Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Persiapan Penting Sebelum Memelihara Hewan di Rumah

Lifestyle

Persiapan Penting Sebelum Memelihara Hewan di Rumah

Ditulis oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Memelihara hewan bisa jadi sarana rekreasi yang menyenangkan. Beberapa bahkan menekuni ini sebagai hobi yang menghasilkan. Tak hanya itu, bila memiliki anak, kita juga bisa mengajarkan pada anak-anak untuk mencintai kehidupan, serta bertanggung jawab dengan melakukan perawatan pada hewan peliharaan yang ada dirumah.

memelihara hewan di rumah
memelihara hewan di rumah

Tapi, dibalik sisi positifnya memelihara hewan juga perlu pemikiran lebih. Terlebih untuk beberapa hewan seperti misalnya hewan melata atau reptil yang jelas-jelas butuh perhatian khusus. Untuk itu, kali ini kita akan mengulas lebih jauh apa saja yang mesti dilakukan sebagai bagian dari persiapan sebelum memelihara hewan di rumah.

Kenali Jenis Hewan Yang Akan Dipelihara, Siapkan Tempat Khusus

Beberapa hewan punya karakternya sendiri-sendiri. Hewan Anjing misalnya yang membutuhkan space untuk berkegiatan di luar ruangan, meski sekedar berjalan atau berlari kecil. Juga hewan yang lainnya seperti misal kucing, kotoran kucing bisa jadi sumber penyakit bagi penghuni rumah bila tak terawat dengan benar. Oleh karenanya ada hal yang harus dipersiapkan jauh sebelum hewan-hewan tersebut didatangkan ke rumah.

1. Pastikan Jenis Hewan Yang Akan Dipelihara, Pastikan Tempat Pemeliharaan Sesuai Agar Hewan Sehat

Beberapa hewan seperti misalnya burung atau ikan jelas membutuhkan wadah tersendiri. Sangkar burung perlu dibersihkan berkala, serta kolam atau akuarium untuk memelihara ikan harus diperhatikan agar hewan tetap sehat. Ini penting, sebab hewan yang sakit tak hanya akan menyebabkan nuansa yang buruk tapi bisa juga membawa penyakit menular bagi pemiliknya.

2. Untuk Hewan Tertentu, Sebaiknya Lokasi Kandang Terpisah Dari Area Rumah Tinggal

Beberapa hewan seperti anjing serta kucing sebaiknya dibuatkan tempat khusus yang terlindung dari kondisi cuaca seperti hujan atau panas. Ada baiknya bila masih ada sisa lahan, tempatkan sangar di area yang sedikit terpisah dengan ruangan rumah. Ini agar hewan tidak terlalu sering berada di dalam rumah serta menjadikan kondisi didalam rumah berantakan.

3. Pastikan Ada Waktu Untuk Melakukan Perawatan Berkala

Sama seperti manusia hewan juga membutuhkan perawatan berkala. Ini agar hewan sehat dan bahagia, sehingga memberikan nuansa yang sedap dipandang. Burung berkicau misalnya, perlu dimandikan berkala juga dilakukan penjemuran dengan digantang selama beberapa waktu dibawah matahari pagi. Sementara kucing dan anjing perlu dilatih agar perilakunya menyenangkan, setidaknya haruslah diajarkan agar buang kotoran dengan benar di tempat yang telah disediakan.

Dengan mempersiapkan hal-hal yang berkaitan dengan hewan peliharaan. Niscaya pada saat hewan peliharaan sudah datang dirumah maka kita tidak terlalu mendapat kesulitan. Tak hanya itu, hobi memelihara hewan ini juga bisa menjadatangkan sisi keuntungan yang lebih bagi siapa saja yang melaukan persiapan dan perawatan hewan dengan benar.

Tags :

Bagikan Artikel