Pinhome

Jenis Ikan Koi

Dipublikasikan oleh Ramadhanti ∙ 28 July 2021 ∙ 13 menit membaca

Jenis Ikan Koi – Ikan koi banyak banyak digemari karena memiliki rupa yang indah. Selain itu ikan ini juga dianggap dapat mendatangkan hoki bagi sang pemilik.

Koi adalah jenis ikan hias air tawar asli Jepang yang terkenal baik di Indonesia maupun dunia. Pada mulanya ikan koi sering kali dijadikan sebagai ikan konsumsi.

Jenis Ikan Koi

Seperti halnya dengan spesies ikan lain, ikan koi memiliki banyak variasi, bahkan seiring perkembangannya ikan jenis koi memiliki keunikan yang luar biasa.

Untuk di Indonesia sendiri ikan koi banyak dijual hingga pelosok-pelosok daerah. Harganya pun bervariasi dari yang murah hingga mahal, tergantung dari ras dan keunikannya.

Ikan koi termahal sampai saat ini masih dipegang oleh ikan koi dengan spesies black dragon yang ada di Momotaro Farm, yaitu seharga 3 miliar .

Shiro Bekko

Perpaduan warna silver dan kuning di bagian kepala membuat koi shiro bekko semakin anggun ketika berada dalam air.

Selain itu ikan ini juga memiliki warna hitam dengan bentuk kecil-kecil di sekujur badannya. Shiro bekko juga punya anatomi yang tidak jauh berbeda dengan ikan mas biasa.

Baca Juga:

Shiro Utsuri

Koi shiro utsuri jika dilihat sekilas nampak hampir sama dengan koi shiro bekko. Akan tetapi jika diperhatikan secara mendetail, tentu memiliki perbedaan, mulai dari pola sampai warna.

Shiro utsuri lebih dominan warna hitam di badannya. 

Kohaku

Tipe ikan koi ini bisa dibilang paling familiar di masyarakat. Ia memiliki ciri khas warna merah dan putih. 

Koi ras kohaku ini merupakan jenis koi paling tua diantara ikan koi. Selain itu koi jenis ini termasuk ke dalam koi tercantik di dunia.

Kujaku

Keluarga ikan koi kujaku ini tampak cantik dengan bulatan warna merah di kepala bagian atasnya. Sekilas mungkin mirip seperti kohaku.

Meski memiliki penampilan yang hampir mirip, namun coraknya berbeda.

Shiro Matsuba

Ikan koi shiro matsuba memiliki warna dasar putih dengan sedikit warna hitam pada bagian sisiknya. 

Tapi jika melihatnya hanya sekilas atau tidak terlalu diperhatikan, warna ikan koi shiro matsuba ini hanya terlihat putih saja.

Tancho

Ikan koi tancho merupakan ras terbaik, Untuk mengenali jenis ikan ini cukup mudah, karena memiliki warna merah yang begitu mencolok yaitu tepat di atas kepalanya.

Sedangkan untuk warna dasarnya sendiri berwarna putih atau silver.

Aka Matsuba

Aka matsuba masih satu jenis dengan shiro matsuba, Perbedaannya hanya pada warna dasar yang dimiliki. Koi aka matsuba memiliki warna dasar merah dengan pola warna hitam menyerupai jaring di punggungnya.

Sedangkan shiro matsuba memiliki warna dasar putih. Untuk warna hitam yang menyerupai jaring ini memang warna hitam sungguhan bukan bekas luka. Sebab ada beberapa penjual yang menawarkan ikan koi aka matsuba palsu.

Baca Juga:

Tancho Showa

Ikan koi tancho showa hampir serupa dengan ikan koi utsuri shiro dan kohaku sanke. Jenis ikan ini memang begitu unik, sebab merupakan hasil persilangan antara koi kohaku dengan utsuri shiro.

Perbedaannya memang hanya terletak pada corak ikan, dari segi bentuk dan dan lainnya kurang lebih sama.

