Kamus Istilah Properti

Pipa Galvanis

istilah properti

Pipa Galvanis

Pipa galvanis adalah pipa besi yang telah diberi lapisan material seng sehingga dapat melindunginya dari karatan.

Apa Itu Pipa Galvanis?

pipa galvanis

Diantara berbagai jenis pipa dalam proses konstruksi, pipa galvanis adalah salah satu yang populer. Jenis pipa besi ini sudah diberikan lapisan material seng sehingga dapat melindunginya dari karatan.

Pembuatan pipa ini sudah memakai metode galvanisasi atau metode pencelupan ke dalam seng cair untuk melindungi permukaan pipa dari karat serta menjadikannya lebih tahan lama. 

Bentuk pipa besi galvanis tak jauh berbeda dengan jenis lainnya, yaitu berbentuk tabung panjang. Pins dapat memilih diameternya sendiri bervariasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan penggunaannya.

Warna pipa galvanis adalah silver abu-abu yang mirip dengan pipa nikel. Namun, selama masa pemakaian, warna pipa besi ini akan berubah secara perlahan menjadi lebih pudar, kusam, dan lebih gelap. Perubahan warna ini dipengaruhi paparan lingkungan yang ada sekitarnya.  

Baca Juga:

Fungsi Pipa Galvanis

fungsi pipa galvanis

Masing-masing pipa memiliki fungsi yang berbeda. Perbedaan fungsi ini menjadikannya memiliki spesifikasi yang berbeda juga. Untuk pipa besi galvanis sendiri dapat Pins aplikasikan pada area eksterior bangunan.

Sebab, pipa satu ini sudah melalui proses galvanisasi sehingga tingkat ketahanannya menjadi lebih tinggi.

Pipa galvanis dapat difungsikan sebagai sistem saluran air pada bangunan. Ketahanannya yang tinggi terhadap karat dan korosi, menjadikan pipa besi satu ini dapat diandalkan untuk waktu yang lama. 

Namun, supaya lebih tahan lama, Pins sebaiknya tidak menggunakan pipa untuk mengaliri air panas. Hal ini karena dapat membuat lapisan zinc di dalamnya menjadi terkelupas.

Jenis pipa galvanis tertentu juga dapat difungsikan untuk instalasi listrik karena memiliki kemampuan meminimalisir gangguan serta melindungi kabel lain yang berada di dalamnya agar tidak mudah rusak maupun terkelupas. 

Lalu, ada juga yang memakai pipa galvanis untuk kebutuhan aliran gas seperti oksigen dan nitrogen di rumah sakit. Untuk memenuhi fungsi satu ini, maka diperlukan instalasi yang tepat agar tidak terjadi kebocoran halus di bagian dalam pipa yang akan membuat tekanan udara ada yang bisa terbuang percuma. 

Kelebihan Pipa Galvanis

Selain memiliki ragam fungsi, pipa satu ini memiliki keunggulan yang menjadikannya banyak dipilih. Yuk, simak beberapa keunggulan pipa galvanis berikut ini, Pins!

Tahan Karat

Walaupun terbuat dari besi, tetapi nyatanya pipa galvanis termasuk jenis pipa yang tahan karat. Hal ini karena selama proses pembuatannya memakai metode galvanisasi yaitu dengan pencelupan ke dalam seng cair. 

Maka dari itulah, pipa besi galvanis tahan karat dan sering digunakan material pendukung area luar ruangan. 

Kuat

Pipa besi galvanis berbahan utama besi sehingga dari segi kekuatannya tak perlu lagi diragukan. Pipa galvanis lebih banting dan sulit untuk dipecahkan.

Selama proses pengangkutan dari satu tempat ke tempat lain, serta selama perakitan pun akan berjalan baik karena tidak rusak. 

Tahan Lama

Apabila dibandingkan dengan pipa plastik, pipa satu ini lebih awet. Hal ini karena adanya lapisan seng yang membuatnya bisa bertahan hingga lebih dari 25 tahun jika digunakan di daerah perkotaan.

Masa pakai menjadi panjang, yaitu lebih dari 50 tahun, jika pemakaian di daerah pedesaan atau wilayah yang minim polusi. 

Minim Perawatan

Umurnya yang panjang membuat penggunanya tidak perlu melakukan perbaikan pipa terlalu sering. Kondisi ini tentu menguntungkan untuk gedung atau bangunan besar yang struktur bangunan serta pipa yang rumit sehingga biaya servis menjadi lebih besar pula. 

Harga Pipa Galvanis yang Terjangkau

Dengan fungsinya yang beragam dan keunggulannya yang terbilang bnayak, siapa sangka harga pipa ini terbilang murah? 

Umumnya, Pins dapat menemukan pipa ini seharga Rp160 ribuan dengan ketebalan pipa 2,6 mm dan panjang 6 meter. Harga akan semakin mahal jika ketebalannya semakin besar.  

Baca Juga:

Kekurangan Pipa Galvanis

Tak hanya kelebihannya yang banyak, nyatanya ada beberapa kekurangan pipa ini yang harus dipertimbangkan sebelum memilihnya.

Sementara untuk kekurangan pipa galvanis adalah: 

  • Pipa besi ini cukup berat untuk diangkut sehingga memerlukan beberapa orang untuk selama proses pengantaran dan pemasangan.
  • Jika terjadi kebocoran maka proses penambalannya akan sulit dilakuka. Pins harus menyesuaikan dengan spesifikasi pipa.
  • Jika proses penambalan tidak benar, maka bisa berakibat bocor terus pada titik tersebut. Hal ini mengharuskan pipa untuk diganti secara permanen sehingga biayanya malah semakin besar.
  • Tidak ramah lingkungan karena adanya kandungan kimia yang mengakibatkan penyakit berbahaya jika air dikonsumsi oleh makhluk hidup.

Nah, itulah informasi mengenai pipa galvanis yang dapat disampaikan. Dari sisi fungsi, pipa galvanis adalah salah satu pipa dengan kualitas yang baik, kokoh, dan tahan lama. Namun, kekurangannya juga sebaiknya diperhatikan. 

Semoga penjelasan ini dapat membantumu, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.