Kamus Istilah Properti

Accent Lighting

istilah properti

Accent Lighting

Accent Lighting merupakan jenis pencahayaan yang digunakan untuk memberikan sorotan pada suatu ornamen atau barang di dalam rumah. Umumnya teknik penyorotan cahaya ini mengandung unsur estetika.

Mengenal Accent Lighting

(Bolt Electric)

Pins, pernah melihat sebuah ruangan dengan pencahayaan yang sengaja diatur seperti gambar di atas? Nah, jadi ternyata sorotan lampu tersebut memang disengaja untuk menimbulkan kesan estetika yang kuat pada sebuah ruangan. Sorotan lampu tersebut juga akan memperkuat karakter suatu ornamen atau pola di dinding rumah. Untuk membuat sebuah lampu membentuk sebuah pencahayaan yang menarik, diperlukan teknik pemasangan lampu yang benar. Jenis pencahayaan seperti ini cocok digunakan di area ruang keluarga atau lorong rumah. Selain area internal, jenis pencahayaan seperti ini pun bisa digunakan untuk area eksternal.

Perbedaan Accent Lighting dengan Jenis Pencahayaan Lampu Utama

(Interior Design)

Jika lebih detail, kamu akan bisa melihat adanya perbedaan antara accent lighting dengan jenis pencahayaan lampu utama. Berikut ini beberapa perbedaan antara accent lighting dengan jenis pencahayaan. Yuk disimak!

Fungsi pencahayaan

Lampu utama berfungsi untuk memberikan penerangan pada sebuah ruangan. Tujuannya agar sebuah ruangan tidak gelap dan bisa menjadi lebih cerah. Sementara jenis pencahayaan dengan accent lighting  berfungsi untuk memperindah ruangan, sehingga lebih ke arah estetika. 

Lampu yang digunakan

Lampu yang digunakan untuk pencahayaan accent lighting umumnya berukuran kecil dan menggunakan warna-warna hangat. Sementara untuk lampu utama umumnya menggunakan warna yang lebih cerah seperti putih. 

Lokasi penempatan lampu

Lokasi penempatan lampu accent lighting biasanya diletakkan pada sudut-sudut ruangan. Sementara lokasi lampu utama umumnya diletakkan pada atap ruang tamu, ruang keluarga atau dapur. Tujuannya agar bisa menjangkau setiap sisi ruangan.

Bagian interior rumah yang cocok menggunakan Accent Lighting

(Interior Design)

Menghias rumah bisa menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Salah satunya adalah dengan mengeksplorasi cahaya untuk menghias ruangan. Berikut ini beberapa bagian dalam rumah yang cocok menggunakan accent lighting. 

Di Lemari TV

Kamu bisa meletakkan jenis pencahayaan ini di belakang lemari TV. Sorotan cahaya lampu tersebut akan membuat area belakang TV menjadi lebih berwaran dan lebih indah. Cara ini yang juga sering dilakukan oleh hotel sebagai upaya untuk memperindah tampilan kamar hotel

Di dinding bagian pojok

Selain di belakang televisi, kamu juga bisa menambah sorotan lampu di bagian pojok dinding rumah. Kamu hanya perlu memilih bagian pojok mana yang akan kamu pasangkan lampu. Setelah itu tentukan arah sorotan lampu yang akan kamu tuju. Penentuan ini penting sebagai upaya untuk memaksimalkan hasil sorotan lampu setelah selesai dipasang.

Di atas sofa 

Sofa pada ruang keluarga atau area nonton TV bisa kamu berikan elemen pencahayaan dengan sinar krem yang hangat. Kamu bisa meletakkan lampu di belakang sofa atau di bagian bawah.

Di belakang lemari dapur

Memasang lampu di belakang lemari dapur bisa menjadi opsi menarik untuk menghias dapur. Selain itu pemberian cahaya ini juga bisa menjadi sumber cahaya di malam hari ketika semua anggota keluarga sudah tertidur. Jadi, supaya memastikan dapur tidak gelap, ini bisa menjadi solusi pencahayaan yang tepat.

Bagian eksterior rumah yang cocok disorot dengan Accent Lighting

(Cari Kos)

Selain bagian interior rumah, kamu juga bisa menggunakan pencahayaan ini di luar rumah. Berikut ini beberapa bagian eksterior rumah yang bisa kamu jadikan spot khusus memasang accent lighting.

Pagar Rumah

(Lingkar Warna)

Pagar rumah umumnya bisa digunakan sebagai media untuk spot pencahayaan. Kamu bisa meletakkan lampu di sisi bagian bawah atau samping pagar.

Pilar 

Tiar atau pilar rumah yang terletak di teras bisa menjadi media untuk memasang lampu accent untuk menciptakan visual yang indah. Pastikan pemasangan lampu di pilar berada di bawah atap rumah ya Pins, agar ketika hujan lampu tidak korslet terkena air.

Tanaman

Tanaman juga bisa digunakan sebagai media untuk menerima sorotan lampu accent. Pada malam hari tanaman akan terlihat lebih indah dan memberikan aksen yang cantik pada taman. 

Dinding pojok rumah

Bagian dinding di luar rumah seperti taman bisa menjadi media untuk accent lighting. Kamu hanya perlu menentukan bagian dinding mana yang harus disorot.

Tips Membuat Accent Lighting

Untuk membuat jenis pencahayaan ini pada dasarnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu menentukan bagian mana yang akan dipasangkan lampu. Selain itu kamu pun menentukan arah sorotan lampu tersebut. Namun kamu harus memeprtimbangkan beberapa hal berikut ini sebelum memasang accent lighting.

  • Pastikan lokasi untuk memasang pencahayaan ini adalah area untuk bersantai atau istirahat. Hindari mengandalkan pencahayaan ini sebagai sumber utama cahaya di ruangan makan atau belajar. Hal ini karena cahaya bersifat temaram dan kurang cocok untuk area makan atau ruang belajar.
  • Pastikan lampu mempunyai pelindung yang kuat. Hal ini agar lampu bisa lebih awet dan terhindar dari kemungkinan yang merusak lampu.
  • Pilihlah lampu yang hemat energi agar tidak boros. Kamu bisa berkonsultasi dulu ke interior desain yang paham dengan accent lighting. 

Nah, itu saja Pins informasi mengenai jenis pencahayaan accent lighitng, semoga bermanfaat ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.