Tancho Kohaku

Sebetulnya ikan hias koi jenis tancho kohaku sangat mirip dengan jenis tancho. Pembedanya ialah bulatan merah di kepalanya lebih terlihat presisi.

Tentu berbeda halnya dengan koi tancho yang memiliki warna merah di kepala yang lebih tidak beraturan.

Selai hal tersebut, koi tancho kohaku memiliki warna merah di bagian kepala dengan warna merah cerah tanpa noda.

Tancho Goromo

Jenis ikan koi selanjutnya ialah jenis tancho goromo. Jika dilihat dari segi fisiknya, koi jenis ini memiliki warna dasar putih dengan corak hitam di bagian kepala. Selain corak hitam di bagian kepala, terdapat perisai diantara bagian mata.

Namun sayangnya untuk saat ini, jenis ikan hias koi tancho goromo memiliki jumlah populasi yang sedikit.

Baca Juga:

Tancho Kujaku

(OLX)

Ikan ini  memiliki titik-titik hitam pada bagian warna putih tubuhnya. Ada corak lingkarang berwarna merah di bagian kepalanya.

Sirip Ikan Koi Tancho Kujaku titik hitamnya juga merata di sekujur tubuh bagian atas dan samping.

Tancho Sanke

Ikan koi jenis tancho sanke mirip dengan ikan koi tancho showa. Mulai dari warna dasar hingga corak yang terdapat pada tubuhnya.

Akan tetapi yang menjadi pembeda, koi jenis tancho sanke memiliki tambahan corak warna, yaitu warna hitam di bagian belakang, tepatnya hampir dekat ekor.

Ki Bekko

Ikan koi jenis ki bekko terlihat lebih indah, apalagi bagi kamu yang menyukai ikan hias dengan warna cerah.

Ki bekko memiliki warna dasar kuning dengan corak warna hitam di sekujur tubuhnya, mulai dari kepala hingga ekor.

Aka Bekko

Koi aka bekko secara garis besar mirip dengan koi bekko lainnya, yang menjadi pembeda hanyalah terdapat pada warna dasar.

Jika koi dengan jenis ki bekko memiliki warna dasar kuning pada bagian tubuhnya, maka aka bekko ini berwarna dasar merah.

Baca Juga:

Kumonryu

Kumonryu adalah ikan yang paling unik sekaligus menakjubkan. Setiap tahunnya koi kumonryu mampu mengubah warnanya sendiri.

Entah apa penyebab yang pastinya. Namun rumornya, perubahan yang terjadi pada ikan koi kumonryu ini karena pergantian suhu dan PH yang terdapat dalam air.

Koi kumonryu merubah dirinya pada musim dingin menjadi berwarna hitam, sedangkan pada musim panas atau musim semi tubuhnya menjadi warna putih.

Beni Kumonryu

Ikan koi jenis beni kumonryu ini memiliki kemampuan yang sama dengan ikan koi kumonryu biasa. Mereka dapat mengubah warna tubuhnya ketika memasuki musim dingin.

Jika koi kumonryu biasa dapat mengubah warna tubuhnya menjadi hitam, maka jenis beni kumonryu ini mengubah tubuhnya menjadi warna merah.

Aka Hajiro

Ikan koi aka hajiro merupakan turunan dari jenis ikan koi hajiro. 

Namun, Aka Hajiro memiliki warna tubuh merah secara keseluruhan. Hanya bagian siripnya saja yang punya corak putih.

Hajiro

Jika ikan koi jenis yang lain memiliki variasi warna, setidaknya terdiri dari dua warna, namun koi hajiro hanya memiliki satu warna, yaitu hitam saja.

Cocok untuk variasi warna di kolam.

Beni Kikokuryu

Jenis ikan koi ini terbilang unik dan cantik. Ikan koi beni kikokuryu memiliki 3 warna berbeda yang menyelimuti tubuh si ikan.

