Kamus Istilah Properti

Superblok

istilah properti

Superblok

Superblok adalah konsep penataan ruang dengan memaksimalkan fungsi lahan.

Apa itu Superblok?

Superblok adalah konsep penataan ruang dengan memaksimalkan fungsi lahan. Biasanya konsep ini banyak digunakan pada properti-properti di wilayah perkotaan. Pada kawasan properti superblok, lahan yang terbatas akan dibuat menjadi beberapa fungsi, seperti pemukiman, lahan perdagangan, pusat perbelanjaan, pendidikan, bahkan hingga tempat rekreasi.

Nah, dengan berbagai fungsi lahan ini kawasan superblock disebut juga dengan kota mandiri (self contained city). Jadi di dalam sebuah kota, terdapat kota kecil (kawasan superblock) atau disebut juga dengan city within city.

Perbedaan Superblok dan Mix-Use

superblok
sumbr: Pixabay

Meski berbeda, banyak sekali orang yang menyamakan kawasan superblok dengan mix-use. Kedua jenis properti ini memang sedang banyak diminati akibat pertumbuhan penduduk yang dan kebutuhan akan lahan tempat tinggal yang meningkat.

Pada superblock biasanya akan memaksimalkan lahan yang terbatas dengan fasilitas yang sangat lengkap mulai dari properti hunian hingga fasilitas umum penunjang lainya. Pada mix-use adalah suatu bangunan yang memiliki beberapa fungsi dalam satu tempat. Jadi dalam satu bangunan terdapat beberapa fungsi seperti hunian, pusat perbelanjaan, pendidikan, dan masih banyak lagi. Hal ini sangat mempermudah penggunanya dalam memenuhi kebutuhan hidup karena tidak perlu ribet untuk pergi jauh.

Kelebihan Kawasan Superblok

superblok
sumber: David Mark dari Pixabay

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kawasan superblok memiliki berbagai macam fungsi lahan. Nah, dengan tinggal di kawasan superblock ini membuat Pin sebagai penghuninya dapat memenuhi kebutuhan hidup di suatu kawasan kecil, sehingga tingkat mobilisasi penghuni tidak terlalu tinggi. Tentu saja, hal ini akan sangat berdampak pada kualitas hidup, seperti jarak tempuh yang lebih efisien, hemat uang dan energi. Namun, terdapat beberapa keuntungan lain jika Pins memilih kawasan superblock, ini dia keuntungannya.

1. Tata Ruang Lingkungan Rapi

Pada kawasan superblok memiliki perencanaan tata ruang lingkungan yang cukup rapi. Biasanya pengembang sudah memperhitungkan jumlah properti residensial atau hunian dengan tingkat kebutuhan penghuninya. Jadi, tata ruang lingkungan akan disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

2. Fasilitas Lengkap

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pada kawasan superblok biasanya pengembang telah memperhitungkan tingkat kebutuhan penghuninya. Hal ini mulai dari kebutuhan fasilitas-fasilitas umum seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, hingga moda transportasi umum yang mudah diakses oleh penghuninya. Jadi, Pins tidak perlu pusing lagi memikirkan fasilitas yang terdapat dalam kawasan superblock.

3. Cocok untuk Investasi

Ya, kawasan superblok memang sangat menggiurkan bagi para investor. Karena properti di kawasan superblock memiliki nilai yang cukup tinggi dibandingkan dengan kawasan lainnya. Oleh karena itu, tidak sedikit investor yang sangat tertarik dengan investasi properti di kawasan superblock.

Pertimbangkan Hal-Hal Ini Sebelum Memilih Kawasan Superblok

sumber: Steve Buissine dari Pixabay

Meski kawasan superblok terlihat sangat menarik, terdapat banyak hal yang perlu Pins pertimbangkan untuk tinggal di kawasan ini.

1. Lokasi

Lokasi selalu menjadi hal pertama yang perlu Pins pertimbangkan dalam memilih properti, termasuk properti di kawasan superblok. Biasanya kawasan superblock memang berada di lokasi yang strategis, namun Pins perlu memeriksa apakah kawasan superblock yang akan Pins pilih mudah dalam mengakses transportasi umum, terutama jika lokasi pekerjaan Pins berada di luar kawasan superblock.

2. Investasi Jangka Panjang

Kawasan superblok umumnya memiliki nilai yang sangat tinggi. Mengingat kebanyakan lokasinya yang sangat strategis dan lingkupnya yang dapat membuat penghuninya memenuhi kebutuhan hidup dalam satu kawasan superblock. Sehingga, hal-hal tersebut menjadikan superblock menjadi investasi properti yang cukup menggiurkan.

3. Nilai Harga Tinggi

Meski cukup menggiurkan, properti pada kawasan superblok tidaklah murah. Properti-properti pada kawasan superblock memiliki nilai harga yang cukup tinggi. Bahkan kebanyakan melampaui rasio harga properti pada kawasan lain.

4. Track Record Pengembang

Hal lain yang perlu Pins pertimbangkan sebelum mengambil kawasan superblok adalah pengembang yang dapat dipercaya. Ya, karena pengembang sangat berpengaruh dalam menentukan apakah proyek superblock dapat berjalan dengan baik atau tidak, sesuai dengan tempo waktu yang telah ditetapkan atau justru terlambat. Lihatlah track record pengembang sebagai bukti bahwa pengembang telah memiliki jam terbang yang tinggi dan profesional.

5. Perhitungkan Masa Depan

Mengapa penting? Ya, Pins harus memperhitungkan masa depan kawasan superblok ini akan jadi seperti apa. Karena hal ini berkaitan dengan nilai properti yang akan Pins pilih sebagai investasi. Meski terkesan terlalu jauh, namun justru hal ini akan mematangkan rencana Pins untuk memutuskan apakah investasi ini layak untuk dipilih atau tidak. Pastikan kawasan superblock akan memiliki banyak fasilitas umum yang mempermudah penghuninya. Dengan begitu nilai dari properti di kawasan superblock tersebut juga akan meningkat seiring bertambahnya waktu.


Ingin mencari rumah minimalis impianmu? Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti mu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai konsultan.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kamu kemudahan membeli properti

Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.