BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah Sederhana
0
0

Cara Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah Sederhana

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
ruang bermain anaktop-right-banner

Anak adalah mahluk yang kreatif, beragam hal bisa mereka buat dengan imajinasi yang berkelebatan didalam kepalanya. Oleh karena itu, sudah semestinya tugas orangtua untuk memfasilitasi agar perkembangan kreatifitas anak tak terhambat. Salah satunya dengan membuat ruang bermain anak.

Selain apa yang diajarkan di sekolah atau ruang pendidikan formal untuk anak, membuat ruang bermain anak di rumah merupakan salah satu cara efektif agar anak bisa terus mengasah bakat dan kreatifitasnya.

Ruang bermain anak adalah ruangan khusus bagi anak untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai dan rasa sesuai dengan bakatnya. Bermacam bakat yang tersimpan dalam diri anak, baik dalam bidang seni rupa, lukis atau gambar, crafting, musik atau lainnya.

Untuk itu, tentunya ruangan kreasi ini perlu disesuaikan dengan bakat dan kemampuannya agar perkembangan anak maksimal. Berikut adalah tips membuat ruang bermain anak di rumah sederhana yang bisa kamu lakukan:

Baca juga: 7 Motif Wallpaper Dinding Kamar Tidur untuk Anak Laki-Laki

Cara Membuat Ruang Bermain Anak di Rumah

ruang bermain anak
Source : Livingetc

Bagi seorang anak, bermain adalah sarana belajar yang paling natural. Tetapi tuerkadang, orangtua merasakan hal ini sebagai gangguan. Entah karena aktifitas bermain yang membuat ruangan bisa jadi berantakan atau lainnya.

Ini dia tips untuk menghadirkan ruang kreasi agar si kecil bebas menyalurkan bakatnya, tetapi tak memunculkan gangguan yang mungkin bisa meningkatkan tekanan darah orangtua.

Baca juga: Dekorasi Kamar Anak, Mudah, Simpel, dan Murah!

Kenali Bakat Anak untuk Menentukan Dekorasi

Ruang kreasi yang akan dibuat tentu harus menyesuaikan dengan kebutuhan dari si anak tersebut. Artinya bakat serta keinginan anak menjadi patokan. Bila seorang anak menyenangi lukis misalnya, ada baiknya untuk menyiapkan ruangan dengan dekorasi yang mendukung anak untuk mendapatkan inspirasi.

Sebaliknya, bila seorang anak suka dengan musik, maka dekorasi ruang bermain anak sebaiknya dibuat dengan tema yang memberikan kesan seolah sedang berada di studio musik.

Siapkan Peralatan dan Perlengkapan Pendukung

Source : Home My Design

Untuk mendukung anak berkreasi tentu diperlukan peralatan atau perlengkapan pendukung, beberapa tentu bukan benda yang murah. Seperti peralatan musik misalnya, ini tentu adalah benda berharga tetapi demi mendukung perkembangan kreatif anak tidak ada salahnya untuk mengusahakannya bukan?

Ajarkan anak untuk belajar merawat serta menyayangi peralatan berkreasi mereka. Ini bertujuan agar si anak tetap mengasah kemampuan, tapi disatu sisi juga menumbuhkan rasa hormat pada apa yang disenangi.

Baca juga: Pengertian Masa Kanak-Kanak dan 3 Perkembangannya

Atur Layout dengan Tepat

Source : Pinterest

Sebuah sanggar seni atau studio bertujuan untuk memproduksi beragam produk yang menjadi output kegiatan berkesenian tersebut. Biasanya ditempat-tempat seperti itu, disediakan satu sudut tertentu untuk memajang karya.

Jika ingin membuat dekorasi seperti sanggar seni lukis, Pins bisa memberikan galeri mini untuk memajang lukisan. Sementara jika untuk studio musik, Pins bisa memberikan tempat khusus untuk menyimpan hasil dari produksi musik seperti kaset atau cd.

Berikan sudut yang sama untuk ruang kreasi anak, agar mereka semakin bersemangat dalam berkarya.

Cara membuat ruang bermain anak adalah bagian terkecil yang bisa diusahakan oleh setiap keluarga untuk menumbuhkan generasi yang cerdas dan peka terhadap seni. Ini akan baik untuk perkembangan anak-anak hingga dimasa depan. Sekian pembahasan Pinhome kali ini, semoga bermanfaat ya, Pins.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Griya Rilis Ngunut dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download