Kamus Istilah Properti

Wainscoting

istilah properti

Wainscoting

Wainscoting adalah teknik dekorasi dinding dengan membagi dinding menjadi dua bagian tetapi bagian atasnya tetap menyambung.

Apa Itu Wainscoting?

Wainscoting
(Realtor)

Istilah wainscoting kemungkinan besar berasal dari kata Jerman yang berarti papan dinding. Secara umum wainscoting adalah teknik dekorasi dinding dengan membagi dinding menjadi dua bagian tetapi bagian atasnya tetap menyambung. 

Kayu untuk panel wainscot awalnya berasal dari jenis pohon oak yang kemudian dikenal sebagai wainscoting oak. Tetapi saat ini, panel dinding yang digunakan bisa dari kayu, GRC, dan plastik. 

Seni panel lis ini diadaptasi dari gaya Eropa yang bertujuan untuk melindungi dinding dari kelembaban. 

Supaya bisa dijadikan sebagai bagian dekorasi rumah, Pins bisa memilih bagian dinding yang paling sering terlihat seperti ruang tamu dan ruang keluarga.

Karakteristik Wainscoting

(True Value)

Untuk membedakannya dengan jenis dekorasi dinding lainnya, ada beberapa ciri wainscot yang bisa Pins kenali. Berikut ini diantaranya:

  • Panel dinding wainscot bisa dilepas dan dipasang
  • Umumnya memakai warna putih dan cream
  • Area yang dijadikan wainscoting adalah satu per tiga bagian dari seluruh ketinggian dinding
  • Terdiri dari 5 bagian yang membentuk bagiannya, yaitu Tutup Atas, Rel Atas, Stile, Tutup Bawah, Rel Bawah, dan Shoes.  

Jenis-jenis Wainscoting

Saat ini terdapat lima jenis wainscoting yang bisa diterapkan di dalam hunian. Mari simak penjelasannya berikut ini.

Wainscot Board and Batten

board & batten wainscoting

Jenis yang pertama yaitu wainscoting dari papan dan reng. Untuk jenis ini Pins bisa memakai panel datar dengan papan vertikal yang digunakan untuk menutupi sepertiga dinding rumahmu.

Polanya yang teratur dari papan cetakan vertikal lebar yang dikenal sebagai reng. Reng ini biasanya memiliki lebar 4 hingga 6 inci dan ditempatkan sekitar 6 hingga 10 inci terpisah satu sama lain. Selanjutnya reng juga digunakan untuk menutupi sambungan antar papan, reng tambahan juga dapat ditempatkan di antara sambungan untuk menambah gaya.

Tipe wainscot ini populer di rumah abad ke-20 garis-garisnya yang bersih dan penampilannya yang mulus sehingga membuat dinding lebih sempurna di rumah-rumah bergaya kontemporer.

Raised Panel Wainscoting

Raised Panel Wainscoting
(Archify)

Wainscoting panel yang ditinggikan pertama kali dipopulerkan di Inggris selama abad ke- 17 sebagai cara untuk melindungi rumah. 

Wainscoting panel yang ditinggikan dibedakan dengan panel yang ditempatkan di depan stiles dan rel. Tampilan akhir menghasilkan panel yang terlihat terangkat dari dinding. Jenis wainscoting merupakan gaya tertua dan paling umum digunakan di ruang tamu dan ruang makan di rumah-rumah tipe kolonial. 

Flat Panel Wainscoting

Flat Panel Wainscoting
(Fratantoni Luxury Estate)

Berikutnya merupakan jenis wainscot ini di mana panel yang ditempatkan di belakang stiles dan rel. Tampilannya lebih kontemporer menggunakan papan tanpa tepi atau cetakan miring, yang menyebabkannya terlihat lebih dalam daripada stile dan rel.

Untuk tipe ini, terlihat mulus di bagian depan dan tidak memiliki alur atau bevel. Terkadang flat panel dapat dibiarkan terbuka atau dapat ditutup dengan potongan kayu maupun logam.