Meskipun terlihat kurang rapi, namun warnanya yang abstrak membuat visualnya menawan.

Kikokuryu

Ikan koi kikokuryu memiliki corak yang begitu rapih. Berwarna dasar putih dengan corak hitam yang terus berjejer dari kepala hingga ekor.

Jika kamu perhatikan secara seksama dan mendetail, motif yang dimiliki ikan ini seperti hal kuda zebra.

Goromo

Jenis koi goromo merupakan hasil perkawinan antara kohaku dengan asagi atau asagi dengan sanshoku.

Keunikan yang dimiliki koi goromo adalah corak yang indah dengan warna dasar putih. Kebanyakan dari jenis goromo ini memiliki corak berwarna merah dan hitam dengan lingkaran biru di setiap sisinya.

Sumi Goromo Fish

Sumi goromo fish memiliki kesamaan dengan ikan koi jenis shiro utsuri. Terutama warna dasar yang dimiliki serta motif di seluruh tubuhnya. Koi ini tampak cantik dengan warna hitam dan putih yang mengkilap.

Budo Goromo

Ikan hias koi budo goromo memiliki penampilan yang hampir sama dengan ikan koi kohaku. Bedanya, budo guromo memiliki warna merah pada coraknya.

Koi ini digadang-gadang merupakan jenis koi yang memiliki kualitas tinggi.

Ogon

Jenis ikan koi ogon memiliki keistimewaan tersendiri, dengan warna kuning emas mengkilat. Koi ogon ini pertama kali ditemukan pada tahun 1946 oleh sawati bersama dengan putranya, yang kemudian dijadikan sebagai ikan koi indukan.

Setelah beberapa kali dikawinkan, disilangkan dengan koi lain, barulah muncul ikan koi ogon ini. Ikan koi ogon ini merupakan generasi 4-5 dari perkawinan ikan tersebut.

Goshiki Goromo

Goshiki Goromo adalah hasil perpaduan dari Budo dan Sumi Goromo. 

Warnanya kilau putih susu dengan corak kehitaman dan kemerahan. Ikan ini punya titik-titik sisik hitam yang menyebar tipis pada seluruh tubuh.

Platinum Ogon

Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki warna silver atau platinum. Jenis ikan koi platinum ogon sangat indah tatkala terpapar oleh sinar matahari.

Ikan jenis platinum ogon ini memiliki warna tunggal saja.

Orenji Ogon

Sesuai dengan namanya yaitu orenji, dalam bahasa indonesia berarti oren dan dalam bahasa inggris adalah orange.

Ikan koi ini seluruh tubuhnya memiliki warna oren tanpa terkecuali. Bentuknya sendiri menyerupai ikan mas.

Baca Juga:

Yamabuki Ogon

(OLX)

Ikan koi yamabuki ogon memiliki warna kuning mengkilat di sekujur tubuhnya dan bintik hitam di setiap ujung sisiknya.

Koi yamabuki ogon terlihat sangat indah ketika berada dalam air yang jernih. Di Indonesia sendiri ikan koi jenis ini cukup populer.

Ki Utsuri

Ikan koi ki utsuri memiliki warna dasar hitam dengan corak warna kuning terang, ikan ini sangat cantik ketika berada di kolam dengan air yang jernih.

Apabila dibandingkan dengan koi shiro utsuri, letak perbedaannya hanya dalam hal warna saja, baik dalam warna dasar maupun corak warna.

Nezu Ogon

Ikan koi nezu ogon merupakan ikan koi dengan tubuh berwarna emas yang agak kehitaman serta mempunyai bibir yang cukup lebar. Inilah yang jadi ciri khas dari ikan koi nezu ogon.

Jika diperhatikan dengan seksama, maka ikan koi nezu ogon ini tidak sama dengan koi pada umumnya. Bahkan ada nezu ogon yang memiliki kumis, aneh bukan?

