Kamus Istilah Properti

Forward Contract

istilah properti

Forward Contract

Forward contract adalah jenis perjanjian yang disesuaikan antara dua pihak untuk membeli atau menjual aset pada waktu yang sudah ditentukan tetapi dengan harga yang disepakati hari ini. 

Apa Itu Forward Contract?

Forward Contract
(Parley Pro)

Ada banyak perjanjian yang bisa digunakan dalam jual-beli aset, forward contract adalah salah satunya. Pemakaian kontrak forward biasanya dipakai pada produk agrikultur, logam mulia, dan transaksi perdagangan valuta asing fisik.

Di Indonesia, forward contract disebut juga kontrak serah, bersifat tidak standar sehingga banyak dipakai untuk spekulasi atau lindung nilai (hedging). Jenis kontrak ini banyak dipilih karena dianggap bisa melindungi investor dari fluktuasi nilai tukar uang yang bisa terjadi di masa depan. 

Dalam hal ini, tidak ada uang yang berpindah tangan sampai tanggal penyelesaian. Faktanya, harga forward ditetapkan sehingga tidak ada pihak yang perlu membayar uang pada awal kontrak.

Transaksi kontrak forward akan diikuti penyerahan barang yang disesuaikan dengan waktu dan spesifikasi yang disetujui dengan tujuan mengantisipasi perubahan harga di masa depan.

Selanjutnya, ada juga transaksi untuk memperoleh keuntungan dari selisih harga jual beli atau disebut speculator

Penerapan forward contract ini di Indonesia sendiri umumnya dibuat atas dasar kesepakatan dua belah pihak yang bertransaksi. Pins bisa melakukannya di mana saja. Berbeda dengan kontrak berjangka yang memang sudah telah ditetapkan standarnya dan hanya dapat diperdagangkan di bursa berjangka. 

Perbedaan Forward Contract dengan Kontrak Berjangka

(Taylor Janis LLP)

Banyak yang orang menyamakan kontrak forward dengan kontrak berjangka. Keduanya memang sama-sama jenis perjanjian dalam jual beli suatu aset pada waktu dan harga spesifik. Tetapi sebenarnya ada perbedaan antara keduanya, yaity:

  • Kontrak forward dilakukan di luar exchanger sehingga bisa saja akan ada kesepakatan khusus antara penjual dan pembeli. 
  • Jika forward contract diakhiri dengan penyerahan barang fisik, pada kontrak berjangka Pins bisa menutup transaksi dengan penyerahan barang atau penyerahan secara tunai, mengambil posisi sebaliknya dari posisi yang dimiliki sekarang, dan pertukaran dengan transaksi fisik (exchange for physical). 
  • Kontrak serah dilakukan di akhir kontrak saja tanpa adanya magrib. Sedangkan transaksi kontrak berjangka dilakukan dengan penyerahan margin walaupun nilainya relatif kecil dibanding dengan nilai kontrak.   
  • Kontrak serah tidak memiliki standar baku terhadap produk karena penjual dan pembeli bebas menyesuaikan produk sesuai keinginannya dalam hal jumlah satuan, spesifikasi, dan waktu kirim.

Cara Kerja Forward Contract dalam Pembiayaan

(Think Realty)

Dalam transaksi forward contract, ada dua kelompok yang terlihat yaitu hedger dan speculator. Hedger membutuhkan barang fisik tersebut untuk menjaga nilai harga produk di masa depan, sementara speculator tidak benar-benar membutuhkan barangnya dan hanya fokus pada selisih harga jual beli saja. 

Model penetapan harga yang digunakan untuk menghitung harga forward membuat asumsi berikut:

  • Tidak ada biaya transaksi atau pembatasan penjualan pendek.
  • Tarif pajak yang sama untuk semua laba bersih.
  • Pinjam meminjam di tingkat bebas risiko
  • Peluang arbitrase dieksploitasi saat muncul.

Ini berarti nilai kontrak forward biasanya berubah ketika nilai dasar aset (underlying) berubah. Contoh penggunaan forward contract dalam investasi properti:

Pins melakukan transaksi forward contract terhadap sebidang tanah dengan luas 60 meter persegi. Di dalam kontrak tertulis bahwa pihak A selaku pembeli, perlu membayar Rp150 juta untuk tanah seluas 60 meter tersebut dalam 1 tahun ke depan. 

Sebagai penjual, Pins khawatir dalam 1 tahun ke depan harga tanah tersebut akan turun karena di masa lalu wilayah itu pernah terkena banjir sehingga akan membuat Pins merugi. Jika pada 1 tahun saat penyelesaian kontrak serah harganya benar turun, maka Pins memperoleh selisih harga dari tanah tersebut.. 

Tetapi sebaliknya, jika ternyata harga tanah justru naik, Pins akan merugi atas selisih harga jualnya.

Penyelesaian Kontrak forward

(BBC In Corp)

Ketika kontrak forward berakhir, dapat diselesaikan dengan dua cara, yaitu:

  • Pengiriman Fisik: dalam penyelesaian pengiriman fisik, yang lama membayar harga yang disepakati ke yang pendek dan menerima aset dasar dari yang pendek.
  • Penyelesaian Tunai: pembeli (penjual) menerima selisih antara harga pasar dan harga yang disepakati jika harga pasar lebih tinggi (lebih rendah) dari harga yang disepakati pada tanggal penyelesaian.

Kontrak penyelesaian tunai lebih umum digunakan karena pengiriman tidak praktis, misalnya, dalam kontrak berjangka pada indeks saham, akan menjadi tidak praktis untuk jangka pendek pengiriman portofolio yang berisi masing-masing saham dalam indeks saham proporsional dengan bobotnya dalam indeks. 

Keuntungan dan Kerugian Kontrak Forward

forward contract
(FR24 News)

Saat memilih jenis kontrak ini, Pins harus mengenal keuntungan dan risiko forward contract yang harus dipertimbangkan. Mari simak keuntungan dan risikonya berikut ini.

Kelebihan Kontrak Serah

Beberapa kelebihan kontrak forward adalah sebagai berikut:

  • Pihak yang terlibat dapat dicocokkan dengan periode waktu eksposur serta dengan ukuran tunai eksposur
  • Memberikan lindung nilai yang lengkap
  • Produk yang dijual bebas
  • Menggunakan produk ke depan memberikan perlindungan harga
  • Mudah dimengerti

Kekurangan Kontrak Forward

Beberapa kekurangannya adalah sebagai berikut:

  • Pengikatan modal diperlukan sehingga sebelum penyelesaian, tidak ada arus kas perantara
  • Tunduk pada risiko awal
  • Kontrak bisa sulit untuk dibatalkan
  • Sulit menemukan rekanan yang bersedia menggunakannya

Jadi, apakah Pins tertarik menggunakan forward contract? Semoga informasi ini bermanfaat, ya!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.