Kamus Istilah Properti

Surat Jaminan

istilah properti

Surat Jaminan

Surat jaminan adalah surat yang menyediakan perlindungan atau jaminan dari dan kepada pihak terkait. Baik perseorangan, pemerintahan, maupun perusahaan. 

Apa itu Surat Jaminan?

Surat jaminan adalah surat yang menyediakan perlindungan atau jaminan dari dan kepada pihak tertentu. Surat jaminan umumnya dikeluarkan oleh bank umum, perusahaan, atau lembaga penjamin simpanan. Khusus untuk asuransi dan lembaga penjamin wajib memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Surat jaminan dibuat untuk menjamin suatu hal atas persyaratan yang sudah disepakati bersama. Umumnya, surat jaminan dibuat berdasarkan ketentuan dan peraturan yang berlaku di suatu perusahaan maupun lembaga terkait. 

Jenis Surat Jaminan

Surat jaminan erat kaitannya dengan pengadaan barang dan jasa. Berikut beberapa jenis surat jaminan yang biasa dibuat untuk pengadaan barang dan jasa.

Jaminan pembayaran 

Surat jaminan pembayaran atau payment bond adalah jaminan kepada penjual jika pembeli tidak melakukan pembayaran sesuai dengan jumlah dan waktu yang telah disepakati. Umumnya, surat jaminan pembayaran digunakan saat membayar administrasi atau pelunasan hutang. 

Jaminan penawaran 

Surat jaminan penawaran berisi kesanggupan pihak penjamin (bank atau perusahaan) untuk membayar sejumlah uang kepada pihak terkait jika pihak terjamin (penyedia jasa atau perseorangan) tidak memenuhi kewajibannya.

Jaminan uang muka 

Jika dibandingkan dengan surat jaminan lainnya, kamu mungkin lebih familier dengan surat jaminan uang muka. 

Surat jaminan uang muka atau advance payment bond diterbitkan oleh perusahaan atau badan untuk menjamin obligee (penerima jaminan) bahwa principal akan sanggup mengembalikan uang muka yang diberikan sesuai kontrak yang disepakati.

Dengan adanya jaminan uang muka, diharapkan seluruh proses pembiayaan akan berlancar dengan lancar. 

Jaminan pelaksanaan 

Fungsi dari jaminan pelaksanaan adalah menjamin pelaksanaan kontrak agar dapat diselesaikan dengan baik. 

Jaminan pelaksanaan mesti diberikan oleh penyedia saat saat kontrak akan ditandatangani. Umumnya, surat jaminan ini dikeluarkan oleh bank umum, asuransi, atau penerbit jaminan. Namun Pejabat Pembuatan Komitmen atau PPK  lebih suka bila surat jaminan pelaksanaan dibuat oleh bank umum. 

Jaminan pemeliharaan 

Pada dasarnya, jaminan pemeliharaan atau maintenance bond ini mirip dengan garansi produk. Di mana, surat jaminan berfungsi untuk menjamin pelaksanaan pemeliharaan yang diberikan oleh penyedia jasa guna memperbaiki kerusakan setelah pekerjaan selesai. 

Jaminan sanggah banding 

Jaminan sanggah banding adalah protes dari penyanggah kepada KPA atau Kredit Pemilikan Apartemen atas pengadaan pekerjaan konstruksi yang tidak setuju atas jawaban sanggah. 

Fungsi dari jaminan ini yakni menjamin segala kewajiban atas pertanggungjawaban sanggah seperti tertuang dalam dokumen yang telah disepakati bersama. 

Ketentuan Penggunaan Surat Jaminan 

Surat Jaminan

Penggunaan surat jaminan tidak bisa asal-asalan. Ada aturan atau lembaga khusus yang dapat membuat jenis surat jaminan tertentu. Lebih lengkapnya, berikut uraian penjabarannya:

  • Surat jaminan uang muka dapat digunakan pada sektor pengadaan barang dan jasa, kontruksi, dan konsultasi. 
  • Jaminan penawaran hanya dapat digunakan pada sektor atau bidang konstruksi. 
  • Jaminan pelaksanaan umumnya digunakan dalam bidang pengadaan barang dan jasa, konstruksi, serta jasa lainnya. 
  • Pembuatan atau penggunaan jaminan pemeliharaan hanya dapat dilakukan pada sektor konstruksi dan jasa. 
  • Semetara, jaminan sanggah banding umumnya digunakan pada bidang konstruksi saja. 

Bentuk Jaminan 

Terdapat dua istilah saat membahas sifat surat jaminan, yaitu assurance dan insurance. Assurance sendiri sifatnya memberi jaminan atas risiko pada aktivitas dan pekerjaan yang sudah pasti, seperti pengadaan barang dan jasa, perdagangan, serta eksport import. 

Sementara, insurance sifatnya memberikan jaminan atas risiko pada aktivitas yang mungkin terjadi di masa mendatang. Contoh kasusnya ialah kecelakaan atau kebakaran. 

Meski rentan waktunya berbeda, tetapi kedua jaminan tersebut memiliki risiko yang tak terelakkan. Oleh karena itu, wajar bila dibuat bentuk jaminan berdasarkan sumber penjaminnya agar semua pihak mendapatkan manfaatnya. 

Berikut bentuk jaminan yang perlu Pins ketahui:

Retensi 

Retensi adalah bentuk jaminan berupa uang, baik mekanisme setor atau penahanan pembayaran. Jika dilihat dari sisi likuiditas, retensi lebih mudah dicairkan. Namun sayangnya tak semua surat jaminan dapat berbentuk retensi. 

Menurut Perpres 54/2010, retensi hanya dapat digunakan untuk jaminan pemeliharaan. 

Garansi 

Garansi adalah jaminan jaminan tertulis yang dikeluarkan atau diberikan oleh pihak bank kepada nasabah. Untuk mendapatkan garansi, seseorang harus menyerahkan agunan berupa aset atau tabungan dengan nominal yang jumlahnya sama dengan jaminannya. 

Dari sisi likuiditas, garansi bank tidak memiliki banyak risiko. Sebab nasabah juga memiliki uang atau aset di bank tersebut. 

Surety bond

Surety bond umumnya diterbitkan oleh perusahan asuransi atau lembaga penerbitan jaminan yang mempunya izin dari OJK. 

Kontra garansi atau Back to Back Guarantee

Kontra garansi adalah jaminan berbentuk sertifikat garansi dari bank, tetapi syarat agunannya berupa aset atau tabungan dengan jaminan surety company. Secara sederhananya, kontra garansi bisa dibilang sebagai gabungan surety bond dan garansi bank. 

Bentuk-bentuk jaminan di atas umumnya digunakan pada surat jaminan pengadaan barang dan jasa. Bukan opsi yang dipersyaratkan oleh PPK. Oleh karena itu kebebasan memilih bentuk jaminan diserahkan sepenuhnya oleh penyedia. 

Nah itu tadi beberapa uraian mengenai surat jaminan yang bisa menjadi referensi. Semoga membantu dan dapat memberikan sedikit pencerahan. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Lea Lyliana

Editor: Achlisia