Overlay Wainscoting

Overlay Wainscoting
(Pinterest)

Jenis overlay merupakan kombinasi dari panel datar dan raised panel. Langkah pemasanganya terlebih dahulu memasang flat panel kemudian panel tambahan dipusatkan di atasnya. Panel tambahan ini juga dapat dilapisi dengan cetakan untuk menambah gaya. 

Untuk gaya wainscot ini, Pins juga bisa memasang panel kayu datar dengan tepi berbentuk langsung di drywall itu sendiri. Wainscoting overlay meniru panel kayu solid yang sebenarnya dan dikaitkan dengan desain neoklasik. 

Beadboard Wainscoting

Beadboard Wainscoting
(HGTV)

Terakhir wainscoting beadboard dicirikan oleh alur vertikal yang panjang dan berkesinambungan ditambah dengan manik-manik terangkat yang berjarak sekitar setiap inci hingga dua inci. 

Umumnya, jenis beadboard terbuat dari papan tipis yang ditempatkan langsung di samping satu sama lain. Papan kecil ini biasanya berukuran sekitar 32 hingga 48 inci dengan lebar 4 inci dan saling bertautan dengan papan tetangganya menggunakan sistem lidah dan alur. 

Pilihan Material Wainscoting

Bahan yang digunakan juga menentukan tampilan wainscot setelah dipasang. Pins bisa memilih beberapa material sebagai panel dinding ini. Berikut ini diantaranya: 

Kayu Oak  

Kayu oak merupakan jenis material umum yang digunakan dalam pembuatan lis dinding. Wainscot asli dilakukan dengan jenis kayu oak. Karakteristik kayu ini lebih keras dengan rona emas. 

Noda dan pelapis dapat digunakan untuk mengubah warna kayu atau meningkatkan warna alaminya. Biasanya, kayu ek di-finishing dengan warna yang sedikit lebih gelap dan diwarnai dalam berbagai warna sesuai dengan desain rumah. 

Selain oak, Pins juga memakai kayu kenari. Jika memilih material kayu, pastikan pemasangannya dilakukan dengan hati-hati agar tidak retak dan muncul celah. 

MDF 

Papan MDF merupakan singkatan dari Medium Density Fiber. Material ini berupa olahan kayu papan biasanya digunakan sebagai pengganti dari plywood.

Potongan papan serat kepadatan sedang seperti kayu tetapi tidak mengembang, menyusut, melengkung, terbelah, atau memiliki simpul. MDF juga lebih tahan kelembaban sehingga cocok jika Pins ingin memasang wainscot di kamar mandi.

Plastik

Jenis plastik yang bisa Pins gunakan yaitu PVC dengan permukaan padat yang sama yang digunakan untuk meja dapur. Material ini ideal dipasang di kamar mandi, ruang cuci, dan sebagai backsplash di dapur dalam gaya bearboard.

Wainscoting plastik lebih keras, memiliki ketahanan air dan pertumbuhan jamur. Dibandingkan kayu, plastikl tidak akan melengkung dan membusuk. Perawatannya juga mudah, Pins hanya perlu mengelap debu dan juga noda-noda secara rutin 

Vinyl  

Vinyl wainscoting adalah alternatif pengganti kayu. Panel vinil lebih mahal daripada kayu karena mungkin sulit ditemukan. Bahannya tahan air, mudah dibersihkan, dan sangat tahan lama. Panel dinding dari vinyl cocok dipasang di kamar mandi dan dapur karena tidak rentan terhadap jamur dan lumut.  

Biasanya, panel dari vinyl berwarna putih, tetapi dapat dicat agar sesuai dengan gaya ruangan tempat pemasangannya. Panel vinil wainscoting tersedia dalam berbagai ukuran dan gaya pemasangan yang mudah. Bahkan ada panel reversibel yang tersedia, agar sesuai dengan gaya yang diinginkan dengan mudah. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.