Pinhome

13 Model Lampu Gantung Ruang Tamu

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 21 May 2021 ∙ 6 menit membaca

Lampu gantung ruang tamu menjadi ornamen penting. Selain berfungsi sebagai sumber penerangan ketika ada tamu, lampu gantung juga menjadi hiasan yang menarik untuk dipandang. 

Pinhome – Di dalam memasang lampu gantung ruang tamu, Anda perlu memperhatikan banyak hal di antaranya ukuran, lokasi, dan juga desain lampu gantung. Alasan mengapa Anda harus memperhatikan ketiga hal tersebut adalah agar hasil pemasangan lampu bisa sesuai ekspektasi Anda. 

Baca juga: Ragam Jenis Lampu Taman Untuk Dekorasi Rumah Anda

Pastikan ukuran lampu gantung tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Sesuaikan dengan ukuran ruang tamu. Lokasi penempatan usahakan di tengah langit-langit agar cahaya lampu dapat tersebar dengan sempurna ke penjuru sudut ruangan. Pilihlah desain lampu gantung yang sesuai dengan desain rumah dan selera Anda agar tidak menyesal saat sudah dipasang.

Tips Membeli Lampu Gantung untuk Ruang Tamu

Berencana untuk membeli lampu gantung dalam waktu dekat? Perhatikan tips berikut ini!

Cari tahu spesifikasi produk dan harga

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah spesifikasi dan harga produk. Beberapa lampu gantung dapat memuat 4-7 lampu. Pastikan Anda telah menentukan jumlah lampu yang ingin dipasang ke gantungan lampu. Riset juga harga dari lampu gantung. Sesuaikan dengan kocek yang Anda punya. Ingat, membeli perabotan rumah harus tetap mempertimbangkan pengeluaran ya.

Baca Juga: Jenis-Jenis Lampu Taman Untuk Dekorasi Halaman Rumah

Belilah dari toko elektronik terpercaya

Jangan tergiur untuk membeli lampu gantung dari platform yang kurang terpercaya. Carilah toko lampu gantung yang memang sudah menjadi rekomendasi orang banyak. Apabila Anda enggan untuk pergi ke toko/outlet offline, cek di e-commerce. Upayakan Anda juga memilih toko online elektronik yang sudah terverifikasi di e-commerce favorit Anda.

Utamakan fungsi di atas estetika

Setiap membeli perabotan rumah, upayakan mengutamakan fungsi di atas segalanya. Setelah fungsi dari lampu tersebut sudah bisa Anda temukan, barulah pertimbangkan dari segi estetika seperti desain lampu gantung, warna, dan lain-lain.

Cek sistem kelistrikan di rumah

Seperti yang kita tahu bahwa konsep lampu gantung biasanya terdiri lebih dari 1 lampu dalam satu wadah. Hal ini akan membutuhkan asupan listrik yang kuat. Nah, untuk menghindari terjadinya arus pendek maka pastikan dulu sistem kelistrikan Anda aman.

Model lampu gantung yang pas untuk ruang tamu Anda!

Nah untuk memberikan referensi model lampu gantung ruang tamu, berikut ini telah kami sediakan beberapa contoh model lampu. Yuk disimak bersama-sama!

Lampu Gantung Polos Tanpa Pelindung

13 Model Lampu Gantung Ruang Tamu
(Pexels)

Lampu gantung pertama yang bisa menjadi model lampu untuk ruang tamu Anda adalah model sederhana seperti ini. Lampu gantung polos dengan bohlam bulat dan kabel yang menjuntai panjang bisa jadi rekomendasi lampu estetik yang kekinian. Gaya lampu seperti ini sering dipakai di restoran dan kafe sehingga membuat ruangan lebih indah dan nyaman. Anda bisa mengganti bohlam dengan warna putih agar cahaya lebih terang.

Lampu Gantung Kabel Hitam

13 Model Lampu Gantung Ruang Tamu
(Pexels)

Ingin mencoba hal lain dengan lampu bohlam? Gunakan lampu gantung dengan kabel yang bercabang seperti di atas. Ini bisa jadi rekomendasi yang pas untuk ruang tamu Anda yang manis. Penerangan menggunakan lampu di atas bisa didukung dengan lampu-lampu lain di langit-langit, atau jika Anda ingin hemat langsung ganti saja bohlam kuning dengan warna putih agar lebih terang.

Lampu Gantung dengan Kurungan

13 Model Lampu Gantung Ruang Tamu
(Pexels)

Tidak ingin terlalu banyak menggunakan lampu di ruang tamu? Ide ini bisa Anda jadikan alternatif, lho! Belilah kurungan lampu dan pasang mengelilingi lampu ruang tamu. Bentuk kurungan seperti di atas membuat kesan minimalis dan elegan di saat yang bersamaan. Pastikan saat pemasangan lampu dalam keadaan mati ya Pins agar tidak terkena panas atau setrum.

Lampu Gantung Bercabang dengan Kurungan 

13 Model Lampu Gantung Ruang Tamu
(Pexels)

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih heboh, maka lampu dengan kurungan seperti ini bisa menjadi pilihan tepat. Di dalam satu kurungan terdiri dari banyak lampu yang menerangi ruang tamu. Apabila Anda berniat memilih lampu ini, pastikan desain interior ruang tamu senada ya Pins. Lampu seperti ini lebih cocok untuk gaya rumah minimalis atau semi industrial.

