Kamus Istilah Properti

Unique Selling Point atau USP adalah

istilah properti

Unique Selling Point atau USP adalah

USP adalah singkatan dari Unique Selling Point yaitu faktor atau pertimbangan yang disampaikan oleh penjual atau pemilik bisnis sebagai alasan bahwa suatu produk atau jasa berbeda dan lebih baik dari produk atau jasa kompetitor.

Apa Itu USP (Unique Selling Point)?

Ketika hendak menjual suatu produk atau mendirikan bisnis, USP atau unique selling point atau unique selling proposition adalah hal penting yang harus dipertimbangkan dalam strategi perencanaan bisnis. Unique Selling Point merupakan faktor atau pertimbangan yang disampaikan oleh penjual atau pemilik bisnis sebagai alasan bahwa suatu produk atau jasa berbeda dan lebih baik dari produk atau jasa kompetitor.

Sederhananya, USP adalah poin-poin menarik dari bisnismu apabila dibandingkan dengan kompetitor atau pesaing yang menjalani bisnis serupa.  

Sebuah brand harus memiliki unique point selling-nya sendiri agar dapat menonjol jika dibandingkan kompetitor sehingga bisa mencapai target pasar yang tepat. Sebab, setiap konsumen tentunya hanya akan membeli produk yang mereka butuhkan dengan membuat perbandingan terlebih dahulu sebelum memilih. 

Bentuk USP dapat bervariasi, bisa dari sisi harga, populitas, rasa, tagline, atau manfaat lain sebagai after sales yang diberikan penjual. 

Tak harus sampai membanting harga, setidaknya dengan menentukan USP, maka Pins dapat meraih tujuan agar merk-mu lebih dikenal.

Manfaat dan Tujuan USP

Manfaat utama dari menentukan poin-point unik dari bisnismu tak lain supaya brand-mu menjadi lebih menonjol dibandingkan bisnis serupa. Selain itu, USP juga bermanfaat untuk menentukan posisi produkmu di pasaran.

Semakin kuat USP sebuah bisnis, tentu akan semakin banyak orang yang mengetahuinya. Bayangkan jika semua produk terlihat sama, tentu calon konsumen akan sulit menentukan produk mana yang memang paling tepat dan dibutuhkan. 

Bisa-bisa, brand yang Pins ciptakan malah akan tenggelam dan tidak diketahui oleh orang lain. 

Selain itu, ada sejumlah tujuan menentukan unique selling proposition, yaitu:

  • USP menjadi strategi penjualan yang efektif karena akan membantu konsumen menemukan pembeda di antara berbagai pilihan yang tersedia. 
  • Pemilik usaha harus semakin serius memikirkan dan mempertimbangkan arah bisnisnya agar bisa dikenal dan mendapatkan keuntungan.  
  • USP yang signifikan akan berpengaruh besar terdapat pendapatan dan keuntungan bisnis. 
  • Menciptakan loyalitas pelanggan sehingga akan banyak pelanggan yang kembali di masa mendatang. 
  • Bagian penjualan akan semakin mudah mempromosikan dan menjual produk atau layanan karena brand sudah memiliki USP yang jelas dan menarik bagi calon konsumen.  

Cara Menentukan USP dalam Bisnis

Menentukan apa yang menjadi unique selling proposition dalam bisnismu memang tidak selalu mudah. Apalagi jika Pins memilih bisnis yang memang sudah memiliki kompetitor yang banyak.

Berikut ini cara menentukan USP yang tepat dalam bisnis. 

1. Ketahui Syarat USP yang Menarik

Menurut Shopify, ada beberapa syarat dalam menentukan USP, yaitu: 

  • Tegas, tetapi dapat dipertahankan. Posisi tertentu yang memaksa pemilik bisnis harus mengajukan kasus terhadap produk pesaing lebih mudah diingat daripada sikap umum, seperti “kami menjual produk berkualitas tinggi”.
  • Berfokus pada apa yang dihargai pelanggan. “Unik” tidak akan berarti banyak jika itu bukan sesuatu yang benar-benar diperhatikan oleh pelanggan target.
  • Lebih dari sekadar slogan. Sementara slogan adalah salah satu cara USP dapat dikomunikasikan, itu juga sesuatu yang dapat diwujudkan di area lain bisnis.