Showa Sanshoku

Showa sanshoku merupakan ikan koi yang memiliki warna dasar gelap dengan warna corak merah. Visualnya sangat cantik saat  ikan ini sedang bergerak di dalam air.

Namun jika dilihat sekilas, showa sanshoku tidak jauh berbeda dengan ikan koi taisho sanke. Perbedaannya hanya terletak pada warna dasar yang dimiliki.

Kin Showa

Ketika kamu melihat ikan koi kin showa ini pasti langsung jatuh cinta, sebab memiliki bentuk serta warna tubuh yang cantik.

Kin showa merupakan ikan koi hasil perkawinan antara ogon platinum dengan showa. Tidak heran jika ikan ini memiliki warna dasar pada tubuhnya dengan warna perak seperti halnya ogon platinum. 

Akan tetapi untuk bagian tubuh lainnya, seperti corak dan bentuk lebih mirip ikan koi showa.

Boke Showa

Koi boke showa dapat dilihat dari sisik yang kusam, serta memiliki warna merah pada bagian kepalanya. 

Ikan ini juga memiliki warna dasar putih serta pola yang hitam. Namun hitamnya tidak terlalu kentara, artinya tidak gelap dan tidak terang juga.

Sanke

Ada pernah yang mendengar ikan koi sanke? 

Ikan koi sanke atau taisho merupakan koi dengan warna dasar putih, yang menjadikannya terlihat cantik. Koi sanke memiliki pola atau garis dengan warna merah di sekujur tubuhnya. Jika dilihat sekilas shanke ini mirip dengan ikan koi kohaku.

Shanke atau taisho memiliki perbedaan dengan kohak. Ini karena diatas punggungnya terdapat warna hitam yang tidak sampai kepala.

Koi sanke sendiri merupakan hasil perkawinan antara ikan koi kohaku dengan koi shiro bekko. Jadi tak heran jika memiliki kemiripan dengan koi kohaku.

Baca Juga:

Hi Showa

Hi showa tak jauh berbeda dengan koi showa sebab ikan ini merupakan turunan dari showa. Memiliki bentuk yang hampir sama bahkan dapat dibilang mirip.

Memiliki warna dasar putih dengan kombinasi hitam dan merah, ikan koi ini terbilang digemari banyak pecinta koi.

Benigoi

Benigoi merupakan ikan koi yang dapat dibilang tidak biasa sebab memiliki tubuh yang cukup gempal alias gendut. Koi benigoi tampak lebih lucu dengan badan gempalnya.

Selain memiliki tubuh gempal, perbedaan yang mencolok adalah dari segi warna. Jika koi jenis lain memiliki corak atau ragam warna maka benigoi hanya berwarna jingga terang.

Karasugoi

Ikan ini memiliki ciri khas warna gelap. Meskipun gelap, karasugoi tidak kalah menarik dengan ikan koi lainnya.

Mungkin bagi kalian bisa dijadikan sebagai pelengkap koleksi ikan koi, sebab jika dipadukan dengan ikan koi lain tentu karasugoi akan terlihat cantik juga.

Soragoi

Koi soragoi memiliki warna abu-abu sehingga dapat dipadukan dengan warna yang lain.

Tentu warna ini menjadi keuntungan bagi pecinta ikan koi, sebab koi dengan warna netral ini akan cocok dipadukan dengan koi ras apapun.

Kigoi

Kigoi adalah ikan koi dengan warna kuning emas tanpa corak sama sekali. Ukuran tubuh dan bentuknya tidak jauh berbeda dengan kelompok ikan koi lain.

Tentu dengan kalian mengoleksi ikan koi ras ini akan mewarnai kolam ya.

Chagoi

Chagoi adalah ikan koi yang berbeda dengan yang lain, terutama soal warna tubuh. Kebanyakan ikan koi memiliki warna tubuh metalik atau bisa dibilang cerah.

