Kamus Istilah Properti

Platform

istilah properti

Platform

Platform dapat diartikan sebagai media atau wadah yang digunakan untuk menjalankan suatu kegiatan. Misalnya kamu melakukan transaksi pembelian properti, maka platformnya bisa berupa bank atau Pinhome.

Platform Online

Platform online adalah sebuah media yang menjadi lokasi suatu acara atau transaksi secara online. 

Platform online memungkinkan semua transaksi yang dilakukan melalui media digital, mulai dari pemilihan produk/jasa, pemesanan, pembayaran, menghubungi customer support dan pemberian rating. 

Beberapa jenis platform online misalnya e-commerce yang menjadi media untuk transaksi jual beli online seperti Tokopedia dan Bukalapak. 

Platform pemesanan jasa transportasi dan kebutuhan sehari-hari seperti Gojek, Lemonilo dan SayurBox. 

Platform Jual Beli Properti

Platform
(Unsplash)

Platform jual beli dan sewa properti pada dasarnya memberikan kemudahan bagi kamu untuk bertransaksi properti. Biasanya platform seperti ini akan menawarkan beberapa layanan yang bisa membantu kamu membeli properti misalnya,

  • Layanan pencarian rumah
  • Layanan pendampingan dengan agen properti terbaik
  • Layanan pengajuan KPR
  • Layanan pembayaran uang muka dan cicilan rumah

Sebuah platform jual beli properti terbaik akan bekerjasama dengan pihak developer terpercaya serta bank-bank besar yang memberikan produk KPR. 

Cara Mengetahui Platform Resmi Sebuah Layanan

PLatform
(Unsplash)

Kehadiran media digital tentu tidak serta merta memberikan keamanan yang menyeluruh. Platform online pun mempunyai celah untuk digunakan sebagai kegiatan kriminal penipuan dan pemerasan. 

Bagi kamu yang suka melakukan transaksi secara online, pastikan memahami karakter platform resmi untuk layanan tertentu.

Nah, berikut ini ada gambaran tentang ciri media resmi yang menyediakan fitur transaksi secara daring.

Platform Jual Beli Properti

  • Media jual beli properti biasanya akan mencantumkan alamat kantor dan media sosial. Cek eksistensi kantor dan media sosial layanan tersebut. Kalau perlu hubungi perusahaan tersebut untuk memastikan apakah perusahaan atau media jual beli properti itu asli.
  • Cek alamat email perusahaan. Biasanya sebuah email platform resmi akan menggunakan nama perusahaan tersebut misalnya halo@pinhome.id. Apabila sebuah layanan menggunakan gmail.com, maka kamu harus berpikir ulang untuk melakukan transaksi di sana. 
  • Cek media sosial platform tersebut apakah aktif dan mempunyai centang biru. Tanda ini menjadi validasi yang memverifikasi keaslian sebuah akun. 
  • Apabila media jual beli mempunyai aplikasi mobile, cek rating dan komentar yang diberikan para pengguna di Google Playstore dan Apple Store. Pastikan komentar puas mendominasi keluhan yang dialami pengguna.

Platform Marketplace 

Pengertian marketplace sendiri adalah sebuah website yang menjadi pusat jual beli. Website ini memberikan akses kepada para pemilik toko online untuk berjualan dan memudahkan konsumen untuk berbelanja.

  • Media jual beli ini biasanya akan ditandai dengan kebijakan konsumen dan transaksi. Kebijakan ini akan diinformasikan melalui website dan aplikasi.
  • Cek di Google Playstore atau Apple Store apakah layanan tersebut mempunyai aplikasi. Jika ada, lakukan transaksi di aplikasi tersebut. Di sini Kamu bisa cek bagian kolom komentar pada Playstore atau Appstore. Cek juga bagian rating yang diberikan.
  • Periksa media sosial layanan tersebut. Pastikan media sosial resmi layanan tersebut sudah mempunyai centang biru yang diberikan oleh Instagram dan Facebook.