2. Posisikan Diri Sebagai Pelanggan

Sebelum menjual produk atau layanan pada orang lain, cobalah untuk memposisikan diri terlebih dahulu sebagai pelanggan. Hal ini bertujuan untuk mencari kebutuhan konsumen agar produk lebih laku di pasaran.

Cobalah tanya kepada diri sendiri dan bandingkan dengan kompetitor, apakah Pins akan membeli produk dari perusahaanmu sendiri? Lalu, jika sudah membeli, apakah Pins akan kembali lagi di masa mendatang dan menjadi pelanggan setia?  

Lakukan riset ini supaya untuk menentukan USP-mu sendiri. Selain dari kualitas produknya, pertimbangkan juga hal lainnya seperti kenyamanan, layanan pelanggan, hingga keramahan karyawan yang memasarkannya.  

3. Buat Perbandingan dengan Kompetitor

Untuk menentukan keunikan dari bisnismu, maka Pins perlu membandingkan dengan kompetitor atau pesaing yang sudah lebih dulu ada di pasaran. Dengan membandingkan produkmu dengan pesaing, maka Pins bisa tahu apa saja kelebihan dan kelemahan dari produkmu. 

Nah, di sinilah Pins bisa lebih mudah menentukan apa yang menjadi unique selling point dari bisnismu. 

4. Teliti Perilaku Konsumen 

Berikutnya Pins dapat mengetahui perilaku konsumen saat membeli produk sebagai langkah untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Pins sebaiknya memahami motivasi dan alasan mengapa mereka membeli produkmu.  

Teliti perilaku konsumen dan seperti apa karakteristik mereka sehingga Pins bisa menentuan produk seperti apa yang tepat dan diingikan oleh mereka. 

Hal-hal yang perlu diteliti mulai dari rata-rata umur pelanggan, apa pekerjaan mereka, serta statusnya. 

Apabila Pins membuat produk yang sesuai dengan mereka, maka tentu akan memberikan keuntungan tersendiri seperti loyalitas dan mendatangkan pelanggan-pelanggan setia.

Baca Juga: Ability to Pay

Contoh Penerapan Unique Selling Point  

Dari pengertian secara sederhana, USP adalah apa yang membuat brand milikmu berbeda dari bisnis serupa lainya. Hal itulah yang membuat klien potensial berhenti sejenak, membuka mata mereka, dan benar-benar mendengar apa yang akan Pins katakan. 

Salah satu bisnis yang memiliki unique selling point yang baik hingga dikenal di kalangan internasional adalah Indomie. Produk mie instan ini memiliki unique selling point sebagai produk yang menawarkan cita rasa Indonesia. 

Seluruh rasa dari Indomie, memang terinspirasi dan khas Indonesia. Tagline mereka Indomie, Seleraku, pun sangat unik sehingga mudah diingat. Bahkan, orang-orang mengatakan mie instan lain dengan nama Indomie saking khasnya.

Hal yang sama juga berlaku pada merek air mineral, Aqua. Orang-orang menyebut air mineral galonan maupun botol dengan nama Aqua. 

Selain Indomie, Pinhome juga memiliki unique selling point di antara platform jual beli rumah lainnya. Sebagai sebuah platform online, Pinhome sangat berbeda karena turut memfasilitasi interaksi antara pemilik, pembeli, dan agen properti. 

Sebagai pemilik properti akan sangat dimudahkan karenamemiliki akses ke agen yang siap membantu memasarkan propertinya. Sebagai sisi unik, Pinhome pun memfasilitasi transaksi properti end-to-end untuk pembelian dan penyewaan melalui model agensi.

Layanan Pinhome pun sangat lengkap mulai dari jual, beli, dan sewa properti, layanan edukasi properti yang dirancang oleh Pinhome sebagai media belajar bagi masyarakat yang tertarik terhadap dunia properti bersama Property Expert, serta Pinhome Home Service yang menghadirkan layanan rumah tangga dalam merawat dan membersihkan properti, kendaraan, hingga alat elektronik.

Bagaimana Pins, sudah memahami seputar USP? Yuk, mulai tentukan unique selling point bisnismu sekarang!  

Baca Juga: Hak Guna Bangunan


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.