Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • Bagaimana Cara Bermain Berburu Hewan? Ini Dia Caranya!

Bagaimana Cara Bermain Berburu Hewan? Ini Dia Caranya!

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 16 April 2021 ∙ 4 menit membaca

Permainan tradisional merupakan permainan-permainan dari berbagai daerah yang biasanya dimainkan oleh anak-anak. Benda-benda yang dibutuhkan pun biasanya mudah ditemukan. Meski sudah jarang dimainkan, permainan-permainan tradisional tidak kehilangan sensasi serunya ketika Anda memainkannya lho! Salah satu permainan tradisional yang wajib Anda coba adalah berburu hewan. Bagaimana cara bermain berburu hewan? Mungkin itu yang muncul di kepala Pins ya, namun permainan ini cukup mudah untuk diikuti lho!

Pinhome – Permainan yang satu ini dimainkan dengan cara menirukan orang yang sedang berburu binatang dengan melemparkan benda untuk menangkap binatang. Biasanya permainan berburu hewan ini dimainkan oleh 5-10 orang. Jika Anda memiliki banyak teman yang membutuhkan permainan tradisional dengan jumlah pemain yang banyak, permainan ini sangat cocok untuk Anda.  Lalu bagaimana cara bermain berburu hewan yang asik ya?

Baca Juga: Yuk, Coba Game Yang Menghasilkan Uang Tanpa Modal Ini!

bagaimana cara bermain berburu hewan
(pjokkita.blogspot.com)

Nah bagi Pins yang penasaran bagaimana cara bermain berburu hewan, simak langkah-langkah bagaimana cara bermain berburu hewan pada ulasan di bawah ini.

Persiapan Bermain Berburu Hewan

Permainan tradisional berburu hewan adalah permainan tradisional yang sangat menarik untuk dimainkan bersama teman-teman. Mungkin banyak sekali anak-anak zaman sekarang yang tidak memainkan permainan tradisional yang satu ini. Padahal permainan ini sangat seru dan sederhana. Pins tidak membutuhkan peralatan mahal atau tempat mewah untuk memainkannya. Peralatan dalam permainan ini sangat mudah ditemukan, jadi tidak akan membuat Pins kesulitan. Berikut ini langkah-langkah bagaimana cara bermain berburu hewan yang perlu Pins ketahui.

Jumlah Pemain

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan saat bermain berburu hewan adalah dengan menentukan jumlah dan siapa saja pemain permainan ini. Biasanya permainan berburu hewan dapat dimainkan oleh 5-10 orang. Jadi sangat cocok bagi Pins yang membutuhkan permainan dengan jumlah pemain yang banyak. Jumla pemainnya sendiri tidak terbatas, Anda bisa menjadikan 2-3 orang yang menjadi pemburu dan sisa orang lainnya menjadi penghuni hutan yang diburu. Jadi Pins tidak perlu pusing-pusing mengatur atau menyesuaikan pemain karena jumlahnya yang tidak terbatas.

Peralatan

bagaimana cara bermain berburu hewan
(Medan Aktual)

Tidak seperti kebanyakan permainan modern yang membutuhkan alat canggih dan mahal, pada permainan berburu hewan ini hanya membutuhkan alat sebuah bola kecil seperti bola tenis. Selain itu Pins juga perlu mencari lapangan atau tanah lapang yang agak luas agar dapat bermain dengan leluasa. Anda dapat menggunakan lapangan bola atau tanah kosong untuk bermain permainan berburu hewan ini.

Pada permainan ini, Pins perlu membuat bentuk bujur sangkar berukuran 5 x 5 m dengan sisi lain juga dibuat sepanjang 5 m. Bujur sangkar ini dibentuk di tengah lapangan dengan menggunakan kapur yang ditaburkan. Jika tidak ada kapur, Pins dapat menggunakan bedak bayi tabur sebagai penggantinya. Selain itu, jika Pins bermain di lapangan yang terdapat banyak batu kerikil, ada baiknya untuk menaruhnya ke pinggir lapangan agar tidak membahayakan para pemain.

Peraturan Permainan

Langkah selanjutnya yang perlu Pins lakukan adalah mempelajari peraturan permainan agar memahami benar bagaimana cara bermain berburu hewan. Karena jika seluruh pemain memahami aturan main, tentu permainan dapat berjalan lancar dan seru. 

Menentukan pemburu dan penghuni hutan dengan hompimpa

bagaimana cara bermain berburu hewan
(Wikipedia)

Sebelum permainan dimulai biasanya seluruh pemain akan melakukan hompimpa  untuk membagi siapa saja pemain yang menjadi pemburu dan penghuni hutan. Dalam permainan ini memerlukan beberapa pemain yang berperan sebagai penghuni hutan masuk ke dalam bujur sangkar. Saat pemain yang berperan sebagai penghuni hutan telah masuk ke dalam bujur sangkar dan permainan siap dimulai. 

Pemburu mengejar buruan

bagaimana cara bermain berburu hewan
(YouTube)

Pemain yang berperan sebagai pemburu akan berusaha mendapatkan buruan (penghuni hutan) dengan cara melemparkan bola ke arah penghuni hutan. Sedangkan para penghuni hutan harus berlarian di dalam area hutan menghindari lemparan bola dari pemburu. Penghuni hutan yang terkena lemparan bola pemburu harus berhenti dan dibawa keluar dari hutan. Pada permainan ini penghuni hutan harus berhati-hati dan menghindar dari lemparan bola pemburu. 

Melempar bola

bagaimana cara bermain berburu hewan
(Oriflame id)

Selain melempar bola kepada penghuni hutan, pemburu juga dapat melemparkan bola kepada pemburu lain yang mendekati penghuni hutan. Permainan akan berakhir bila banyak penghuni hutan yang tertembak lemparan bola atau pemain yang paling terakhir berada di dalam lapangan permainan. Jika yang pemain yang paling terakhir ada di lapangan adalah penghuni hutan, maka tim penghuni hutanlah yang menjadi pemenang dari permainan ini, begitu juga sebaliknya.

Itulah informasi tentang bagaimana cara bermain berburu hewan yang wajib Anda ketahui. Jika Anda ingin bermain permainan tradisional yang satu ini, pastikan bahwa terdapat lapangan di sekitar rumah Anda. Selain itu siapkan bola tenis sebagai peluru untuk menembak buruan (penghuni hutan) dan kapur atau bedak tabur untuk membentuk bujur sangkar sebagai bagian dari permainan ini. Semoga bermanfaat!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen

Editor: Rizko Fatra

Tags :

Bagikan Artikel