Kamus Istilah Properti

Shear Wall

istilah properti

Shear Wall

Shear wall adalah elemen vertikal dari sistem penahan gaya gempa, biasanya terbuat dari struktur slab beton bertulang yang terpasang di tiap sisi gedung khusus.

Apa Itu Shear Wall?

shear wall
(Project Medias)

Dalam teknik struktur, shear wall adalah elemen vertikal dari sistem penahan gaya gempa yang dirancang untuk menahan gaya lateral dalam bidang, biasanya angin dan beban seismik. Dinding geser ini umumnya terbuat dari struktur slab beton bertulang yang terpasang secara vertikal di setiap sisi gedung khusus. 

Tak hanya memakai beton bertulang, dinding ini juga seringkali memakai pasangan bata bertulang, pelat baja dan kayu yang sudah dibingkai ringan maupun telah diperkuat menggunakan panel geser

Biasanya, shear wall diaplikasikan pada high rise building, terutama pada gedung berlantai minimal 20. Pembuatan shear wall sangat berguna dalam menambah kekakuan pada struktur serta penyerapan gaya geser yang besar.

Pemasangannya diletakan di dinding luar maupun inti yang menjadi partisi bagian tangga atau ruang lift. Ada beberapa karakteristik perencanaan shear wall, yaitu:

  • Kuat dan juga kaku
  • Disarankan tidak berseling tetapi sebaiknya menerus ke atas. 
  • Tetapi jika berseling atau tidak menerus, maka beban atau gaya horizontal yang ditahan harus disalurkan melalui lantai.
  • Untuk mendukung kekuatannya, maka sebaiknya balok keliling dan balok pondasi lebih diperkuat.  

Fungsi Shear Wall

(Structural Guide)

Berikut ini beberapa fungsi dari dinding geser pada konstruksi:

  • Menahan beban lateral yang dikenakan pada struktur yang disebabkan oleh gempa bumi, angin, hingga tekanan hidrostatik atau tanah lateral.
  • Cocok dipasang di negara rawan gempa.
  • Efisien dalam mengurangi biaya konstruksi.
  • Membantu mengurangi kerusakan yang disebabkan oleh gempa pada elemen struktural dan non-struktural, terutama pada jendela kaca dan bahan konstruksi.
  • Kekakuan pada struktur semakin bertambah.
  • Meminimalisir risiko kegagalan dinding eksterior.
  • Mendukung beberapa lantai gedung.
  • Struktur tidak runtuh sekalipun adanya gerakan lateral dalam gempa bumi.

Jenis-jenis Shear Wall

shear wall
(Research Gate)

Secara umum, ada tiga jenis shear wall yang sesuai dengan letak dan fungsinya, diantaranya:

Bearing Walls

Bearing walls akan mendukung sebagian besar beban gravitasi. Jenis ini juga memakai dinding partisi pada bangunan apartemen yang saling berdekatan.

Frame Walls

Berikutnya ada frame walls yang berfungsi untuk menahan beban lateral, di mana beban gravitasinya berasal dari frame beton bertulang. 

Umumnya, frame walls dibangun di antara baris kolom. 

Core Walls

Terakhir dinding geser yang seringkali diletakkan di bagian inti gedung seperti di bagian tengah yang diisi poros lift maupun tangga. 

Jenis Shear Wall Berdasarkan Materialnya 

shear wall
(Pinsentmasons)

Selain dilihat dari lokasinya, dinding geser juga dibedakan sesuai dengan materialnya. Berikut ini beberapa diantaranya:

Dinding Geser Beton Bertulang

Jenis yang pertama ini digunakan untuk bangunan tempat tinggal. Penguatan diberikan dalam arah horizontal dan vertikal. Tapi di ujung setiap dinding, palang ditempatkan rapat dan ditambatkan. 

Jadi, zona ujung dinding geser beton bertulang disebut elemen batas atau barbel. Ketebalan dinding dinding geser beton bertulang bervariasi tergantung pada banyak faktor seperti persyaratan isolasi termal bangunan, usia bangunan, jumlah lantai bangunan, dll.

Dinding Geser Blok Beton 

Selain itu, ada juga shear wall yang dibangun menggunakan balok beton berongga bersama dengan tulangan baja. Tulangan umumnya digunakan untuk memaksimalkan pengaruh pasangan bata beton terhadap beban gempa. 

Batang tulangan disusun melalui ruang balok beton baik dalam arah vertikal maupun horizontal. Setelah menempatkan batangan pada pasangan bata blok beton, nat beton segar dituangkan ke dalam ruang berongga dan dibiarkan mengeras.

Shear Wall Baja 

Di tengah kemajuan ilmu konstruksi, maka saat ini sudah banyak dinding geser yang terbuat dari baja. Terdiri dari dinding pelat baja, kolom batas dan balok lantai horizontal. 

Aksi dinding geser baja lebih seperti gelagar pelat. Dinding pelat baja bertindak sebagai badan gelagar pelat, kolom batas bertindak sebagai sayap dan balok horizontal bertindak sebagai pengaku gelagar pelat.

Plywood Shear Wall 

Terakhir material yang terdiri dari lembaran kayu lapis dan stud. Lembaran kayu lapis mentransfer gaya geser sementara stud menahan tegangan atau kompresi.

Selain itu, ada juga dinding geser Mid-Ply yang dilengkapi dengan lembaran kayu lapis tambahan yang disusun di tengah dinding kayu lapis normal dan serangkaian pasang stud ditempatkan di kedua sisi lapisan tengah.

Cara Memasang Dinding Geser

(Constructionor)

Mengingat fungsi utama dinding geser dirancang untuk menahan beban gravitasi atau vertikal dan beban lateral, maka pemasangannya harus mematuhi sejumlah unsur.

Menurut Constructionor, panduan pemasangan shear wall adalah sebagai berikut:

  • Jenis dinding ini secara struktural dikombinasikan dengan atap atau lantai.
  • Dinding lateral lainnya berjalan pada sudut kanan untuk memberikan stabilitas tiga dimensi pada struktur.
  • Dinding harus menahan gaya angkat karena hambatan udara.
  • Dinding ini menahan gaya geser yang mencoba mendorong dinding ke atas dan gaya lateral udara yang mendorong dinding masuk dan keluar dari struktur.
  • Sistem struktur dinding geser ini ekstra stabil.
  • Area pendukung relatif tinggi dibandingkan dengan struktur berbingkai RCC.

Itulah informasi mengenai shear wall yang dapat disampaikan. Hingga saat ini dinding geser merupakan komponen bangunan yang paling efektif menahan gaya lateral pada saat gempa bumi, kerusakan akibat angin kencang dapat diminimalkan oleh dinding geser akibat dampak gaya lateral akibat gempa.

Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.