Kamus Istilah Properti

Infinity Pool

istilah properti

Infinity Pool

Infinity pool adalah kolam renang yang beberapa atau keseluruhan bagian tepinya didesain untuk terlihat menyatu dengan volume air di kolam.

Apa itu infinity pool?

(Compass Pools)

Kolam renang masih menjadi salah satu konstruksi yang sering dikaitkan dengan gaya hidup mewah. Hal tersebut tidaklah salah karena kolam renang merupakan konstruksi non primer untuk kebutuhan manusia. Ia lebih dekat dengan aktivitas yang menyenangkan dan santai. Keberadaannya di area-area hunian pun bisa merefleksikan kemapanan secara materi ataupun gaya hidup dari pemilik atau penghuninya.

Keterikatan kuat antara kolam renang dengan gaya hidup menjadi pemicu munculnya beragam desain dari konstruksi ini. Salah satu cerminan dari ikatan kuat tersebut tertuang dalam desain kolam renang cukup populer saat ini yakni infinity pool.

Infinity pool adalah kolam renang yang beberapa atau keseluruhan bagian tepinya didesain untuk terlihat menyatu dengan volume air di kolam. Jadi, mata yang memandang akan menangkap satu efek visual yakni tidak ada batas tepi dari konstruksi kolam ini. Karena efek visual ‘tiadanya tepi‘ tersebut, kolam ini punya beberapa sebutan yakni infinity edge pool atau zero edge pool.

Desain semacam ini jamak diaplikasikan pada bangunan-bangunan yang memiliki pemandangan natural menarik sampai pemandangan indah dari gedung-gedung bertingkat. Hotel, resort, hunian, dan bangunan-bangunan mewah sejenis merupakan contoh dari bangunan yang banyak menerapkan konstruksi ini.

Satu hal yang unik, ketika diterapkan pada bangunan yang menghadap laut, kolam renang ini bisa memberikan efek visual yakni bersatunya badan air di kolam dengan air yang ada di lautan. Sementara itu, ketika diterapkan di gedung tinggi, kolam ini bisa menampilkan efek visual bersatunya air dengan langit yang ada di sekitaran gedung.

Sejarah desain infinity pool

(Houzz)

Melansir garzablancarealestate.com, cikal bakal konsep desain infinity pool diklaim berawal di Perancis. Konstruksi yang dimaksud adalah salah satu kolam yang ada di Palace of Versailles (Istana Versailles) bernama Stag Fountain. Kolam tersebut dikonstruksi sekitar akhir abad ke-17 silam.

Sementara itu, pembangunan infinity pool yang pertama di dunia dilakukan oleh seorang arsitek asal Amerika Serikat yang bernama John Lautner. Lautner membangun kolam tanpa tepi pertama tersebut di awal dekade 1960-an. Desain infinity pool tersebut diterapkannya pada banyak proyek hunian yang ia kerjakan saat ini. Salah satu ‘kolam tanpa tepi’ yang ia buat bahkan masuk dalam sebuah scene film James Bond yang berjudul Diamonds Are Forever (1971).

Gambaran umum desain dan struktur infinity pool

(Architectural Digest)

Biaya pembuatan kolam renang ini akan sangat tergantung di mana ia akan ditempatkan. Jika akan dibangun di tempat-tempat berbahaya, maka dapat dipastikan pembuatannya akan memakan biaya lebih.

Biaya tersebut berkaitan dengan sistem pondasi dan struktur dari kolam yang harus dibuat lebih kokoh dan aman. Hal ini berkaitan dengan keamanan dari kolam tersebut ketika nanti digunakan.

Kita bisa menghemat biaya apabila menempatkan kolam ini di area-area standar atau area-area dengan risiko terkait keamanan yang cukup kecil.

Yang menjadi ciri khas dari struktur kolam renang ini adalah efek visual tanpa tepi yang dihadirkan. Efek visual tersebut tercipta dari pembuatan struktur tepiannya yang cukup unik. Tepian kolam ini dirancang untuk memiliki ukuran yang lebih rendah sekitar 0,6 hingga 0,7 centimeter dari permukaan air yang mengisi kolam.

Dengan tepian yang lebih rendah, maka akan sangat wajar jika air dalam kolam tersebut akan sering tumpah. Maka dari itu, dibangunlah sebuah struktur tambahan yang fungsinya menjadi wadah air yang jatuh dari kolam utama.

Kolam yang berfungsi sebagai wadah penampung air tersebut dibuat lebih rendah dari kolam utama. Ia juga akan dilengkapi dengan beberapa peralatan, seperti pompa air dan filter air. Nantinya, air yang terjatuh akan disaring terlebih dahulu kemudian didistribusikan lagi ke kolam utama melalui saluran yang tersambung dengan pompa air.

Kelebihan dan kekurangan

infinity pool
(Stoked for Travel)

Di bagian ini, kami akan memaparkan beberapa poin tentang kekurangan dan kelebihan dari konstruksi infinity pool, khususnya yang diterapkan di hunian.

Kelebihan

  • Kolam renang ini memiliki tampilan yang unik. Keberadaannya akan menambah estetika pada hunian.
  • Perawatan kolam renang ini tidak berbeda dengan kolam renang yang lain. Kita hanya perlu melakukan pembersihan air dan kolam secara berkala.
  • Kolam yang menjadi wadah jatuhnya air dari kolam utama bisa dijadikan tempat bermain air untuk anak.

Kekurangan

  • Pembuatan kolam renang ini akan lebih mahal daripada pembuatan kolam renang dengan desain standar.
  • Kurang cocok untuk diterapkan di area-area yang tidak memiliki pemandangan indah, menarik, atau unik.
  • Struktur tepinya yang lebih pendek dari kolam biasa lebih berisiko dibanding dengan kolam renang bergaya standar.

Penjelasan di atas merupakan akhir dari artikel yang secara khusus membahas tentang infinity pool ini. Jadi, apakah Pins tertarik untuk memiliki kolam renang jenis ini di rumah?

Sampai jumpa di artikel Glossary Pinhome.id selanjutnya ya! Semoga pemaparan di atas dapat membantumu.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.