Kamus Istilah Properti

Smart City

istilah properti

Smart City

Smart city adalah area perkotaan yang memanfaatkan berbagai jenis sensor Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan dan mengelola data. Data tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengelola aset dan kepentingan masyarakat.    

Apa Itu Smart City?

Smart City
(Unsplash)

Kota Pintar adalah area perkotaan yang memanfaatkan berbagai jenis sensor Internet of Things (IoT) untuk mengumpulkan dan mengelola data. Data tersebut nantinya akan dimanfaatkan sebagai sarana untuk mengelola aset dan kepentingan masyarakat.    

Secara sederhananya, konsep kota pintar adalah kota yang yang terintegrasi dengan teknologi dalam tata kelola sehari-harinya. Tujuan dari dibuatnya konsep kota pintar ini ialah untuk meningkatkan efisiensi, memperbaiki pelayanan publik, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Konsep kota pintar ini kini digadang-gadangkan di banyak negara, termasuk Indonesia. Secara konsep dan gambaran, kota pintar ini memang cukup menarik. Namun ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkannya. 

Fungsi Smart City

Smart City
(Unsplash)

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa konsep kota pintar ini dibuat untuk menciptakan aktivitas sehari-hari yang lebih efektif dan efisien. Hal ini tentunya diperlukan mengingat pertumbuhan penduduk perkotaan yang semakin pesat. 

Berikut ada beberapa fungsi dari penerapan kota pintar yang perlu Pins ketahui. 

Lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan data 

Data yang terhimpun dari perangkat IoT memungkinkan pemerintah untuk mengakses sejumlah informasi yang sebelumnya tak tersedia. Hal tersebutnya tentunya dapat menjadi bahan pertimbangan serta pengambilan keputusan yang lebih baik. 

Mengurangi kerusakan lingkungan

Dengan teknologi IoT, pemerintah dapat menerapkan sensor kualitas udara yang mampu menyajikan data dengan lengkap. Seperti pelacakan waktu, cuaca, udara, serta identifikasi polusi, dan analisis data yang berisi simpulan atau upaya atas tindakan yang akan ditempuh. 

Dengan demikian, maka kualitas udara di sebuah smart city bisa terkontrol dan terjaga kestabilannya. Jadi, kerusakan lingkungan pun dapat turut dicegah. 

Memberikan rasa aman

Konsep smart city diharapkan dapat membuat masyarakat lebih aman karena teknologi yang digunakan sudah cukup canggih. Misalnya, penerapan Intelligent Video Analytics (IVA) untuk bantu mengurangi aktivitas kriminal. 

Teknologi tersebut dapat menangkap data seperti plat motor hingga pengenalan wajah dengan cepat. Ketika smart city diterapkan, maka peralatan berbasi teknologi akan sangat membantu dalam mengurangi tindak kriminal. 

Indikator Smart City

Smart City
(Pexels)

Mewujudkan smart city tentu tidak mudah, khususnya untuk Indonesia sendiri. Untuk mencapainya,Indonesia harus menerapkan setidaknya enam indikator kota pintar.

Berikut enam indikator smart city menurut Beesmart City, perusahaan penyedia solusi perkiraan asal Jerman.   

Smart Economy 

Penerapan smart economy merupakan satu syarat yang harus dipenuhi untuk menciptakan kota pintar. Salah satu contoh dari smart economy yakni mendorong perkembangan ekonomi melalui industri kreatif dan digital. 

Harapan, dengan adanya teknologi digital, banyak peluang usaha baru yang muncul dan dapat menjadi solusi efektif untuk masalah perkotaan. 

Walau demikian, solusi tersebut tidak hanya berhenti pada industri kreatif saja. Namun juga keseluruh iklim bisnis lainnya. Oleh karena itu, pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat bekerja sama untuk menarik daya tarik kota dan investor. 

Smart Environment 

Smart Environment atau lingkungan pintar juga menjadi hal yang harus dilakukan untuk mewujudkan smart city. Beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mewujudkannya yakni dengan menerapkan waste management, water management, serta energi alternatif yang ramah lingkungan. 

Nah, di sinilah peran pemerintah benar-benar dibutuhkan. Walau tentunya tidak lepas juga dari dukungan dan peran masyarakat. 

Salah satu hal yang bisa masyarakat umum lakukan untuk mendorong program ini yakni dengan melakukan daur ulang sampah atau mengurangi penggunaan plastik. 

Smart Government 

Guna mewujudkan kota pintar, maka pemerintah harus memfasilitasi segala perubahan dan perkembangan dengan baik. Misalnya, mendorong perkembangan UKM dan industri kreatif. 

Dengan hal ini, harapannya masyarakat bisa percaya dan pemerintah pun lebih transparan terhadap segala wewenang dan perubahan kebijakannya. 

Smart Living 

Smart living bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Cara mewujudkannya bisa dilakukan melalui berbagai metode, seperti memberikan informasi dan fasilitas kesehatan yang layak serta mengurangi penyebaran berita bohong. 

Smart Mobility

Sesuai dengan namanya, smart mobility berfokus pada peningkatan saran dan kualitas transportasi masyarakat. Sebagai contohnya yakni adanya MRT dan LRT di Jakarta yang dipandang sebagai solusi untuk mengurangi macet.

Walau demikian, permasalahan setiap daerah dan kota berbeda-beda. Jadi, solusi atau pengembangan transportasinya pun mesti disesuaikan dengan keadaan. 

Smart People 

Kelima indikator di atas tidak ada terwujud tanpa adanya smart people. Oleh karena itu, diharapkan pemerintah dan masyarakat umum dapat bekerjasama untuk mewujudkan kota pintar yang diidam-idamkan. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung Indonesia supaya lebih maju. 

Dilansir dari laman Bisnis.com, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono justru menyebutkan bahwa ada delapan indikator smart city. Antara lain adalah, smart development planning, smart green open space, smart transportation, smart waste management, smart water management, smart building, dan smart energy.

Delapan indikator tersebut merupakan inovasi dari konsep green city yang digabungkan dengan IoT. 

Tantangan Indonesia dalam Mewujudkan Smart City 

(Pexels)

Tak mudah untuk dapat mewujudkan smart city begitu saja. Harus ada langkah-langkah konkret yang mesti dilakukan supaya smart city bisa tercapai. 

Bagi Indonesia sendiri, seperti sumber daya manusia menjadi satu hal yang harus diperhitungkan. Pastikan, seluruh masyarakat dan pemerintah siap untuk menghadapi perubahan yang mungkin terjadi. 

Salah satu upaya yang bisa dilakukan pemerintah yakni dengan melakukan sosialisasi dan pendekatan kemungkinan kondisi di masa depan. Tak perlu pusing, media sosial bisa dimanfaatkan untuk sarananya. 

Jika seluruh masyarakat dan pemerintah siap, niscaya tak sulit untuk memenuhi indikator kota pintar lainnya. Dengan catatan, harus ada perubahan yang berarti setiap waktunya, meski hanya perlahan. 

Nah itu tadi ulasan mengenai smart city yang perlu Pins ketahui. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Lea Lyliana

Editor: Iko