Kamus Istilah Properti

Plywood

istilah properti

Plywood

Plywood adalah produk olahan kayu berbentuk papan yang tersusun dari beberapa lapis kayu melalui proses perekatan dan pemampatan tekanan tinggi.

Apa Itu Plywood?

plywood
(Laser Cutting Jakarta)

Istilah plywood lebih populer dengan nama multipleks atau tripleks. Jika diartikan secara umum, pengertian plywood adalah kayu lapis yang menjadi salah satu produk kayu yang paling sering dipakai.

Material satu ini paling sering ditemukan sebagai material bangunan. Harga plywood sangat murah tetapi memiliki cukup banyak fungsi.  

Disebut dengan plywood atau kayu lapis karena material ini terdiri dari gabungan lapisan serat kayu dan kulit kayu (veneer), yang disusun dengan lapisan permukaan luar yang lebih kuat daripada lapisan tengah. Tujuannya supaya mampu mereduksi pemuaian dan tekanan tekuk.

Kemudian, lapisan ini disusun dan direkatkan dengan saling bersilangan membentuk sudut 90° antar lapisan yang berdekatan. Biasanya, lapisan ditumpuk dalam jumlah yang ganjil untuk menciptakan konstruksi yang seimbang sekaligus mencegah terjadinya pembelokan.

Jika dibuat menjadi lapisan dalam jumlah genap, maka menciptakan papan yang tidak stabil dan mudah terdistorsi. Setelah jadi, terakhir plywood juga dilakukan pengamplasan untuk menghaluskan permukaan lembarannya.

Perekatan dan jumlah lapisan veneer yang digunakan menentukan kualitas tripleks yang akan digunakan. Selama proses produksinya, kayu lapis ini menggunakan lem fenolik (lem tahan air).  

Maka dari itu, jika dilihat dari proses pembuatannya, plywood berbeda dengan MDF atau partikel board, yang biasanya menggunakan campuran dari serpihan-serpihan kayu solid, jerami, resin, dan material lainnya yang dipres menjadi lempengan.

Pins bisa menemukan berbagai jenis plywood yang terbuat dari material yang beragam, seperti kayu sengon, kayu sungkai, dan juga pinus. Olahan kayu ini dijual dalam bentuk lembaran dalam ukuran 120 cm x 240 cm dengan ketebalan 6 mm, 9 mm, 12 mm, 15 mm, 18 mm dan 24 mm.

Karakteristik Plywood

plywood
(Courtina)

Tripleks diciptakan dari kayu solid yang diproses menjadi lembaran tipis. Hasilnya, menciptakan produk olahan kayu yang khas dengan karakteristik sebagai berikut: 

  • Tidak mudah ditekuk
  • Lebih tahan cuaca
  • Mudah dibentuk 
  • Memiliki kepadatan yang lebih baik dibandingkan MDF atau partikel board
  • Memiliki fungsi yang beragam dan sangat fleksibel dalam penggunaannya..

Jenis-jenis Plywood

plywood
(Sampoerna Kayoe)

Di pasaran, Pins bisa membeli berbagai jenis tripleks atau plywood yang bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. 

Yuk, simak jenis tripleks yang paling umum ada saat ini: 

Melamin (Decorative Plywood)

Jenis satu ini bernama decorative plywood yang jika dilihat secara estetika memiliki tampilan yang indah sebagai papan kayu. Biasanya, melamin plywood dilapisi dengan bahan polyester, sehingga menghasilkan warna dan teksturnya yang lebih licin.

Pins bisa memakai jenis tripleks ini untuk memperindah ruangan agar terlihat lebih menarik. Ukuran triplek melamin bisa ditemukan dalam berbagai ukuran, mula dari besar, sedang dan kecil. 

Harga triplek melamin bisa dikatakan sangat terjangkau. Pins bisa membelinya dalam harga mulai dari Rp25.000 sampai Rp450.000 sesuai kebutuhan dan ukurannya.

Blockboard

Blockboard atau disebut juga dengan triplek meranti adalah jenis plywood yang dari tiga lapisan kayu kemudian digabung jadi satu. Maka dari itu, jenis triplek ini termasuk yang terkuat. Lapisan luarnya memiliki ketebalan 0,5-2 mm. 

