Kamus Istilah Properti

Atap Datar

istilah properti

Atap Datar

Atap datar adalah jenis atap yang seluruhnya atau sebagian besar hampir rata.

Apa Itu Atap Datar?

atap datar
(A to Z Roofing)

Mengaplikasikan atap datar atau flat roof pada sebuah bangunan, dapat menghadirkan nuansa yang mewah dan modern. Atap datar adalah jenis atap yang seluruhnya atau sebagian besar hampir rata.

Walaupun disebut datar, tetapi sebenarnya terdapat sedikit kemiringan yang berguna untuk menyalurkan air hujan dapat mengalir ke sisi yang lebih rendah. Umumnya, atap model ini dirancang dengan memiliki kemiringan hingga 10 derajat.

Biasanya, atap flat memakai beton bertulang yang telah dihitung sesuai dengan bentangan dan tebal platnya. Saat ini, proses pembuatan flat roof semakin mudah dengan menggunakan teknologi beton. 

Pins akan banyak menemukan flat roof  di berbagai negara yang beriklim hangat. Jenis atap ini juga cocok di daerah beriklim subtropis dengan curah hujan yang rendah.

Kelebihan Atap Datar

(Pinterest)

Atap datar adalah alternatif yang menarik secara estetika dan hemat energi untuk atap miring tradisional. Berikut ini beberapa kelebihan flat roof yang dapat Pins jadikan pertimbangan sebelum memilihnya: 

Biaya Pembuatan dan Perawatan Lebih Rendah

Atap datar memerlukan lebih sedikit ruang serta material yang lebih sedikit. Pins tidak akan memerlukan genting ataupun rangka kayu saat proses pembuatannya. Akibatnya menggunakan lebih sedikit material daripada atap miring. 

Hal ini tentu membuat konstruksi awal lebih murah tetapi juga berarti penghematan jika diperlukan perawatannya.

Serbaguna

Beberapa pemilik rumah mengubah bagian atap datar menjadi taman atap. Kemudian atap datar juga ideal untuk konstruksi dek atap. 

Pins juga bisa lho, menggunakan flat roof untuk menambahkan elemen tambahan yang akan mempercantik sekaligus menjadi perlindungan cuaca tambahan.

Lebih Hemat Energi

Atap model ini sangat bagus untuk menjaga biaya utilitas rumah tetap terkendali, terutama di iklim yang lebih hangat. 

Sementara atap miring dapat menjebak udara hangat yang tidak diinginkan atau memungkinkan udara dingin keluar. Hal inilah yang membuat atap datar berarti lebih sedikit ruang di atas kepala agar udara mandek.

Mudah Diakses

Atap datar biasanya lebih mudah diakses daripada atap yang miring. Jadi, Pins bisa lebih mudah dinaiki jika ada beberapa masalah. 

Selama pemeriksaan, flat roof juga cenderung lebih aman. Atap datar secara substansial lebih stabil daripada atap miring, terutama jika ukuran bangunannya kecil.

Estetik

Flat roof memiliki daya tarik arsitektur yang lebih unggul. Dalam pengaturan yang tepat, atap datar juga memiliki nilai ekonomis selama dirawat dengan baik.

Atap datar lebih cepat dipasang, waktu tunggu untuk pindah lebih singkat. Jika perbaikan atau penggantian diperlukan, perbaikan relatif tidak rumit dan lebih cepat.

Kekurangan Atap Datar

(Millers Home Improvement)

Sementara itu, terkait kekurangan ada beberapa hal yang harus Pins perhatikan. Mari simak ulasannya berikut.

Tidak Tahan Terhadap Cuaca Dingin

Flat roof akan  menimbulkan beberapa masalah bagi pemilik rumah ketika cuaca dingin dan hujan. Ketika turun hujan, atap jadi lebih rentan bocor karena air lebih cenderung menumpuk dan menggenang. 