Lampu Gantung Lurus dengan Kurungan

(majalah properti)

Di rekomendasi model lampu ruang tamu berikutnya adalah kurungan yang bentuknya seperti gelas terbalik. Beberapa dari Anda mungkin akan menemukan lampu seperti ini di kafe atau coffee shop, namun tidak ada salahnya untuk mendekorasi ruang tamu dengan lampu seperti ini, lho Pins!.

Lampu dengan Kurungan Besi

(majalah properti)

Kurungan besi pada lampu di atas membuat ruangan minimalis semakin elegan. Lampu dengan kurungan seperti ini cocok ditempatkan pada ruang tamu yang mempunyai tinggi. Anda bisa menentukan warna kurungan sesuai selera Anda – bisa putih, hitam atau bahkan warna emas. 

Lampu Kristal Putih

(majalah properti)

Lebih suka dengan gaya eksklusif yang mewah? Maka buatlah keinginan Anda tersebut menjadi nyata dengan ornamen lampu kristal putih. Lampu kristal putih mampu membuat sebuah ruangan terasa mahal dan elegan. Anda bisa menjadikan lampu kristal putih ini sebagai hiasan yang cantik untuk ruang tamu.

Lampu Kristal Hitam

(airsurliving)

Apakah Anda penggemar warna hitam? Maka lampu kristal hitam ini adalah pilihan tepat untuk Anda. Kilauan yang berasal dari ornamen setiap kristal tersebut semakin menambah kesan cantik dan mewah. Cahaya lampu berwarna krem semakin memberikan kesan mewah sehingga ruang tamu Anda akan terlihat lebih keren!

Lampu Gantung Minimalis

(majalah properti)

Anda lebih menyukai hal yang minimalis dan futuristik? Maka lampu seperti di atas bisa Anda gunakan. Gantungan dengan model minimalis yang terbuat dari besi tersebut bisa menjadi ornamen yang kokoh dan awet. Anda bisa menempatkan gantungan ini di ruang tamu atau ruang menonton bersama keluarga.

Lampu Gantung Ranting

(Aliexpress)

Jika Anda menyukai tanaman, maka lampu dengan gantungan seperti di atas cocok nih untuk Pins! Pasalnya gantungan tersebut menyerupai sulur tanaman yang saling berhubungan. Namun, Pins juga perlu memahami bahwa pemasangan lampu pada gantungan seperti ini tentu membutuhkan usaha lebih, mengingat posisi lampu saling berbelok satu sama lain.

Lampu Gantung Tradisional Jawa-Betawi

(Aliexpress)

Tahu sinetron Si Doel? Nah sinetron yang booming di tahun 90-an ini sempat berjaya di eranya. Baru-baru ini Si Doel diadaptasi ke dalam film dengan alur cerita yang lebih modern. Jika Anda perhatikan dengan saksama, di film Si Doel Anda akan menemukan rumah adat Betawi yang menggunakan lampu klasik di atas. Biasanya lampu gantung ini akan diletakkan di bagian teras yang sekaligus sebagai area penerimaan tamu.

Lampu Gantung Rotan

(Aliexpress)

Ingin mencoba sesuatu yang estetik? Mungkin lampu dengan kurungan rotan seperti di atas bisa menjadi pilihan tepat. Berbagai jenis kurungan lampu berbahan rotan bisa Anda dapatkan di toko elektronik offline atau online. Pastikan kualitas rotan yang digunakan bagus dan awet. Hati-hati bahan rotan murah yang tidak berkualitas baik, karena bisa saja bahan rotan murah akan mudah menghitam karena panas dari lampu dan yang paling parah dapat terbakar dengan mudah.

Lampu Gantung Industrialis

(Aliexpress)

Anda ingin memperkuat desain dan kesan industrialis pada ruang tamu? Maka lampu gantung seperti ini cocok Anda aplikasikan. Ada banyak variasi lampu dengan tali tambang seperti di atas. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan desain interior ruangan serta selera Anda.

Nah itu saja Pins 13 model lampu gantung ruang tamu yang bisa Anda pilih dan aplikasikan di rumah. Jadi, masih bingung atau malah tambah bingung mau yang mana? Yuk pertimbangkan dengan cerdas sebelum membeli!

Temukan beragam pilihan rumah dan apartemen terlengkap seperti Apartemen South Quarter Residence di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Finansial
Finansial Memahami Pengertian Pajak dan Jenis-jenisnya

Demi berjalannya sebuah negara, seluruh warga negara sebisa mungkin harus ikut berkontribusi. Salah

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis dengan Konsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah karena nantinya rumah seharusnya men

Artikel Terkini

Properti
Properti Yuk Intip Kisaran Biaya Tambah Daya Listrik

Apakah Pins sering mengalami listrik mati dan anjlok saat sedang dipakai? Ini merupakan salah satu

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 16 Merk Kasur Springbed Terbaik Nyaman untuk Tidur

Tidur merupakan kegiatan penting yang harus dicukupi oleh setiap individu setiap harinya. Dengan ti

Infografis
Infografis 10 Daerah Paling Nyaman untuk Dijadikan Tempat Tinggal

Pinhome – Memilih tempat tinggal memang jadi salah satu keputusan terberat dalam hidup. Kota temp

Lifestyle
Lifestyle 10+ Tampilan Rumah Prilly Latuconsina, Mewahnya Bikin Geleng Kepala

Prilly Latuconsina tinggal di sebuah rumah mewah di bilangan Tangerang, Banten. Rumah Prilly Latuco

Finansial
Finansial KPR Konvensional dan KPR Syariah, Mana yang Lebih Murah?

Jika memutuskan membeli rumah berarti harus siap dengan komitmen pembiayaannya. Apalagi jika Pins m

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia