Kamus Istilah Properti

Selasar

istilah properti

Selasar

Selasar adalah ruang, lorong atau jalan yang menyambungkan satu titik dengan titik yang lain pada bangunan, misalnya dari pintu satu ke pintu lain.

Apa itu selasar?

(Pacific Lifestyle Homes)

Di dalam ruangan selalu ada nama untuk ruangan-ruangan atau bagian-bagian yang terdapat di dalamnya. Salah satu bagian yang perlu untuk diketahui adalah bagian selasar.

Selasar adalah ruang, lorong, atau jalan yang menyambungkan satu titik dengan titik yang lain pada bangunan, misalnya dari pintu satu ke pintu lain. Beberapa bangunan membuat bagian selasar ini terbuka, jadi tidak ada atap maupun tembok di sekelilingnya. Beberapa yang lain ada yang menerapkan atap dan tembok untuk bagian ini.

Tidak ada aturan khusus dan saklek untuk permasalahan model konstruksi. Semua dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan.

Meskipun nampak sederhana, selasar merupakan ruangan atau bagian dari bangunan yang mendapatkan perhatian dalam proses konstruksi maupun penerapan desainnya. Estetika ruangan ini akan disesuaikan dengan konsep tertentu, sesuai dengan preferensi pemilik bangunan ataupun perancangnya.

Selain urusan estetika, ruangan atau bagian ini juga ditonjolkan manfaatnya. Diletakkannya perabot-perabot tertentu seperti cermin, kabinet, ataupun bangku selain menjadi penghias dapat digunakan untuk keperluan orang-orang yang berada di ruangan tersebut.

Diindahkannya estetika dan fungsionalitas dari selasar tidak terlepas dari kegunaannya yakni sebagai ruangan yang kerap kali menjadi penyambutan pengunjung yang datang. Maka dari itu, membuat ruangan ini terorganisir dan rapi adalah hal yang sangat wajar untuk dilakukan.

Perabot-perabot untuk selasar

(DBS Remodel)

Kami akan menyebutkan beberapa perabot yang cocok untuk diletakkan pada bagian selasar. Selain itu, kami juga akan memberikan penjelasan terkait fungsionalitas dan efek dari peletakan perabot-perabot tersebut.

Bangku panjang

Bangku panjang merupakan perabot yang multifungsi apabila diletakkan di bagian selasar. Dengan memilih model yang tepat, maka bangku panjang dapat memperkuat estetika dari ruangan atau bagian ini.

Dengan fungsi dasarnya sebagai tempat duduk, bangku panjang bisa menjadi titik tunggu atau bersantai dari orang-orang yang beraktivitas di dalam bangunan. Titik ini juga bisa menjadi lokasi untuk penyimpanan alas kaki, khususnya pada bangunan rumah.

Cermin

Dengan meletakkan cermin pada selasar, perabot ini dapat membantu orang yang melewati titik ini untuk memastikan kerapian penampilannya. Penggunaan cermin pada bagian selasar juga bisa menjadi solusi untuk selasar yang dimensinya sempit. Nantinya, keberadaan cermin dapat memberikan efek visual yakni memperlebar ruangan.

Karpet

Karpet bisa menjadi aksen yang menarik sekaligus memberikan nuansa hangat pada ruangan. Untuk selasar yang dimensinya sempit, gunakanlah karpet yang secara horizontal memanjang. Keberadaan barang ini akan memberikan efek visual pada ruangan untuk terlihat lebih lebar.

Kabinet

Kabinet akan cocok dipasang di selasar yang mempunyai dimensi cukup lebar. Perabot ini bisa menjadi tempat untuk meletakkan dekorasi-dekorasi tertentu yang ingin kamu ekspose pada pengunjung area tersebut. Kita juga bisa menyimpan barang-barang tertentu di kabinet ini.

Lukisan atau foto

Memanfaatkan bagian dinding yang kosong adalah hal yang cemerlang. Kita dapat menggunakan dinding-dinding yang terlihat kosong untuk menampilkan benda-benda pajangan seperti foto keluarga ataupun koleksi lukisan. Jika kamu memilih lukisan untuk dipajang di area ini, maka pastikan lukisan tersebut serasi dengan tema yang kamu terapkan pada ruangan ini.

Rak buku

Menggantungkan atau meletakkan rak buku juga merupakan ide yang bagus. Nantinya, buku-buku yang diletakkan di rak tersebut bisa diambil dan dibaca kapan saja. Selain itu, keberadaan buku atau majalah tertentu bisa menjadi dekorasi yang memberikan aksen tersendiri pada ruangan.

Ide-ide yang bisa diterapkan

(Sindonews)

Agar bagian selasar bisa termanfaatkan dengan baik, agaknya ide-ide yang akan dipaparkan berikut ini bisa diterapkan. Pins bisa memilih ide-ide yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing.

Memilih lantai dengan tampilan menarik

Untuk bangunan rumah, selasar punya kecenderungan yang cukup besar untuk terekspose. Maka dari itu, memilih lantai yang memiliki tampilan menarik bisa menjadi hal yang perlu untuk dipertimbangkan.

Selain menarik secara motif, warna, dan teksturnya, pemilihan lantai juga perlu mempertimbangkan tingkat ketahanan material. Hal ini dapat menghindarkan kita dari kerusakan pada lantai yang akan kita pasang di kemudian hari.

Maksimalkan area vertikal

Sangat menarik apabila kamu bisa memanfaatkan dengan baik area vertikal yang ada di area selasar. Memanfaatkan tembok dengan memasang beberapa rak-rak menggantung misalnya. Dengan begini, ruangan akan terlihat lebih dinamis daripada ruangan yang tidak melakukan konfigurasi semacam ini.

Pilih dekorasi yang sesuai

Dekorasi merupakan elemen yang bisa dibilang sederhana namun bisa memberikan efek yang cukup signifikan. Sesuaikan dekorasi yang akan dipasang dengan gaya yang kamu terapkan pada area ini.

Beri pencahayaan yang optimal

Selasar akan lebih hidup apabila mendapatkan cahaya dengan optimal. Terlebih lagi jika Pins sudah meletakkan barang-barang dekorasi yang menarik secara visual.

Pencahayaan tidak melulu harus natural. Pins dapat menggunakan pencahayaan dari lampu-lampu yang dipasang di area tersebut. Pastikan melakukan penataan lampu yang baik dan memilih watt yang sesuai dengan kebutuhan area.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.