Kamus Istilah Properti

Wall Moulding

istilah properti

Wall Moulding

Wall moulding adalah teknik dekorasi dinding dengan memakai list kayu yang dicetak sesuai bentuk yang diinginkan. 

Apa Itu Wall Moulding?

wall moulding
(The Spruce)

Teknik wall moulding bisa dijadikan cara untuk membuat rumah terlihat lebih rapi, elegan, dan juga cantik. Pemasangan list kayu pada dinding ini memiliki pola yang beragam dan bisa Pins sesuaikan dengan selera dan ukuran dinding. 

Pins bisa memakai wall moulding sebagai alternatif selain wallpaper untuk dekorasi dinding. Teknik dekorasi dinding ini memakai cetakan untuk memberikan berbagai bentuk yang diinginkan penghuninya. 

Cara pembuatannya dengan mengisi blok kosong dengan cairan, seperti logam, plastik, gelas, kemudian dibiarkan mengeras atau menetap di dalam cetakan (mold). Nah, Pins mengambil bentuknya. 

Jika Pins ingin mendapatkan kesan American Style, Victorian, atau tema klasik pada rumahmu, maka menerapkan wall mounding adalah pilihan yang tepat. 

Tak hanya itu, saat ini list kayu dinding ini juga banyak dipasang pada rumah bergaya minimalis. Selain kayu, saat ini banyak juga orang memakai moulding dari gypsum sebagai ciri khas rumah minimalist yang elegan.  

Kelebihan Wall Moulding

(The Home Depot)

Saat ini wall moulding menjadi bagian dari dekorasi dinding yang digemari banyak orang. Tak heran, teknik ini memiliki banyak kelebihan, terutama dalam menciptakan kesan yang mewah pada hunian. 

Berikut ini beberapa keunggulan buat Pins ingin yang memasang moulding di dinding rumah:

Kesan Elegan yang Tidak Berlebihan

Bagi Pins yang sedang memikirkan cara bagaimana menciptakan kesan mewah dan elegan tetapi tidak berlebihan, maka memasang wall moulding adalah cara yang paling tepat. 

Hasil dari pemasangan dekorasi dinding ini memang elegan, mewah, dramatis, tetapi tetap simpel. Bahkan lebih baik dibandingkan wallpaper.

Fleksibel di Semua Ruang

Di Indonesia, pemasangan list dinding ini memang seringkali ditemukan dipasang pada dinding ruang tamu. Hal ini karena ruang tamu memang selalu mendapatkan dekorasi khusus dibandingkan ruang lain. 

Tetapi sebenarnya pemasangan moulding bisa juga diterapkan pada dinding ruangan lainnya. Apalagi memang konsep rumahmu ala American Style. Pins bebas memasang wall decor ini di ruang makan, ruang keluarga, bahkan kamar tidur.

Mempercantik Ruang

Bosan dengan dinding ruangan yang polos dan monoton? Nah, tujuan utama pemasangan moulding tak lain untuk mempercantik ruang. Pins bisa mengkreasikan ragam list kayu dalam berbagai warna, seperti putih, cokelat, abu-abu, hitam, dan warna lainnya.

Warna ini tidak harus sama dengan warna dinding. Pins bisa memilih warna yang berbeda dengan warna dinding selama tidak terlalu mencolok sehingga kesan mewahnya tidak hilang. 

Memberi Koreksi pada Ruangan yang Tidak Rata

Kalau Pins memiliki dinding yang permukaannya tidak rata, maka wall moulding adalah cara yang tepat untuk menyembunyikannya tanpa harus membongkarnya.

Jadi, pemasangan moulding ini akan memberikan bayangan seakan-akan permukaan tersebut rata. Moulding menjadi cara yang tepat untuk menyembunyikan perbatasan dinding dan langit-langit, serta dinding dan lantai yang tidak rata.

Estimasi Harga Pembuatan Moulding Dinding

(Bob Vila)

Pembuatan wall moulding memang lebih baik menggunakan jasa pemasangan supaya lebih rapi dan meminimalisir kesalahan. Tetapi memang biaya membuat wall moulding terbilang mahal.  