Jika Pins berencana untuk membangun hunian dengan atap datar di iklim yang lebih dingin, konsultasikan dengan arsitek untuk pilihan bahan yang lebih tahan cuaca, ya! Misalnya, dengan menentukan sistem drainase sebelum pembuatannya.

Tidak Terlalu Tahan Lama

Jika atap miring akan bertahan dalam waktu yang lama, setidaknya 20 tahun atau lebih dengan perawatan yang tepat, tetapi flat roof ternyata tidak demikian. 

Bentuknya ini berpeluang lebih tinggi untuk penggantian lebih awal, setidaknya setiap 10 tahun atau lebih. 

Rawan Bocor

Kekurangan ini berkaitan dengan mudahnya air hujan untuk menggenang di atap. Hal ini menjadikan pemilik rumah harus sering memeriksa kondisinya secara berkala guna meminimalisir terjadinya kebocoran.

Jika bagian atap flat digunakan sebagai ruang tanaman bisa memicu pertumbuhan akar tanaman invasif. Tanpa perawatan yang tepat, tanaman ini pun menembus atap dan menimbulkan masalah kebocoran.

Berpotensi Roboh Jika Terjadi Bencana

Atap model ini tidak cocok padai rumah yang lebar. Sebab, semakin lebar atap yang datar maka akan berkurang tingkat kestabilan atap tersebut. Ini akan memicu potensi rubuh ketika gempa bumi atau saat terjadi hujan disertai angin kencang dan badai.

Berbeda dengan atap miring yang berbentuk aerodinamis, sehingga membuatnya lebih kuat menghadapi badai sekalipiun.

Inspirasi Desain Atap Datar pada Hunian

Atap datar banyak dipilih untuk menambah kesan modern di rumah. Bentuknya sederhana, tidak memiliki aksen lain berupa miring atau melengkung, membuatnya sangat cocok untuk rumah dengan nuansa minimalis modern.

Yuk, simak inspirasi flat roof pada bangunan berikut ini. 

Atap Flat dengan Jendela Lebar

(The Garden Granny)

Hampir semua rumah minimalis berbentuk persegi dan memiliki atap datar. Bentuk rumah terlihat menakjubkan jika dilihat. 

Apalagi penambahan jendela yang luas membuat rumah minimalis terlihat modern dan juga sangat estetik.

Atap Datar Berundak

(The Garden Granny)

Penggunaan atap datar yang berundak pada rumah minimalis terlihat semakin indah dilihat. Penggunaan jendela besar dan tinggi memberikan nuansa modern pada rumah. 

Penambahan balkon yang juga berbentuk persegi dengan kombinasi kaca membuat rumah ini terlihat sangat berkelas.

Flat Roof dengan Nuansa Kayu 

(The Garden Granny)

Menggabungkan dinding kayu dengan cat hitam akan memberikan kesan rumah yang lebih indah. 

Atap datar membuat rumah ini menyatu dengan lingkungan. Rumah seperti ini sangat cocok di daerah perbukitan atau pegunungan

Atap Datar pada Rumah Kontemporer

(The Garden Granny)

Fasad rumah kontemporer yang memakai atap datar memberikan kesan elegan sekaligus unik. 

Ketinggian setiap tingkat atap berbeda dengan nuansa serba putih. Tampilan rumah yang begitu kokoh membuat rumah ini begitu berkelas.

Memberikan Kesan Megah

(The Garden Granny)

Jika Pins sedang berencana membangun rumah tingkat, maka bisa menjadikannya terlihat megah dan modern dengan menggunakan atap datar.

Bentuk atap datar cocok untuk bangunan yang memiliki lebih dari satu lantai. Tampilan lantai dua atau ketidak terlihat lebih luas dan indah.

Gabungan Atap Datar dan Atap Miring

(The Garden Granny)

Menggabungkan atap datar dan miring membuat rumah terlihat lebih unik. Atap datar memiliki kelemahan umum yaitu rentan terhadap kebocoran dan sering terjadi genangan air pada atap.  

Jadi, mana pilihanmu, Pins? 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.