Kamus Istilah Properti

Montase

istilah properti

Montase

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), montase merupakan komposisi gambar yang dihasilkan dari pencampuran unsur beberapa sumber. Sumber tersebut bisa berwujud seperti karya sastra, karya musik, dan karya seni yang terjadi dari bermacam-macam unsur.

Apa itu montase?

Teknik atau proses montase juga dikenal sebagai montage art. Montage art ini bisa dilakukan secara digital dan non-digital. Untuk membuat montase digital, Pins dapat menggunakan perangkat lunak yang dapat membantu menggabungkan beberapa gambar atau video menjadi satu kesatuan yang memiliki keindahan dalam wujud dan makna cerita yang baru.

Sementara itu, montase non-digital atau manual dapat dilakukan dengan menggabungkan gambar dari majalah, potongan koran, foto, atau benda dua dimensi lainnya. Penggabungan material ini tidak hanya berhenti pada gambar berdimensi saja tapi juga bisa diterapkan pada sebuah karya film atau gambar bergerak lainnya.

Perbedaan montase, kolase, dan mozaik

Meski sama-sama terdapat proses menempel, montase, kolase, dan mozaik sering kali dianggap memiliki teknik yang sama. Padahal ketiga teknik tersebut memiliki perbedaan mendasar. Berikut perbedaan antara teknik montase, teknik kolase, dan teknik mozaik.

  • Teknik montase: Umumnya merupakan proses menempelkan gambar di atas gambar pada bidang datar sehingga membentuk makna atau cerita baru. Misalnya saja, Pins menggunting foto masa kecil kemudian menempelkannya di atas gambar pemandangan dari sebuah majalah. Nah, itulah yang disebut montase.

Sama halnya dengan potongan video atau gambar bergerak yang ditempelkan pada material yang sama. Melansir dari beragam sumber, teknik photomontage atau montage art pertama kali diperkenalkan oleh John Heartfield pada tahun 1915.

  • Teknik kolase: Berbeda dengan montase yang hanya menggabungkan materi yang serupa pada bidang datar. Kolase justru lebih memainkan bermacam-macam material atau mix media untuk ditempel dan digabungkan menjadi narasi baru.

Material tersebut bisa berupa gambar atau foto hingga benda-benda lainnya seperti kacang atau potongan kain untuk mempercantik karya. Seni kolase sendiri dikenalkan pertama kali oleh Picasso yang menciptakan karya seni adiluhung medio 1910.

  • Teknik mozaik:  Teknik mozaik sendiri akan banyak berkutat pada penggabungan materi yang serupa seperti pecahan keramik hingga kerikil yang kemudian dibuat menjadi bentuk baru.

Seperti misalnya, potongan keramik yang berbeda warna disatukan menjadi gambar ayam atau wujud lainnya sehingga tampak indah. Mozaik sudah ada sejak zaman kuno, teknik ini pertama kali muncul ketika peradaban Yunani dan Romawi.

Fungsi-fungsi montase

(Etsy)

Setiap karya seni pasti memiliki fungsi, nilai, dan makna di dalamnya. Begitu juga dengan montase yang tidak hanya mengandung nilai seni tinggi dan makna di setiap perpaduan gambar yang tercipta. Montage art juga menyiratkan fungsi di baliknya. Ini dia beberapa fungsi yang wajib diketahui:

  • Fungsi sosial

Photomontage atau montage art sudah pasti unik di mata masyarakat luas sehingga memiliki daya tarik yang kuat. Dengan begitu, fungsi sosial karya ini akan memicu kreativitas orang yang melihatnya dan terpanggil untuk mencoba membuatnya secara langsung. Apabila proses pengkaryaan berjalan dengan baik, pembuat karya ini akan mendapat dampak positif. Contohnya, menjadikan kegiatan berkesenian tidak hanya hobi tapi juga bisa menghasilkan pundi-pundi.

  • Fungsi ekspresi

Setiap orang pasti membutuhkan wadah untuk meluapkan emosi. Tapi, alangkah baiknya menumpahkan emosi dengan bijaksana. Seni menjadi salah satu metode yang patut dipertimbangkan. Membuat montase sesuai ekspresi diri tentu akan  membantu seseorang memproses emosi secara baik.

  • Fungsi edukatif

Selain jadi moda untuk mengelola emosi secara bijaksana, montage art juga memiliki sisi edukatif. Artinya, dengan berkesenian dapat memacu diri untuk selalu berpikir kreatif, mencari inovasi terbaru, menggali inspirasi sehingga tercipta karya yang autentik.

  • Fungsi praktis

Nah, tidak hanya berhenti pada proses pengkaryaan dan tercapainya kepuasan batin. Karya seni juga memiliki fungsi praktis lainnya seperti benda-benda rumah tangga lainnya. Montase sudah pasti dapat digunakan sebagai pajangan atau dekorasi dinding rumah. Selain mengisi kekosongan, estetika ruangan di rumah tentu akan menjadi hidup.

  • Fungsi psikologis

Seperti diketahui, melihat sebuah karya seni yang indah akan memanjakan mata dan menenangkan batin. Sudah banyak studi yang menjelaskan hasil serupa mengenai efek baik berkesenian pada psikologis. Hasil riset menunjukkan bahwa sebatas melihat karya seni saja sudah dapat menurunkan hormon stres atau kortisol dan meningkatkan hormon kebahagiaan atau dopamin.

Cara membuat montase untuk dekorasi rumah

Segudang fungsi montase beserta fakta dibaliknya sudah diketahui. Kini, saatnya membuktikan bahwa membuat montase tak perlu kemahiran seni tingkat tinggi. Hanya andalkan saja insting atau naluri untuk membuatnya. Berikut ini beberapa alat dan langkah membuat montage art manual yang dapat ditiru di rumah:

Alat-alat

  • Cutting board
  • Gunting
  • Cutter
  • Koran, majalah bekas, atau foto
  • Lem
  • Kertas putih atau bidang datar

Langkah-langkah

  • Tentukan tema
  • Pilih gambar atau foto di majalah yang akan dipadu-padankan
  • Potong material yang sudah dipilih
  • Setelah itu, tempel dan gabungkan sesuai tema yang sudah ditentukan
  • Jangan lupa untuk merekatkannya menggunakan lem secukupnya
  • Lakukan hal serupa sampai menemukan harmoni pada montase
  • Jika sudah, diamkan hingga lem kering sempurna
  • Apabila ingin menjadikannya sebagai dekorasi di rumah, dapat menambahkan bingkai atau frame

Itu dia pengertian montase, perbedaannya dengan kolase dan mozaik, fungsinya, hingga cara membuatnya untuk dekorasi rumah.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.