Kamus Istilah Properti

Warranty

istilah properti

Warranty

Warranty adalah sebuah janji atau jaminan yang merupakan bagian dari kontrak. Warranty juga kerap diartikan sebagai penggantian atau perbaikan barang maupun jasa. 

Apa Itu Warranty?

(Jakarta Review)

Warranty adalah sebuah janji atau jaminan yang merupakan bagian dari kontrak. Warranty dibuat sebagai tindak antisipasi jika terjadi pelanggaran atau menimbulkan kerugian, baik untuk tertanggung atau penanggung. 

Bila warranty dilanggar, maka pihak yang dirugikan dapat menutut atas kerugian yang ia dapat. 

Selain pengertian di atas, warranty juga diartikan sebagai penggantian atau perbaikan barang maupun jasa. Istilah warranty banyak digunakan dalam asuransi maupun penjualan produk seperti kendaraan bermotor.

Dalam polis asuransi, warranty dibuat oleh dua belah pihak, yakni si tertanggung dan si penanggung. Keduanya harus melaksanakan semua kewajiban tertulis dengan penuh tanggung jawab. 

Secara singkatnya, warranty dalam polis asuransi didefinisikan sebagai janji yang harus dipenuhi tertanggung untuk menyepakati beberapa hal, seperti: 

  • akan melakukan sesuatu,
  • tidak akan melakukan sesuatu,
  • suatu fakta yang dinyatakan ada, atau
  • suatu fakta yang dinyatakan tidak akan ada.

Sementara pada produk khususnya kendaraan, warranty lebih mengacu pada janji produsen kepada konsumen untuk perbakan atau penggantian barang yang mereka produksi. Hal tersebut umumnya mencakup beberapa kriteria, seperti cacat produk atau kualitas barang yang kurang bagus. 

Perbedaan Warranty dan Guarantee

(Konsultan Hukum)

Warranty kerap disamakan dengan guarantee atau garansi. Padahal sebetulnya keduanya berbeda. 

Guarantee atau garansi secara harfiah ialah jaminan kualitas dari produsen atau suatu produk yang dijual. Sementara warranty, lebih pada perbaikan dan atau penggantian barang. 

Selain dari definisi tersebut, warranty dan garansi juga memiliki perbedaan dalam produk atau jasa yang diklaim serta periode waktunya. Keduanya memiliki periode dan jenis jasa atau barang yang bisa digaransikan maupun di-warranty sesuai kesepakatan. 

Umumnya, warranty hanya memberikan kesempatan untuk mengklaim komponen khusus, misalnya bagian suspensi mesin mobil saja. Sementara, garansi bisa lebih luas daripada itu. 

Maka untuk mengetahuinya, alangkah lebih baik jika Pins menanyakan ketentuan tersebut kepada penjual atau produsen. Begitu pula dengan ketetapan waktu klaim atau periodenya. 

Jenis-jenis Warranty

(Sasambo Design)

Dalam bidang asuransi sendiri, warranty  dibagi menjadi dua jenis, yaitu: 

Express Warranty

Express Warranty adalah warranty yang dinyatakan dalam polis dengan menyebutkan bahwa formulir permintaan asuransi (SPPA) merupakan dasar perjanjian asuransi. 

Umumnya, SPPA berisi keterangan atau jawaban benar menurut pengetahuan dan keyakinan tertanggung. 

Salah satu contohnya ialah ketentuan polis asuransi properti. Seperti halnya, kewajiban untuk melakukan pengecekan rutin terhadap fungsi alat pemadam kebakaran.  

Implied Warranty

Selain express warranty ada pula implied warranty.

Implied warranty adalah tidak tegas yang tertulis atau dinyatakan dalam polis asuransi. Salah satu contohnya yakni kewajiban pengendaran sepada motor untuk memiliki Surat Izin Mengemudi atau SIM. 

Tujuan dan Contoh Penetapan Warranty

(Mbiz Market)

Penetapan warranty tentu tidak asal-asalan atau dibuat begitu saja.Menurut ahli, justru warranty sengaja dibuat dan ditetapkan untuk memenuhi tujuan khusus. 

Di bawah ini ada beberapa tujuan penetapan dan pemberlakuan warranty oleh penggang. Berikut uraian penjabarannya:

Warranty menjamin tertanggung untuk tetap menjaga dan mengelola objek pertanggungannya dengan baik 

Sebagai gambaran di bawah ini ada contoh warranty dengan tujuan di atas. Warranty ini banyak ditemukan dalam beberapa jenis asuransi. 

Contoh warranty dalam menjamin tertanggung:

  • Pekerja lapangan dengan risiko tinggi harus memakai peralatan keselamatan lengkap ketika bekerja. Misalnya, seorang buruh bangunan diwajibkan memakai helm proyek. 
  • Memastikan bahwa sistem alarm dan peralatan pemadam kebakan ringan atau sprinkles terpelihara dan berfungsi dengan baik.
  • Kunci safety box harus diamankan di lokasi lain. 
  • Adanya emergancy kit di kantor atau lokasi proyek bangunan. 

Warranty menjamin risiko besar tidak akan timbul tanpa sepengetahuan atau seizin si penanggung

Dalam hal ini penanggung bertanggung jawab penuh untuk mengetahui serta menjaga tertanggung agar terhindar dari risiko yang tidak diinginkan.

Biasanya, penanggung sudah memperhitungkan risiko tersebut dengan matang karena akan memengaruhi nilai premi. Konon, menurut penggangung, risiko-risiko tersebut sangat jarang terjadi atau bahkan tidak ada.

Berikut ini adalah pengaplikasian contoh warranty-nya pada beberapa produk asuransi: 

  • Dalam asuransi kesehatan umumnya mereka yang memiliki riwayat penyakit tertentu dilarang untuk melakukan aktivitas yang berisiko atau spesifik. 
  • Larangan merokok atau menyalakan api di area yang mudah terbakar, misalnya SPBU. 

Risiko jika Warranty Tidak Dilakukan

(Mister Exportir)

Warranty yang tidak dilakukan akan menimbulkan beberapa efek atau risiko yang cukup krusial. Berikut ini gambaran contohnya: 

  • Sampah yang tidak diangkut tepat waktu (biasanya malam hari) dapat menimbulkan risiko kebakaran jika ada orang yang membuat rokok di tempat tersebut. 
  • Seorang pencuri yang masuk ke dalam gedung karena tidak dipasang alarm atau ada layanan jaga. 
  • Kebakaran gedung yang cepat menyebar karena tidak menyediakan APAR atau alat pemadam kebakaran. 

Warranty menjadi satu hal yang sangat penting khusus dalam asuransi atau jual beli. Termasuk di asuransi properti. 

Jika warranty dilanggar oleh tertanggung, pihak penanggung dapat menolak tanggung jawab tersebut atas suatu klaim atau membatalkan polis asuransinya. Oleh karena itu, agaknya Pins dan kita semua mesti lebih bijak dalam menaati warranty yang sudah disepakti dalam kontrak. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea Lyliana

Editor: Achlisia