Jenis kayu yang digunakan pada umumnya meranti solid dan kayu akasia yang membuat jenis ukuran blockboard menjadi kuat. 

Adapun kekurangannya yaitu arah seratnya yang sulit untuk dipotong. Pins bisa membeli triplek Meranti dengan ukuran papan triplek standar yaitu  2400 mm x 1120 mm. 

Teakblock

Teakblock adalah lembaran yang terbuat dari papan kayu jati yang ditumpuk menjadi satu-kesatuan. Mengingat material kayu yang digunakan adalah jenis jati maka harga yang mahal dan kualitasnya lebih kuat.

Selain itu, teakblock memiliki pilihan beragam. Pins bisa menggunakan Teakblock sebagai pelapis papan kayu karena memiliki daya tahan yang baik terhadap air dan benturan.

Particle Board

Berikutnya jenis papan yang dibuat dari hasil cetakan serpihan-serpihan kayu. Dibandingkan tipe blockboard, particle board tergolong tidak terlalu bagus karena rentan dengan air dan tidak tahan terhadap cuaca.

Tetapi, plywood jenis ini cocok untuk bahan baku furnitur yang nilainya ekonomis. Mengingat harganya murah dan kualitasnya paling rendah karena termasuk kelas menengah ke bawah.

MDF (Medium Density Fiberboard)

Jenis plywood ini dikenal dengan papan serat kayu. MDF adalah triplek dari campuran serat kayu lunak yang direkatkan memakai lem atau lilin. Kemudian setelah rekat, akan dicetak mesin menggunakan temperatur dan tekanan yang tinggi.

Pins bisa menemukan MDF sebagai material pembangunan. Bahannya padat karena memadukan bahan antara triplek softwood dan triplek hardwood.   

Multiplek

Jenis triplek berikutnya terbuat dari lapisan kayu yang sudah ditekan atau press dengan mesin berkekuatan tinggi. Multiplek memiliki kerapatan yang baik dan juga solid. 

Pins bisa memilih multiplek karena memiliki kerapatan yang baik. Sebab, makin rapat pori-pori dalam kayu. Maka kekuatan kayu ini juga lebih baik dan bertahan.

Plywood WPC

Terakhir ada plywood WPC yang merupakan singkatan dari Wood Plastic Composite. Jenis ini  berukuran papan triplek yang memiliki ketahanan terhadap air yang sangat baik. 

Selain itu ketahanan terhadap benturannya juga terbilang baik. Jenis triplek WPC cocok dipakai di area kamar mandi. 

Harga Plywood di Pasaran

 plywood
(Crona)

Dengan karakteristik ini, tripleks cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan bangunan maupun pembuatan furnitur rumah tangga. Untuk pemakaian material bangunan, bisa dipakai untuk balok, lantai, panel, dan bekisting. 

Selain itu, plywood eksternal juga bisa digunakan berbagai macam keperluan eksterior rumah, seperti pelapis permukaan pintu atau dinding kelongsong. 

Lalu, tripleks digunakan juga sebagai material furniture, plafon, dan panel dinding. 

Selain fungsinya yang beragam plywood adalah material yang cukup ramah di kantong. Pins bisa membelinya dalam harga yang bervariasi tergantung jenis dan ukurannya. Lalu, berapa harga plywood? Simak daftarnya berikut:

  • Harga plywood tebal 3 mm, terbuat dari kayu albasia: Rp60.000 dan ketebalan paling tinggi 18mm sekitar Rp300.000 saja.
  • Harga plywood UTY super tebal 3 mm: Rp67.000 dan untuk ketebalan paling tinggi 18mm sekitar Rp265.000 saja.
  • Harga Plywood MC ketebalan 6 mm: Rp86.000. Lalu untuk ketebalan tertinggi 18 mm sekitar Rp230.000

Nah, itulah beberapa informasi mengenai plywood yang bisa Pinhome sampaikan. Pins bisa membelinya untuk berbagai kebutuhan. Terlebih, triplek tergolong material yang memiliki harga cukup murah. Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.