Kamus Istilah Properti

Multiplex

istilah properti

Multiplex

Multiplex adalah jenis kayu olahan yang diproduksi oleh pabrik yang digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi dan pembuatan perabot.

Apa itu multiplex?

(Indoho)

Kayu merupakan salah satu material yang cukup penting untuk membuat konstruksi ataupun membuat perabot. Dari zaman dahulu, kita sudah bisa melihat betapa efektifnya kayu alami digunakan untuk keperluan konstruksi dan membuat furnitur.

Saat ini, kita mungkin mendapati problem bahwa jumlah kayu alami yang ada di pasaran semakin sedikit peredarannya. Sedikitnya komoditas kayu alami membuat harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan beberapa dekade sebelum ini.

Makin tingginya harga kayu alami membuat industri mencari jalan keluar. Akhirnya, industri berhasil membuat produk-produk kayu olahan. Dan salah satu produk kayu olahan tersebut adalah multiplex.

Multiplex adalah jenis kayu olahan yang diproduksi oleh pabrik yang digunakan untuk berbagai keperluan konstruksi dan pembuatan perabot. Untuk membuat jenis kayu ini, industri menggabungkan beberapa lapisan kulit kayu kemudian di-press menjadi satu kesatuan yang utuh.

Jenis kayu olahan ini dikenal karena kekuatannya yang lebih tinggi daripada produk kayu olahan lain. Secara umum, material ini dapat bertahan hingga 10 tahun pemakaian.

Jenis-jenis kayu multiplex

(Furnitureku)

Di pasaran kita akan mendapati dua jenis kayu multiplex berdasarkan tingkat kekerasannya. Yang pertama adalah jenis soft wood dan yang kedua adalah jenis hard wood. Selain itu, ada juga jenis lain yakni multiplex dekoratif, exterior plywood, dan tropical plywood.

Soft wood

Jenis yang satu ini memiliki tekstur yang lunak. Yang membuatnya lunak tidak lain adalah jenis kulit yang digunakan dalam produksi. Beberapa nama kayu-kayu yang dipakai untuk pembuatan material ini antara lain adalah kayu sengon (kayu angsana) dan kayu Albasia Falcata (kayu jingjing).

Hard wood

Kebalikan dari soft wood, hard wood memiliki tekstur yang lebih keras dan lebih solid. Sama halnya dengan soft wood, yang membuat produk ini lebih keras adalah kulit kayu yang diolah.

Beberapa jenis kayu yang digunakan untuk membuat multiplex hard wood adalah kayu meranti. Ada juga beberapa kayu buah-buahan yang dipakai untuk memproduksi kayu olahan ini.

Multiplex dekoratif

Jenis yang satu ini digunakan khusus untuk dekorasi. Yang membuatnya berbeda adalah permukaannya yang lebih cantik dibanding dengan multiplex jenis lain. Lapisan kayu yang diletakkan paling depan pada kayu ini biasanya adalah kayu jati, kayu mahoni, kayu maple, hingga kayu oak.

Exterior plywood

Sesuai dengan namanya, exterior plywood merupakan kayu olahan yang dipakai khusus untuk eksterior. Dibandingkan dengan yang lain, multiplex ini lebih tahan terhadap kelembaban dan panas matahari. Biasanya, kayu ini diaplikasikan sebagai dekorasi pada pagar atau pintu gerbang.

Tropical plywood

Kayu olahan yang satu ini terbuat dari bahan yang hanya terdapat di kawasan Asia. Secara ketahanan, ia lebih baik daripada multiplex jenis soft wood. Jenis yang satu ini banyak ditemui di kawasan Asia.

Susunan veneer kayu multiplex

(Particleboard)

Veneer merupakan bagian-bagian lembaran kayu yang disusun sebelum pressing dilakukan. Setidaknya ada empat jenis lapisan veneer dari multiplex yakni face veneer, short core veneer, long core veneer, dan back veneer.

Face veneer

Pada multiplex, face veneer merupakan lembaran kayu yang disusun di bagian paling atas. Lapisan kayu yang diletakkan pada bagian ini memiliki ketentuan khusus yakni permukaannya halus dan tidak memiliki cacat. Biasanya, kulit kayu untuk keperluan bagian ini didapatkan menggunakan serut kayu yang memanjang.

Short core veneer

Bagian yang satu ini ada di tengah-tengah susunan multiplex. Ia memiliki permukaan kasar, biasanya untuk mendapatkan lembaran ini serut kayu yang melebar digunakan sebagai alat pengupas. Biasanya, kita akan menemukan beberapa mata kayu yang busuk untuk lapisan ini.

Long core veneer

Long core veneer letaknya sama dengan short core veneer yakni di bagian tengah susunan. Yang membedakannya adalah pengupasan lembaran kayu ini menggunakan alat serut kayu yang memanjang.

Back veneer

Sesuai dengan namanya, back veneer diletakkan di susunan paling belakang dari multiplex. Ia memiliki permukaan yang halus seperti face veneer. Yang membedakan adalah pada bagian ini biasanya terdapat patching akibat busuknya mata kayu.

Kelebihan dan kekurangan

(Tagar Berita)

Kelebihan

Kayu multiplex memiliki banyak sekali keunggulan. Beberapa keuntungan menggunakan material ini akan dipaparkan pada poin-poin di bawah ini:

  • Kayu olahan ini punya daya tahan yang sangat baik. Jadi, ia tidak akan mudah untuk rusak.
  • Multiplex tidak akan mudah menyusut atau memuai. Hal ini dikarenakan material ini memiliki stabilitas yang baik.
  • Sistem pressing dan bahan perekat yang digunakan sangat baik.
  • Ketika dipasangi sekrup atau paku, kayu ini dapat menahan dengan baik benda-benda tersebut.
  • Tidak mudah untuk rusak ketika terpapar air. Kayu lapis ini memang tidak mudah untuk menyerap air.
  • Bisa digunakan untuk kebutuhan di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Kekurangan

Setelah mengetahui kelebihannya, ada baiknya kita mengetahui kekurangan dari material ini. Kekurangan-kekurangan yang dimaksud antara lain adalah:

  • Jenis mulitplex yang keras akan lebih sulit untuk dipotong.
  • Kita perlu untuk menerapkan finishing pada bagian tepi-tepi dari material ini. Agar layer-layer dari lapisan kayu yang tersusun pada material ini tidak merusak pemandangan, kita perlu melaminasi bagian tepi-tepi tersebut.
  • Sulit untuk mendapatkan mutliplex yang tepi-tepinya halus. Hal ini dikarenakan kayu olahan ini terbuat dari lapisan-lapisan kulit kayu.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.