Kamus Istilah Properti

Fusion

istilah properti

Fusion

Fusion adalah salah satu gaya interior rumah yang mengombinasikan dua atau tiga style interior sehinga melahirkan gaya interior yang unik dan baru.

Mengenal Fusion

(Best Design Ideas)

Pins, biasanya kita mendengar beberapa gaya interior yang umum diperbincangkan. Baik oleh sesama teman, media arsitektur dan interior bahkan blog yang membahas terkait gaya rumah. Misalnya minimalis, kontemporer, shabby chic, industrial, atau retro. Nah, ternyata ada satu gaya interior lain yang disebut fusion. Fusion merupakan sebuah interior ruangan yang konsepnya mengombinasikan lebih dari satu gaya sehingga menciptakan perpaduan yang unik dan menarik. 

Mungkin sejenak kamu pun akan sulit untuk menerka gaya apa saja yang digunakan pada interior rumah tersebut. Perlahan, kamu bisa menganalisis sendiri style apa yang digabungkan pada interior rumah. Kombinasi antara beberapa gaya ini membuat rumah akan terkesan menarik dan fresh, pasalnya kamu akan menikmati pemandangan dalam rumah yang terkesan tidak sinkron (unmatch) namun tetap seirama dan membentuk warna baru. Berikut ini pembahasan selengkapnya mengenai gaya interior fusion yang perlu kamu tahu. Yuk kita simak bersama, Pins!

Keunggulan dan Keunikan Fusion Style

(Chezzaro)

Seperti yang bisa kamu lihat pada gambar di atas. Perpaduan warna dan corak memberikan suasana yang baru dan segar. Penggunaan material kayu yang didominasi wanra bumi, lalu hadir di tengah warna biru, merah dan kuning yang menjadi sorotan. Hal ini memberikan kesan segar pada ruangan di dalam rumah ya Pins. Berikut ini beberapa keunikan dan keunggulan dari gaya fusion yang akan kita bahas.

Warna

(the deco crafe)

Warna yang digunakan pada fusion pun beragam dan sering kali bertabarakan. Jika pada gaya minimalis warna yang sering muncul adalah putih, krem dan warna-warna halus yang senada maka berbeda dengan fusion. Warna-warna terang kerap menghiasi elemen rumah seperti pada bantal ruang tamu, sofa, taplak meja, karpet dan lain-lain. Kombinasi warna ini memberikan ciri khas tersendiri. 

Corak

(the deco crafe)

Selain warna, kamu bisa melihat bahwa ada khas lain yang muncul pada gaya fusion yaitu corak. Corak atau pattern yang muncul pada gaya fusion umumnya berbentuk bunga atau abstrak. Corak tersebut hadir pada ornamen dan perlengkapan di dalam rumah seperti bantal di atas. Corak yang muncul pun tidak sinkron, karena ada yang berbentuk garis, polka dot, tanaman dan lain-lain. Namun hal ini malah memperkuat karakter fusion itu sendiri. 

Gaya Interior

(Pinterest)

Apabila kamu lihat gambar di atas, tampak jelas kombinasi beberapa gaya interior yang menjadi satu. Pertama gaya minimalis yang tercermin dari bentuk kaca rumah yang mengusung tema kotak dan simpel. Selain itu ada juga cermin dengan ukiran tradisional, selain itu penggunaan sofa yang lebih ke arah retro pun muncul di tengah ruangan. Lalu, jika kamu perhatikan penggunaan warna rumah cenderung menggunakan warna pastel. Di lantai pun terlihat penggunaan kayu sebagai basis rumah dan sentuhan karpet bermotif hewan. Keragaman kombinasi ini yang memperkuat interior dari rumah tersebut. 

Elemen dalam Gaya Fusion

(Small Design Ideas)

Pins, jika pada gaya industrialis terdapat sentuhan pipa dan langit-langit yang dibuat menyerupai pabrik, maka di gaya fusion karakteristik seperti itu sulit didefinisikan. Pasalnya gaya fusion sendiri merupakan gabungan dari banyak gaya yang berbeda-beda. Gabungan style interior tersebut pun biasanya terdiri dari banyak jenis interior. Berikut ini adalah elemen yang sering menjadi sasaran modifikasi para pecinta gaya fusion. 

Meja makan

Di beberapa rumah dengan gaya fusion, banyak yang menggunakan meja marmer lalu dikombinasikan dengan interior retro. Ada juga yang mengombinasikan meja kayu minimalis dengan sentuhan kontemporer.  

Kursi dan Sofa

Sama dengan meja makan, kursi yang digunakan untuk ruang makan atau sofa ruang tamu bisa menjadi sasaran kreativitas pecinta gaya fusion. Kamu bisa memadu padankan kursi atau sofa tertentu dengan elemen interior yang bertabrakan.

Taplak meja dan tirai

Warna dan corak pada taplak meja atau tirai juga sering menjadi media untuk memperkuat gaya fusion. Kamu hanya perlu menggunakan corak atau warna yang menonjol lalu diletakkan berdampingan dengan interior di dalam ruangan.

Karpet

Seperti halnya meja dan tirai, karpet pun juga sering menjadi tujuan para pecinta gaya ini untuk bereskplorasi. Karpet yang digunakan pun bisa mengusung corak hewan, tanaman atau abstrak tergantung selera dari penghuni rumah. 

Tips Mengaplikasikan Gaya Fusion

(Building Materials)

Sebelum akhirnya kamu mengaplikasikan gaya fusion di rumah, ada baiknya untuk memahami cara mengaplikasikan gaya tersebut Pins.

Lakukan benchmark 

Tips pertama kamu harus melakukan benchmark dulu Pins. Artinya kamu perlu untuk melihat gambar desain fusion yang ada pada blog, website atau majalah interior rumah. Tujuannya adalah untuk menambah pengetahuan dan inspirasi kamu dalam mendesain rumah gaya fusion. Semakin banyak kamu melihat referensi yang sudah ada, maka semakin banyak pula ide yang akan kamu dapatkan Pins.

Pilih perabot yang sesuai 

Setelah mendapatkan berbagai inspirasi, saatnya kamu memilih perabot rumah yang sesuai dengan kebutuhan. Namun, di fase ini kamu harus tetap bijak dalam memilih barang ya Pins. Untuk tetap belanja hemat dan mindful, kamu harus tetap melihat barang di rumah. Lakukan daur ulang apabila masih ada perabot yang bisa digunakan kembali.

Jangan takut untuk berkreasi

Terakhir kamu harus memberanikan diri untuk berkreasi. Hal ini penting agar kamu tetap mendapatkan ide brilian dalam mendekorasi rumah. Intinya jangan takut untuk berkeasi, karena apabila rasa takut sudah menghalangi pikiran kamu maka ide kreatif tidak akan muncul.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.