Kamus Istilah Properti

Triplek Melamin

istilah properti

Triplek Melamin

Triplek melamin adalah jenis triplek atau plywood yang menggunakan material polyester dan melamin.

Apa Itu Triplek Melamin?

Triplek Melamin
(Woodmist)

Istilah Triplek melamin juga biasa disebut dengan decorative plywood. Pengertian triplek melamin adalah jenis triplek atau plywood yang menggunakan material polyester dan melamin.

Hasil akhirnya mengkilapkan karena memang melamin dikenal untuk mempercantik kayu. Ukuran ketebalan jenis triplek ini adalah 2 mm, 3 mm, dan 9 mm. 

Ukurannya yang bervariasi, dari yang kecil, sedang, dan besar ini menjadikan material ini lebih multifungsi.

Pins bisa menggunakan triplek jenis ini untuk berbagai furnitur rumah tangga, seperti laci, lemari, kitchen set. 

Tampilannya sangat mulus cocok buat Pins yang sedang memperindah sebuah ruangan agar terlihat lebih menarik.

Kelebihan Triplek Melamin

Triplek Melamin
(Kumparan)

Banyak orang memilih decorative plywood karena bahan ini memiliki banyak keunggulan, terutama untuk desain interior hunian. Yuk, simak beberapa kelebihan triplek melamin berikut ini:  

Multifungsi

Dari segi fungsinya, tripleks melamin terbilang sangat multifungsi. Triplek ini juga banyak dijadikan pelapis bagian dalam atau belakang lemari dan laci.

Selain sebagai material furnitur, Pins dapat memanfaatkannya sebagai papan tulis pada sepanjang dinding rumah. Jika di rumahmu ada anak kecil, maka bisa memanfaatkannya untuk menggambar di bagian ini tanpa perlu takut kotor.

Pemasangan Lebih Mudah

Kelebihan berikutnya terlihat dari pemasangan tripleks melamin yang lebih mudah dan cepat. Pins tidak perlu melakukan proses dempul dan amplas layaknya triplek kayu. 

Sebaliknya, triplek melamin bisa langsung dipasang dengan mudah dan tidak memakan waktu yang banyak.

Permukaan Halus  

Kalau Pins lihat dari tampilan fisiknya, tripleks melamin memiliki permukaan halus dan licin. Ini tentu jadi keunggulan tersendiri kalau dibandingkan jenis tripleks kayu lain yang cenderung kasar dan berserat. 

Pins bisa menggunakannya pada ruangan yang mudah lembab dan kotor seperti dapur. Apalagi, karakteristik lembaran kayunya tidak mudah lembap dan mudah rapuh.  

Mudah Dibersihkan

Keunggulan ini masih berhubungan dengan permukaan triplek kayu yang halus. Lantaran permukaannya yang halus, maka tripleks melamin jadi lebih mudah dibersihkan saat terkena noda.

Pins bisa mengelapnya memakai kain lap saat terkena kotoran, debu, dan juga noda. 

Tidak Mudah Lapuk

Triplek dikenal sebagai material yang mudah lapuk. Tetapi tidak dengan tripleks melamin. Pins bisa bandingkan ketahanannya dengan tripleks kayu yang cenderung akan mudah lapuk. 

Keunggulan ini karena proses pembuatannya memakai plywood yang dilapisi melamin. Kemudian, rongga dan serat kayu pun akan tertutup rapat. Alhasil, sulit ditembus rayap serta tidak mudah terpengaruh perubahan cuaca. Ini membuat tripleks melamin bisa bertahan hingga hitungan tahun. 

Warna Lebih Bervariasi

Jika Pins mencari material triplek yang memiliki warna yang variatif dan tidak monoton, maka triplek melamin adalah jawabannya. 

Sebab, decorative plywood bisa ditemukan dalam berbagai warna, seperti putih, merah, biru, cream, hingga hijau. Pins hanya perlu memilihnya sesuai dengan selera dan kebutuhan.

Tersedia dalam Banyak Ukuran 

Keuntungan berikutnya yaitu ukuran triplek melamin yang tersedia dalam variasi yang beragam,i mulai kecil, sedang, dan besar. Bahkan, Pins juga memilih ukuran sesuai satuan ketebalan dan panjangnya tertentu.

Tripleks melamin besar panjang dan lebar mulai dari 40 cm hingga 244 cm. Ketebalan tripleks melamin mulai dari 3 mm hingga 18 mm. Pins harus memilih sesuai dengan fungsinya. 

Harga Terjangkau

Terakhir, harga triplek melamin yang terjangkau. Dengan berbagai keuntungan tersebut, Pins bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp25 ribu sampai dengan Rp450 ribu. Harga ini tergantung pada ukuran dan ketebalannya.

Semakin besar ukuran triplek, harganya pun akan semakin tinggi. Sebelum membeli tripleks melamin, Pins bisa memilih warna tripleks melamin sesuai dengan tema rumah agar terlihat menawan.  

Kekurangan Tripleks Melamin

Tripleks Melamin
(Hanson Plywood)

Meskipun keunggulannya terbilang banyak, tetapi tripleks melamin memiliki kekurangan, diantaranya:

  • Mudah retak, terutama jika tidak dipasang dengan benar. 
  • Usia penggunaannya hanya sampai 10 tahun saja. 
  • Perlu perawatan yang rutin agar lebih tahan lama. 

Cara Memilih Triplek Melamin yang Tepat

(Interloka)

Dibandingkan kekurangannya, kelebihan tripleks melamin memang lebih banyak sehingga bisa tetap Pins pilih.

Meski begitu, agar Pins bsia mendapatkan manfaatnya, maka bisa mengikuti panduan memilih tripleks melamin, antara lain:

  • Pilih tepian triplek yang rapi.
  • Pastikan Pins memilih papan triplek yang lurus, tidak bengkok, dan bergelembung.
  • Hindari memilih  triplek yang memiliki rongga pada bagian sisi. Hal ini akan lebih cepat mengelupas.
  • Jangan memilih triplek yang memakai lem formaldehyde dalam proses pembuatannya.
  • Jangan memilih triplek yang memiliki tambalan pada permukaan.
  • Pilihlah triplek yang memiliki tekstur bahan kayu yang keras.

Itulah informasi triplek melamin yang bisa Pins jadikan acuan sebelum menggunakannya. Pastikan memilih material yang berkualitas agar penggunaannya bisa lebih maksimal. 

Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.