Contoh perhitungan:

Harga wall moulding per meter di Jabodetabek yaitu Rp450.000 per meter lari. Dengan harga tersebut, spesifikasi kayu yang digunakan Meranti MC dengan tebal 2 cm dan lebar 4 cm. Hasil akhirnya cat wall moulding untuk harga ini yaitu semi duco.

Wall moulding ini akan dipasang di dinding berukuran 3 meter x 3 meter jadi 9 meter. Maka perhitungan harga wall moulding adalah sebagai berikut:

Biaya pemasangan moulding dinding = Rp450.000 x 9 meter = Rp4.050.000

Jadi, untuk dinding yang berukuran 9 meter memerlukan biaya kira-kira Rp4 jutaan. 

Cara Membuat Wall Moulding Sendiri

 wall moulding
(in Honor of Design)

Kalau ingin biaya yang lebih murah, Pins bisa membuat moulding sendiri. Yuk, simak tutorialnya berikut ini:

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat moulding dinding bergaya minimalis, Pins memerlukan alat dan bahan sebagai berikut:

  • 15 batang list profil kayu ukuran 2 cm 
  • 5 batang list profil kayu ukuran 4 cm (5 batang).
  • Alat ukur (meteran)
  • Alat potong (gergaji kayu) 
  • Palu
  • Lem sealant
  • Dempul yang digunakan sebagai tambalan pada kayu
  • Cat kayu dan kuasnya 

Cara Memasang Wall Moulding

Setelah Pins menyiapkan peralatan dan bahannya, mari memasang moulding dinding sendiri. Ini dia langkah-langkahnya:

  • Ukur dinding yang akan dipasang moulding. Setelah mengetahui ukurannya Pins bisa menandainya dengan pensil atau pulpen
  • Gunakan alat potong kayu untuk memotong list kayu sesuai dengan selera
  • Tempel kayu yang sudah dipotong itu memakai paku dan lem
  • Kemudian lakukan pengecatan memakai cat kayu

Jika ingin lebih menarik, Pins bisa menambahkan elemen dekorasi lain seperti cermin atau lukisan. Sebenarnya cara ini cukup mudah hanya memerlukan ketelitian agar desainnya tetap simetris dan sesuai dengan keinginanmu. 

Ide Desain Wall Moulding

Masih bingung bagaimana desain cetakan dinding yang bagus? Yuk lihat beberapa idenya berikut ini:

Dark Moulding yang Modern 

(Metrie)

Warna moulding tidak harus selalu putih. Ruang makan ini mencontohkan ide dinding aksen dengan warna hijau tua. Tak lupa akses trim yang memotong sudut tajam di sepanjang tepi langit-langit, lantai, dan jendela. 

Tak lupa juga perlengkapan lampu industri dan elemen desain yang lebih gelap di seluruh dapur ini. Ruangan ini terasa modern dan mewah. 

Tampilan Ala Bingkai Foto  

(Freepik)

Ide berikutnya Pins bisa menggunakan dinding moulding ala bingkai foto. Dinding aksen ini menampilkan ciri estetika desain modern. Tak ada lagi dekorasi yang menjemukan berkat tampilan bingkai foto kosong. 

Di antara kotak-kotak moulding Pins bisa memasang bingkai foto atau lukisan yang ukurannya pas dan tepinya lebih seragam.

Ruang Kerja yang Chic dan Minimal 

(Metrie)

Berikan kesan yang minimalis pada ruang kerjamu dengan tambahan wall moulding yang chic. Dinding aksen ini dipotong menjadi dua dengan rel kursi yang ditinggikan. 

Gaya ini merupakan pilihan yang cerdas karena ruangan tetap terasa hangat, cerah dengan nuansa biru yang lebih gelap.

Desain Moulding yang Asimetris 

(Interior Design Ideas)

Tidak ada aturan yang mengatakan Pins tidak bisa bersenang-senang dengan cetakan dan desain yang lebih rumit. Ruangan ini adalah contoh bahwa moulding dengan pola garis-garis yang asimetris bisa terlihat cantik.

Warna gelap yang kaya pada dinding aksen semakin sempurna dengan lampu hitam dan furnitur lain berwarna putih. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.