Kamus Istilah Properti

Waterproof

istilah properti

Waterproof

Menurut kamus bahasa Inggris terjemahan bahasa Indonesia, waterproof berarti kedap air, tahan air, atau waterpruf. Secara lebih rinci, waterproof adalah tingkat ketahanan terhadap air yang umumnya diukur dalam satu IP atau Ingress Procection.

Apa Itu Waterproof?

(Le Fong)

Menurut kamus bahasa Inggris terjemahan bahasa Indonesia, waterproof berarti kedap air, tahan air, atau waterpruf. Secara lebih rinci, waterproof adalah tingkat ketahanan terhadap air yang umumnya diukur dalam satu IP atau Ingress Procection.

Istilah waterproof sendiri banyak digunakan dalam berbagai bidang, seperti kecantikan, fesyen, dan bangunan atau properti. Di bidang bangunan sendiri, waterproof umum digunakan pada cat dinding atau atap rumah. Bahkan kini istilah waterproof pada cat menjadi salah satu hal yang diunggulkan. 

Perbedaan Waterproof dan Water Resistence 

(Zierman Plumbing)

Waterproof seringkali disandingkan dengan water resistence. Sebab, keduanya sama-sama dikenal tahan air atau kedap air. Meski secara umum mirip, tapi sebetulnya waterproof dan water resistence berbeda. 

Berikut perbedaan waterproof dan water resistence yang perlu Pins ketahui.

Waterproof

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, waterproof merupakan tingkat ketahanan air yang diukur dengan satuan IP.

IP memiliki dua digi. Digit pertama menjelaskan ketahanan terhadap benda solid. Sementara, digit kedua mengindikasikan ketahanan produk produk terhadap benda cair. 

Sebagai contoh, bila ada produk berlabel 67, maka artinya ialah produk tersebut dapat menahan debu dan air sampai kedalaman satu meter. 

Untuk lebih rincinya, berikut ini ada IP rating chart yang bisa menjadi panduan. 

Water resistance

Sela istilah waterproof ketahanan air juga kerap dikaitkan dengan water resistence

Water resistance adalah tingkat ketahanan terendah jika dibandingkan dengan waterproof dan water repellent. Istilah ini umumnya digunakan pada produk jam tangan. 

Produk berlabel water resistance biasanya diciptakan sedemikian rupa agar air tidak merembes pada mesinnya. Namun sayangnya, ketahanan air yang dipasang cukup kecil. Jadi, biasanya hanya dapat menahaan terpaan air saat cuci tangan atau gerimis. 

Tips Mengaplikasikan Cat Waterproof 

(Electrical Courses 4U)

Dalam bidang bangunan atau properti sendiri, waterproof kerap ditemukan pada produk cat dinding. Meski umumnya cat waterproof bisa menahan air, tapi cara mengaplikasikannya tidak boleh asal-asalan. 

Jika metodenya keliru, cat waterproof tidak dapat bekerja maksimal serta membuat warnanya kusam dan pudar. 

Berikut tips mengaplikasikan cat waterproof supaya tahan lama. 

Rapikan permukaan dinding yang akan dicat

Sebelum mengaplikasikan cat waterproof, pertama-tama rapikan dulu bagian dinding yang akan dicat. 

Kamu dapat membersihkan permukaan dinding dari debu, minyak, jamur, dan cat yang menempel sebelumnya. Pastikan dinding sudah benar-benar kering sebelum dicat kembali. 

Cek retakan di seluruh bagian 

Sekalipun memakai cat waterproof, Pins tetap harus mengecek retakan pada dinding atau atap. Hal ini perlu dilakukan untuk mendukung kinerja dan efektivitas catnya. 

Kamu dapat mengecek ratakan sembari dibersihkan atau setelahnya. Cek retakan di seluruh bagian dinding atau atap. Bila menemukan retakan, maka tutup dulu dengan semen supaya dinding atau atap tidak bocor. 

Aplikasikan cat waterproof dengan benar

Setelah dua tahap di atas lakukan, maka kini saat mengaplikasikan cat waterproof-nya. 

Untuk pengecatan, kamu dapat menggunakan kuas, roll, atau semprot. Silakan gunakan alat mana pun yang menurutmu lebih mudah. 

Dalam penggunaannya, cat waterproof biasa diaplikasikan secara berlapis. Lapisan pertama, encerkan dahulu cat dengan air agar lebih menyatu saat dipoles ke tembok atau dinding. Setelah kering, Pins dapat memberikan lapisan kedua. 

Pada lapisan kedua, cukup gunakan cat waterproof tanpa campuran. Lakukan secara berulang agar lebih tahan air dan dinding atau atap tidak lembao. 

Rekomendasi Cat Waterproof

(Pexels)

Penting untuk melindungi dinding dan atap menggunakan waterproofing agar tahan air dan tidak mudah berjamur. Terutama pada musim hujan atau Pins tinggal di kawasan bersuhu dingin dan lembap. 

Di bawah ini ada beberapa rekomendasi cat waterproof yang bisa Pins pilih:

Dulux Weathershield Powerflex

Dulux bisa dibilang sebagai salah satu merek cat tembok anti air. Selain waterproof, cat tembok ini juga tahan dalam segala cuaca. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat hujan lebat atau kemarau panjang. 

Dulux Weathershield Powerflex memiliki satu keunggulan yang bisa menjadi bahan pertimbangkan. Konon, cat ini memiliki waktu pengeringan yang tidak lama, sekitar 4-6 jam saja. Tentunya, hal tersebut dapat memudahkanmu dalam proses pengecatan. Sebab, tidak perlu menunggu waktu yang lama untuk melapisi waterproofing-nya.

Pins dapat membeli cat Dulux Weathershield Powerflex mulai dari harga Rp299.000 per 2,5 kilogram. 

No Drop

Selain Dulux, ada pula cat waterproof merek No Drop yang bisa menjadi pilihan. Cat ini dapat digunakan pada berbagai permukaan selain tembok, seperti beton atau seng. 

Selain tahan air, cat ini juga antijamur dan sangat elastis. Jadi, bisa lebih hemat dan mudah diaplikasikan. Pins hanya butuh air bersih untuk mengencerkannya. 

Produk cat waterproof merek No Drop ini dapat dibeli dengan harga Rp45.000 per kilogram.

Aquaproof

Merek cat waterproof lain yang bisa kamu pilih aialh Aquaproof. Cat tembok ini memiliki banyak warna yang bisa disesuaikan dengan tema rumah. 

Cat Aquaproof dapat digunakan pada beragam permukaan, seperti dinding, atap, talang, serta bagian fasad rumah. Selain itu, cat waterproof ini juga tidak mudah cetak dan tahan dalam segala cuaca. Pins pun tidak perlu khawatir rumah akan bocor atau berjamur. 

Cat Aquaproof ini dapat Pins dapatkan dengan harga Rp49.500 per kilogram. Cukup terjangkau, bukan?

Nah, itu tadi beberapa penjelasan mengenai waterproof adalah apa mulai dari pengertian hingga panduan pengaplikasiannya. Semoga membantu ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Lea Lyliana

Editor: Achlisia