Platform Online Shop

Ada yang bingung untuk memahami online shop dan marketplace? Jadi online shop adalah sebuah toko yang menjual suatu produk atau layanan tertentu misalnya toko online kue, toko online handphone dan lain-lain. Sementara marketplace adalah sebuah website yang menghubungkan penjual dan pembeli untuk bertransaksi seperti Tokopedia dan Pinhome.

Untuk memahami bagaimana sebuah online shop merupakan toko resmi yang tidak menipu adalah sebagai berikut,

  • Pastikan sebuah akun online shop mempunyai centang biru. Namun terkadang mempunyai centang biru di Instagram atau Facebook tidak cukup untuk memastikan layanan tersebut tidak menipu. Namun, dengan adanya tanda biru sudah dipastikan akun tersebut adalah akun resmi. Facebook dan Instagram pun akan memblokir akun dengan centang biru jika bermasalah dengan privasi dan keamanan konsumen. 
  • Cek di bagian kolom komentar apakah para konsumen memberikan testimoni terkait transaksi dan pelayanan yang diberikan. Cek juga jumlah likes yang ada di setiap postingan. Beberapa akun mempunyai follower hingga puluhan atau ratusan ribu, namun hanya mempunyai 1-2 likes dan ini patut dicurigai. 
  • Apabila kamu ingin memastikan akun tersebut asli, silakan cek di Marketplace ternama seperti Tokopedia dan Bukalapak. Apabila online shop tersebut mempunyai akun di Marketplace, maka lakukanlah transaksi di marketplace tersebut.

Karakter platform palsu yang bertujuan melakukan penipuan

PLatform
(Unsplash)

Platform palsu dan yang tidak resmi biasanya menjadi toxic di dunia maya. Media yang memanipulasi para calon konsumen ini akan melakukan segala cara demi mendapatkan korban penipuan. Namun, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui karakter sebuah platform palsu yang memanipulasi konsumen.

Website tidak resmi dan tidak aman

Biasanya alamat resmi sebuah layanan akan menggunakan nama perusahaan tersebut. Misalnya Pinhome yang menggunakan website address www.pinhome.id

Perusahaan atau sebuah layanan yang terindikasi penipuan biasanya akan menggunakan domain wordpress atau blogspot seperti propertijakarta.wordpress.com atau properti_bandung.blogspot.com. Well, tidak semua platform yang menggunakan domain seperti itu, namun kamu bisa mulai waspada ya jika melihat website seperti ini.

Website resmi biasanya akan memprioritaskan security pada alamat web, maka pastikan website tersebut sudah aman yang ditandai dengan tanda gembok. Website yang aman biasanya menggunakan https. Apabila website tersebut menggunakan http maka patut kamu curigai.

Alamat email menggunakan gmail.com

Beberapa alamat email yang digunakan oleh layanan palsu atau “abal-abal” akan menggunakan gmail.com dengan kombinasi email yang kurang rapi. Misalnya belipropertimurah01@gmail.com. Jika kamu menemukan email seperti ini patut kamu curigai ya. 

Alamat kantor dan telepon tidak aktif

Penyedia layanan palsu akan memberikan alamat fake atau tidak dapat ditemukan jika kamu cari melalui Google map. Nomor telepon yang tertera juga tidak aktif. Apabila kamu menemukan hal ini maka abaikan saja dan jangan melanjutkan transaksi di platform tersebut.

Testimoni penipuan beredar di media diskusi seperti Kaskus dan Quora

Testimoni dan opini warganet menjadi validasi apakah sebuah layanan resmi atau tidak di zaman digital seperti ini. Untuk memastikan dan mengkonfirmasi hal tersebut, kamu bisa cek di dalam media komunitas semacam Kaskus atau Quora. Ketik subjek yang ingin kamu cari dan baca review yang diberikan.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Rizko

Editor: Achlisia