar Lebih Kekinian

Tips Merenovasi Rumah Sendiri Hemat Biaya

merenovasi rumah sendiri
Source : Pixabay

Merenovasi rumah dapat Pins lakukan dengan diri sendiri ataupun menggunakan jasa arsitek. Kedua hal tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun, tidak sedikit pula yang malah beranggapan bahwa merenovasi rumah sendiri tanpa melibatkan arsitek atau pun kontraktor jauh lebih sulit dan rumit saat pelaksanaan renovasi.

Menggunakan jasa kontraktor dalam merenovasi rumah dianggap hal yang paling praktis dan tidak ribet. Selain itu, pengetahuan arstitek dalam jasa kontraktor tersebut ternyata jauh lebih membantu kita dalam hal merenovasi bangunan rumah. Tetapi merenovasi rumah sendiri akan memberikan kelebihan dalam hal pengeluaran biaya yang dapat diminimalkan.

Pins dapat mengatur sendiri pemilihan material yang sesuai dengan biaya Pins dan pengeluaran untuk tenaga kerja juga dapat berkuran, karena banyak pekerjaan renovasi yang dilakukan sendiri. Berikut ini tips merenovasi rumah sendiri yang hemat biaya:

1. Memeriksa Kondisi Rumah

Source : Pixabay

Tips pertama dalam merenovasi rumah sendiri yang hemat biaya adalah memeriksa kondisi hunian Pins secara seksama agar dapat mengetahui bagian mana saja yang harus direnovasi. Pins harus melihat rumah bagian mana yang kondisinya telah parah dan harus segera direnovasi.

Jika ada bagian yang tidak terlalu membutuhkan untuk direnovasi seperti cat yang mengelupas, cat memudar, dan lainnya, maka Pins tidak perlu melakukan renovasi. Kondisi yang telah parah dapat seperti kebocoran pipa, atap keropos, bocor, dan dinding retak-retak.

Baca juga: Estimasi Biaya dan Tips dalam Renovasi Dapur!

2. Menetapkan Area Renovasi Paling Utama

Source : Pexels

Tips selanjutnya dalam merenovasi rumah sendiri yang hemat biaya adalah menetapkan area renovasi yang paling utama. Hal ini bertujuan agar pemilihan atau penetapan area yang menjadi bagian renovasi tidak bergeser ke mana-mana. Jadi tidak akan ada biaya renovasi yang berlebih, yang sebelumnya telah ditetapkan.

Tidak semua bagian rumah harus direnovasi dalam waktu yang bersamaan. Jika tujuannya untuk penghematan biaya, maka Pins dapat melakukannya di lain waktu.

3. Menentukan Desain Terlebih Dahulu

Source : Pexels

Tips ketiga dalam merenovasi rumah sendiri yang hemat biaya adalah menentukan desain terlebih dahulu. Dalam melakukan renovasi sendiri yang hemat biaya, pembuatan desain perlu dilakukan sebelum pelaksanaan renovasi. Hal ini bertujuan agar saat proses renovasi berlangsung Pins tidak bimbang dan melakukan perubahan renovasi.

Jika perubahan terjadi maka Pins akan mengeluarkan budget berlebih. Adanya pembuatan desain di awal, Pins dapat menentukan renovasi rumah yang hemat biaya dengan penggunaan bahan material yang dapat disesuaikan jumlah budget milik Pins.

Baca juga: 10 Aturan Renovasi Rumah Subsidi Sesuai Ketetapan Pemerintah

4. Mengecek Harga Material dan Jasa Tukang

merenovasi rumah sendiri
Source : iStock

Tips berikutnya dalam merenovasi rumah sendiri yang hemat biaya adalah melakukan pengecekan harga material dan jasa tukang. Pengecekan ini menjadi penting karena akan membantu Pins dalam mempertimbangkan penggunaan material dan jasa tukang hyang sesuai dengan keterbatasan dana milik Pins.

Pengecekan harga material bertujuan agar Pins dapat menemukan bahan material yang berkualitas dan terjangkau. Selain bahan material, jasa tukang perlu juga diketahui riwayat pekerjaannya. Akan sangat merugikan jika jasa tukang yang sedang mengerjakan renovasi hunian kita, tiba-tiba berhenti di tengah jalan.

Oleh karena itu, Pins dapat menggali reputasi jasa tukang yang dapat dipercaya.

5. Mempersiapkan Total Dana Renovasi

merenovasi rumah sendiri
Source : Pixabay

Tips kelima dalam merenovasi rumah sendiri yang hemat biaya adalah mempersiapkan total dana renovasi. Persiapan total dana renovasi yang akan dikeluarkan ini akan menjadi acuan renovasi rumah yang hemat biaya sebelum dimulai proses pembangunannya. Setelah melakukan pengecekan bahan material dan jasa tukang, tentunya Pins sudah memiliki gambaran tentang total dananya.

Catatlah total dana renovasi tersebut dan disesuaikan dengan budget yang telah disiapkan.

Baca juga: Cara Agar Rumah Terlihat Terang Tanpa Renovasi

6. Barang Second Hand Menjadi Alternatif

merenovasi rumah sendiri
Source : Pixabay

Tips keenam dalam merenovasi rumah sendiri yang hemat biaya adalah pemilihan furniture second hand dapat menjadi alternatif dari renovasi yang hemat biaya. Pins dapat mencari barang yang berkualitas, namun tetap dalam harga yang terjangkau. Cek terlebih dahulu kondisinya agar memastikan barang tersebut sepadan untuk dibeli.

Jangan hanya bergantung pada merk yang bagus saja, kita harus selektif untuk menemukan barang second hand yang berkualitas baik.

7. Temukan Harga Terbaik Material dan Jasa Tukang

merenovasi rumah sendiri
Source : Pixabay

Tips terakhir dalam merenovasi rumah sendiri yang hemat biaya adalah temukan harga terbaik material dan jasa tukang. Biasanya terdapat toko bangunan yang akan memberi penawaran terbaik di momen spesial, seperti contohnya pada awal tahun. Di momen-momen ini toko bangunan akan memberikan harga spesial atau harga miring.

Kemudian, Pins perlu juga mempertimbangkan harga jasa tukang. Disarankan untuk menggunakan sistem jasa pemborong, karena sistem ini akan memberikan penawaran yang murah dan tidak kalah bagusnya dibandingkan kontraktor.

Jika Pins telah menggunakan sistem jasa pemborong, sebaiknya Pins juga menggunakan sistem upah harian. Sistem upah harian akan memberikan harga yang lebih murah, karena pembayarannya akan dibayarkan sesuai jumlah waktu jasa tukang bekerja.

Itulah 7 tips mengenai merenovasi rumah sendiri yang akan menghemat biaya. Apakah Pins tertarik renovasi rumah sendiri atau justru lebih baik menggunakan jasa orang lain? Semoga artikel ini dapat bermanfaat!

Baca juga:

Source Feature Image: ETODoors


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di blog Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – Pintar Urusan Properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download