Kamus Istilah Properti

Escrow

istilah properti

Escrow

Escrow adalah dokumen yang memuat perjanjian mengenai aset-aset (dapat berupa uang) yang dititipkan sementara pada pihak ketiga, sampai ketentuan-ketentuan dalam kesepakatan terpenuhi.

Apa Itu Escrow?

Escrow adalah dokumen yang memuat perjanjian mengenai aset-aset (dapat berupa uang) yang dititipkan sementara pada pihak ketiga, sampai ketentuan-ketentuan dalam kesepakatan terpenuhi. Biasanya escrow terwujud dalam escrow account yang disediakan oleh pihak ketiga sebagai tempat penitipan sementara aset-aset Pins. Escrow account merupakan rekening bersama yang dikelola oleh pihak ketiga ini. Bukan hanya itu saja, pihak ketiga juga harus memastikan bahwa seluruh pihak yang terlibat wajib memenuhi kewajiban dan memperoleh haknya. 

Salah satu contohnya, jika Pins melakukan transaksi pembelian barang melalui situs jual beli online atau e-commerce. Maka pihak ketiga akan menerima sejumlah dana sesuai dengan harga barang yang Pins beli beserta biaya pengiriman. Dana tersebut ditampung dalam akun escrow Pins sampai penjual mengirimkan barang ke tangan Pins. Jika barang sudah Pins terima, pihak ketiga akan melepaskan dana kepada penjual. Bagaimana? Sudah mulai familiar dengan sistem ini? Yuk, kita lanjutkan ke fungsi dan kelebihan escrow.

Fungsi Escrow

Escrow
sumber: your story

Salah satu dari kekhawatiran banyak orang mengenai escrow account adalah keamanan dari penitipan aset.  Faktor keamanan juga lah yang menjadi nilai lebih pada sistem ini. Seperti yang telah dibahas sebelumnya, dengan adanya escrow pembeli tidak akan mudah tertipu, karena dana tidak akan langsung dilepaskan kepada penjual sampai barang benar-benar sampai ke tangan pembeli. Begitu juga penjual yang tidak perlu khawatir bahwa dana tidak akan masuk karena dana telah ditetapkan melalui escrow account. Jika salah satu pihak tidak memenuhi kewajibannya, maka aset atau dana tidak akan lenyap begitu saja sehingga baik pihak penjual maupun pembeli tidak mengalami kerugian. 

Kelebihan Escrow

sumber: Unsplash

Selain faktor keamanan tadi, terdapat beberapa kelebihan lainnya yang dimiliki escrow. Ini dia kelebihannya.

1. Keadilan

Keadilan disini tercapai apabila kedua belah pihak memenuhi kewajibannya. Dengan escrow account, saat penjual benar-benar mengirimkan barangnya, penjual akan menerima hak nya yaitu uang. Begitu pula sebaliknya dengan pembeli, saat pembeli memenuhi kewajiban untuk membayar, pembeli akan mendapat haknya, yaitu barang atau jasa yang ia beli. Adil, bukan? 

2. Meminimalisir Kerugian

Dengan akun escrow, baik penjual maupun pembeli dapat meminimalisir kerugian yang mungkin terjadi. Jika pembeli tidak puas atau merasa barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan, pembeli dapat mengajukan pengembalian barang sehingga membuat dana tidak dilepaskan oleh pihak ketiga kepada penjual. Begitu juga dengan penjual, pihak penjual tidak akan mendapat notifikasi untuk pengiriman barang jika pembeli tidak melakukan pembayaran dari barang yang dipesan. 

Cara Kerja Escrow

sumber: Freepik

Escrow bekerja dengan adanya rekening bersama. Selain itu, seiring berkembangnya zaman dan kebutuhan, terlebih transaksi online yang semakin banyak, escrow semakin menjadi andalan dan dikembangkan fungsinya. 

Untuk Pins yang penasaran bagaimana cara kerja escrow, tenang saja. Simak penjelasannya di bawah ini.

  1. Pihak yang akan melakukan transaksi akan melakukan kesepakatan untuk menggunakan layanan escrow account agar keamanan transaksi terjamin. Namun, perlu diperhatikan bahwa masing-masing pihak memahami cara kerja escrow account.
  2. Setelah pihak pembeli memilih barang atau jasa yang akan dibeli, pembeli akan memilih metode pembayaran. Biasanya pihak ketiga atau agen escrow menyediakan beberapa metode pembayaran seperti melalui mobile banking, transfer, dan pembayaran secara tunai melalui agen-agen tertentu.
  3. Setelah pembeli melakukan pembayaran, dan akan masuk ke dalam akun escrow.
  4. Agen escrow akan menampung dan menyimpan uang yang telah dibayarkan dalam periode tertentu.
  5. Setelah itu, agen escrow akan memberitahukan kepada pihak penjual bahwa pembeli telah melakukan pembayaran dan meminta penjual untuk segera melakukan pengiriman barang kepada pembeli. 
  6. Kemudian, penjual akan melakukan pengiriman barang kepada pembeli. Informasi ini akan diberitahukan kepada pembeli bahwa barang yang telah dalam pengiriman. 
  7. Jika barang yang dikirim sudah diterima oleh pembeli dan pembeli telah menerima barang tanpa komplain, maka agen escrow atau pihak ketiga akan memberikan atau melepaskan dana kepada pihak penjual. 

Penyedia Jasa Escrow

Terdapat beberapa jenis penyedia jasa escrow. Jasa escrow dapat diberikan oleh perseorangan atau individual escrow, perusahaan berbadan hukum atau escrow company, dan juga dilakukan oleh bank. Kini telah banyak bank komersial yang menyediakan jasa escrow bagi nasabahnya sebagai bagian dari teras activities. Jasa escrow yang diberikan oleh bank mencakup setoran tunai, jaminan, dan dokumen untuk kepentingan satu atau beberapa pihak. 

Tugas Agen Escrow

escrow
(Pexels)

Tentu anda penasaran bukan? Apa saja sih tugas dari agen escrow selain sebagai pengelola aset. Karena sesungguhnya tugas agen escrow  bukanlah mengelola aset saja, namun juga terdapat beberapa hal lain seperti : 

  1. Agen escrow harus secara ketat menjalankan tugas sesuai dengan uraian dalam instruksi secara rinci untuk mencegah terjadinya kesalahpahaman. 
  2. Agen escrow harus mematuhi setiap persyaratan yang ditetapkan oleh instruksi escrow. Apabila terjadi kesalahpahaman atau perbedaan penafsiran yang tidak dapat diselesaikan dengan musyawarah, maka agen escrow dapat mengajukan perselisihan tersebut ke pengadilan untuk mendapatkan keputusan secara sah di mata hukum.
  3. Apabila seluruh persyaratan pada instruksi extra telah terpenuhi, maka agen escrow harus menyerahkan seluruh dokumen, surat berharga, barang, atau dana kepada pihak yang berhak.

Itulah informasi mengenai apa itu escrow, apa fungsinya, dan bagaimana cara kerjanya. Semoga berguna ya, Pins!