Sedangkan untuk ikan koi chagoi ini berwarna kuning keruh.

Doitsu Hariwake

Warna platinum atau silver dipadukan dengan warna kuning emas menjadikan ikan koi doitsu hariwake tampak benar-benar indah. Apalagi dalam keadaan atau kondisi terkena cahaya.

Untuk ukuran serta bentuk tubuh ikan koi ini tidaklah jauh berbeda alias sama.

Baca Juga:

Koi Shusui

Ada yang unik dari ikan koi shusui. Ikan ini tidak memiliki sisik sama sekali kecuali hanya sedikit di bagian punggung.

Sisik di punggung tersebut memiliki warna gelap. Sedangkan warna tubuh keseluruhan adalah warna putih dengan diselimuti warna merah atau orange .

Kikusui

Sekilas koi kikusui lebih mirip dengan koi tancho. Memiliki warna yang simpel dan hampir keseluruhan tubuhnya berwarna putih. Tapi  ada setitik atau sedikit warna merah pada bagian kepala.

Asagi

Koi asagi bisa dibilang merupakan koi yang cukup terkenal di dunia. Jenis ini juga termasuk salah satu yang tertua.

Sedangkan untuk ciri-cirinya sendiri, koi asagi memiliki warna biru dengan corak merah atau orange di bagian perutnya. Untuk bagian kepala sendiri berwarna putih bersih tanpa warna.

Ochiba Shigure 

Ochiba shigure dalam bahasa indonesia sendiri adalah daun gugur yang jatuh kedalam air. Nama ini diambil mungkin karena ikan ini  memiliki warna yang mirip dengan daun yang telah gugur.

Ikan ini merupakan hasil persilangan dari koi soragoi dan chagoi. 

Yamato Nishiki

Ikan koi yamato nishiki memiliki kemiripan dengan koi showa. 

Perbedaannya hanyalah warna tubuhnya. Yamato nishiki memiliki sisik lebih keperakan.

Black Dragon

Ikan koi macam black dragon terkenal dengan harganya yang mahal, kok bisa?

Alasannya cukup sederhana, ikan koi dengan spesies ini susah didapatkan alias langka. Kelangkaan ikan koi ras black dragon karena sulit untuk membudidayakannya.

Sampai saat ini black dragon masih memegang rekor sebagai ikan koi termahal yang ada di dunia. Apakah kalian tertarik untuk memilikinya.

Hikari Moyo

Ikan koi hikari moyo memiliki warna dasar metalic dengan pola warna merah di badannya. Koi hikari merupakan hasil dari persilangan antara utsuri dengan ogon, jenis hikari ini lumayan bagus sama halnya dengan ikan koi lainnya. 

Dari sekian banyak jenis ikan koi di atas, mana yang paling kamu suka?

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Editor: Nurchalimah

Source Feature Image: Unsplash

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengantar Nikah, Begini Cara Mengurusnya!

Pinhome - Mengurus pernikahan tak hanya perihal dekorasi dan catering acara saja. Kamu juga harus m

Edukasi
Edukasi 3 Contoh Surat Keterangan Sehat dari Rumah Sakit atau Puskesmas

Contoh surat keterangan sehat itu seperti apa, sih? Kamu mungkin saat ini sedang mencari surat kete

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Pengajuan Dana yang Baik dan Benar!

Ingin mengajukan surat pengajuan dana? Jangan buat asal-asalan kalau ingin pengajuannya diterima, y

Lifestyle
Lifestyle 40+ Referensi Ucapan Selamat Ulang Tahun buat Teman & Sahabat

Menyampaikan ucapan selamat ulang tahun buat teman adalah hal yang wajib diutarakan. Pasalnya, doa

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Wasiat yang Sah Menurut Hukum

Bicara soal wasiat tentu menjadi satu hal yang sensitif. Tak jarang, hal ini pun kerap menjadi pers

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia