Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • 7 Tips Bagaimana Cara Merawat Hewan Peliharaan Khususnya Kucing dan Anjing

Lifestyle

7 Tips Bagaimana Cara Merawat Hewan Peliharaan Khususnya Kucing dan Anjing

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 23 April 2021 ∙ 6 menit membaca

Bagi sebagian orang, merawat hewan peliharaan di rumah merupakan hal yang menyenangkan, khususnya bagi anda yang tinggal sendirian di dalam rumah. Hewan peliharaan bisa menjadi teman kecil yang membuat harimu penuh warna. Tapi, untuk merawat hewan diperlukan waktu dan biaya yang tidak bisa dibilang sedikit juga lho Pins! Bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang baik dapat Pins simak dalam artikel di bawah ini.

Pinhome – Makhluk hidup yang satu ini memang selalu berada di sekeliling manusia. Tidak hanya keberadaannya yang memang ada di tempat tertentu, hewan juga dapat dipelihara di rumah oleh manusia. Umumnya hewan yang dapat dijadikan hewan peliharaan adalah anjing dan kucing. Dua hewan ini sangat bersahabat dengan manusia bila dilatih dengan cara yang benar. Bagaimana cara merawat hewan peliharaan juga menjadi salah satu faktor penting bila Pins ingin mengadopsi kucing maupun anjing di rumah.

Selain makan, minum, mandi layaknya manusia, hewan pun juga membutuhkan tempat tinggal dan juga pemeliharaan yang terbilang tidak sedikit. Jadi, ada baiknya bila anda ingin memelihara hewan, siapkan budget khusus untuk merawatnya. Budget yang terbilang tidak sedikit ini diperlukan untuk merawat hewan agar tetap sehat dan tidak berbau. Jadi, bagaimana cara merawat peliharaan yang baik? Beberapa tips di bawah ini semoga dapat membantu Pins dalam merawat hewan kesayangan Pins ya!

Tentukan Hewan Peliharaan yang Sesuai Dengan Budget dan kebutuhan

(freepik.com)

Bagaimana cara merawat peliharaan yang baik terletak pada pemilihan hewan peliharaan yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup. Bila Pins menyukai hewan lucu yang senang bermalas-malasan dan menggemaskan tingkahnya, anda bisa memilih kucing sebagai alternatif. Tetapi bila Pins ingin sekaligus hewan tersebut menjaga Pins dari kejahatan, anda dapat memilih anjing sebagai hewan peliharaan. 

Penentuan jenis hewan peliharaan juga dapat berdampak pada biaya yang kiranya harus dikeluarkan untuk merawatnya. Untuk anjing sendiri, harganya relatif sesuai jenis dan ukuran, mulai dari 1 juta hingga 12 juta. Kucing dengan harga 5 juta sampai 10 juta. Ini adalah estimasi pembelian dari hewan itu sendiri, belum termasuk perawatannya.

Belajar Lebih Banyak Mengenai Hewan Peliharaan Anda

(freepik.com)

Memiliki hewan peliharaan, juga merupakan salah satu bagian dari sebuah pembelajaran baru. Anda juga harus memperbanyak pengetahuan mengenai hewan peliharaan yang telah anda pilih. Tidak hanya dalam segi makanan, bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang baik bisa terlihat dari jenis hewan tersebut. 

Tidak semua hewan dapat diperlakukan sama Pins. Lain kucing lain pula anjing, makanan nya saja sudah berbeda apalagi tingkahnya. Tapi semua dapat Pins pelajari dari buku maupun informasi dari pengalaman teman sendiri. Selain itu, bergabung dalam ragam komunitas hewan juga dapat memperbanyak pengetahuan sekaligus teman baru dengan hobi yang sama.

Sediakan Tempat Khusus Untuk Hewan Beristirahat

(freepik.com)

Saat anda memutuskan untuk mempunyai hewan peliharaan di rumah, berarti anda sudah mempunyai tempat dimana nantinya hewan tersebut akan menghabiskan banyak waktunya. Seperti istirahat, makan, bahkan untuk buang air. Bila anda mempunyai lahan yang luas di pekarangan, salah satu bagian dapat Pins jadikan tempat hewan berlindung.

Bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang baik dapat Pins sesuaikan dengan jenis tempat untuk mereka berteduh. Untuk hewan anjing, ada baiknya Pins sediakan rumah khusus anjing yang dijual di pasaran yang dapat Pins tempatkan baik di dalam ruangan maupun luar ruangan. Sedangkan untuk hewan kucing, tempat tinggal yang nyaman sangat diperlukan. Salah satunya yaitu menyediakan alas yang nyaman untuk kucing tertidur. Dengan tidur di alas yang kasar maupun lantai rumah, bulu kucing akan cepat rontok.

Sediakan Peralatan Khusus Penunjang Sesuai Jenis Hewan

(freepik.com)

Selanjutnya siapkan peralatan penunjang sebagai salah satu kebutuhan hewan peliharaan yang Pins adopsi. Bagaimana cara merawat hewan peliharaan yang baik bisa dilakukan dengan cara menyiapkan hal yang dibutuhkan oleh hewan tersebut. Perlengkapan umum yang bisa Pins beli untuk merawat anjing maupun kucing adalah mangkuk khusus makanan hewan, sisir, sikat pembersih, aksesoris gelang leher, maupun beberapa permainan penunjang kecerdasan hewan.

Kecerdasan hewan bisa diasah dengan baik bila Pins tahu peralatan apa saja yang dapat mendukung kecerdasannya. Seperti bola untuk anjing dan tongkat bulu untuk kucing. Ini akan menjadikan hewan tersebut pintar seperti dalam film anjing Hachiko: a dog story yang diperankan oleh aktor terkenal Richard Gere.

Berikan Makanan Dengan Gizi yang Cukup Secara Teratur

bagaimana cara merawat hewan peliharaan
(freepik.com)

Tidak hanya manusia yang memerlukan makanan bergizi dan bernutrisi tinggi. Anjing dan kucing pun memerlukannya untuk menunjang kesehatan. Makanan instan yang dijual di beberapa toko hewan dapat Pins jadikan pilihan menu makan sehari-hari. Makanan tersebut sudah diproses untuk layak dikonsumsi hewan sesuai dengan jenis dan takaran. 

Berilah makanan secara teratur kepada anjing maupun kucing. Usahakan tepat waktu setiap harinya. Layaknya manusia, Anjing dan kucing juga memiliki emosi dan rasa lapar lho Pins! Mereka juga bisa kesal maupun marah bila sedang lapar, ini akan berakibat buruk bagi manusia disekitarnya. Carilah strategi yang tepat bagaimana cara merawat peliharaan dengan baik agar tidak merugikan diri kita sendiri. Untuk anjing usahakan tidak diberi makanan telur, coklat yang dapat membuat bulu anjing rontok.

Bersihkan dan Rawatlah Dengan Baik Hewan Peliharaan Anda

bagaimana cara merawat hewan peliharaan
(freepik.com)

Membersihkan hewan peliharaan juga merupakan bagian terpenting dalam proses bagaimana cara merawat peliharaan dengan baik. Anjing maupun kucing mempunyai bulu yang dapat menimbulkan bau tidak sedap bila tidak dirawat dengan baik. Untuk anjing, usahakan untuk memandikannya sendiri maupun ke salon dengan menggunakan shampo khusus beserta air hangat. Setelahnya keringkan dengan menggunakan hair dryer sampai bulu anjing benar-benar kering. 

Bila Pins memilih kucing sebagai hewan peliharaan, usahakan untuk menyisir bulu kucing secara teratur. Dengan sisir khusus kucing, anda akan menghilangkan kutu, jamur yang menempel pada badan kucing. Selanjutnya, jangan lupa untuk rajin menyikat gigi kucing, selama 30 detik sehari. Hal tersebut untuk menghindari penyebaran penyakit lewat kucing yang biasanya terjadi lewat mulut dari kucing.

Jadwalkan Kunjungan Berkala ke Dokter

bagaimana cara merawat hewan peliharaan
(freepi.com) 

Terakhir adalah selalu jadwalkan konsultasi dengan dokter hewan. Hal tersebut untuk mengetahui bagaimana cara merawat peliharaan yang baik sekaligus mengetahui timbulnya penyakit sejak dini. Di dalam beberapa kasus, hewan mati juga dikarenakan minimnya pengetahuan sang majikan akan penyakit-penyakit yang diderita oleh hewan. Kurangnya konsultasi secara berkala dengan dokter, membuat penyakit bawaan hewan tidak terdeteksi. 

Hal yang perlu anda ketahui bahwa untuk beberapa jenis anjing maupun kucing memang perlu perawatan khusus dengan ahlinya dan hal tersebut jarang diketahui oleh masyarakat awam. Beberapa jenis penyakit yang bisa menyerang kucing adalah virus, diabetes, kanker, cacing hati, dan infeksi saluran pernafasan atas. Sedangkan penyakit yang banyak ditemui pada anjing adalah infeksi jamur, flu, kutu dan alergi. Penyakit-penyakit tersebut bisa terdeteksi dengan cepat bila anda rajin membawanya cek rutin ke dokter hewan. 

Itulah beberapa tips bagaimana cara merawat hewan peliharaan khususnya kucing dan anjing. Semoga dapat membantu anda yang sedang ingin mempertimbangan memelihara kedua hewan tersebut ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel