Kamus Istilah Properti

Auditorium

istilah properti

Auditorium

Auditorium merupakan sebuah ruangan atau bangunan besar yang bisa menampung banyak orang, dan berfungsi sebagai tempat pertemuan, pertunjukan seni, wisuda, kuliah umum dan lain-lain.

Apa itu Auditorium

(Coex)

Auditorium bisa disebut sebagai ruang serbaguna, pasalnya area ini dapat digunakan untuk berbagai aktivitas seperti pertunjukan teater atau drama musikal. Selain itu, ruangan ini juga bisa berfungsi sebagai tempat seminar, wisuda, bahkan tempat untuk kuliah umum. 

Namun, apa yang membedakan auditorium dengan Gedung Serba Guna (GSG) yang sering kita temukan? Pada dasarnya kedua tempat ini mempunyai fungsi yang sama, yaitu digunakan sebagai fasilitas umum dalam menyelenggarakan acara massal. Bedanya, auditorium mempunyai fasilitas yang lebih lengkap mulai dari kursi, pendingin ruangan, peredam suara, podium, panggung hingga proyektor LCD. 

Sementara GSG umumnya bangunan publik yang kita temukan di balai kota. Fungsinya sama untuk melakukan kegiatan serupa dengan Auditorium, namun fasilitasnya lebih sederhana. Kegiatan yang dilakukan pun biasanya berkaitan dengan aktivitas publik seperti lokasi vaksin, tempat rapat kecamatan, kegiatan penyuluhan dan lain-lain.

Fungsi utama Auditorium di berbagai lokasi

Setelah mengetahui definisi Auditorium dan perbedaannya dengan GSG, berikut ini ada fungsi dari Auditorium yang perlu kamu tahu. Yuk kita simak penjelasan lengkapnya berikut,

Lokasi untuk seminar nasional dan internasional

Pelaksanaan kegiatan seminar nasional dan internasional biasanya mengundang tamu profesional dan dari berbagai penjuru negeri dan lintas negara. Oleh karena itu, diperlukan area yang nyaman dan memiliki fasilitas berkualitas baik agar acara berjalan lancar dan aman. Auditorium biasanya bisa menjadi referensi yang tepat dalam mengadakan kegiatan tersebut. 

Wisuda 

Kegiatan wisuda akan memakan waktu yang lama, bahkan hingga berjam-jam. Kondisi ini mengharuskan ruangan wisuda harus nyaman dan tidak panas. Auditorium bisa menjadi pilihan tepat dalam menyelenggarakan event akbar ini.

Pengukuhan profesor

Hampir sama dengan wisuda, prosesi pengukuhan profesor tentu membutuhkan waktu yang lama. Maka dari itu, diperlukan ruangan atau area yang mampu mengakomodasi kebutuhan penyelenggaraan acara tersebut. Auditorium bisa menjadi pilihan yang pas untuk acara tersebut.

Pertunjukan Seni teater

Pertunjukan seni teater memerlukan panggung sebagai area tampil bagi para pemain teater. Selain itu, pertunjukan teater mempunyai peminat yang cukup banyak sehingga memerlukan ruangan yang luas agar mampu menampung massa. 

Pertunjukan Seni musik

Pertunjukan seni musik tradisional atau paduan suara bisa menggunakan Auditorium sebagai lokasi pertunjukan. Hal ini karena ruangan tersebut mempunyai kapasitas yang sesuai untuk mengakomodasi kebutuhan para performer di pertunjukan seni. 

Resepsi Pernikahan

Selain acara yang bersifat seni dan juga pendidikan, auditorium biasanya juga membuka akses bagi masyarakat yang ingin menyewa untuk acara pernikahan. 

Contoh-contoh Auditorium

Berikut ini beberapa contoh-contoh bangunan Auditorium yang ada di Indonesia. Yuk kita simak bersama.

Gedung Professor Soedarto Undip

(Antara News)

Salah satu auditorium di kota Semarang ini berada di bawah asuhan Universitas Diponegoro. Area ini sering berfungsi sebagai bangunan untuk wisuda, pengukuhan profesor, seminar nasional dan internasional hingga pertunjukan seni. 

Auditorium BPPT Thamrin

(BPPT Thamrin)

Salah satu auditorium yang ada di Jakarta terletak di Jl. M.H. Thamrin. Area ini terdapat di Gedung BPPT Thamrin, Jakarta Pusat. Gedung ini bisa disewa untuk berbagai kebutuhan mulai dari seminar dan kegiatan resepsi.

Auditorium Gedung Kesenian Jakarta

(Dewan Kesenian Jakarta)

Gedung Kesenian Jakarta (GKJ) mempunyai ruangan megah yang sering berfungsi untuk berbagai jenis kegiatan. Mulai dari aktivitas seni musik, tari, teater dan lain-lain.

Auditorium Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

(Independensi)

Gambar di atas merupakan salah satu dari sekian banyak auditorium yang ada di Jakarta. Area tersebut sering kali digunakan untuk acara seminar penelitian, rapat besar, hingga acara dies natalis. 

Proses peminjaman Auditorium

Untuk bisa menggunakan ruang auditorium, biasanya kamu harus melewati beberapa tahapan administrasi. Apabila kamu adalah orang dari luar institusi, dan berniat untuk menyewa ruangan tersebut kamu harus melalui tahap-tahap ini.

Hubungi pihak humas 

Agar memudahkan kamu dalam melakukan peminjaman gedung, kamu bisa langsung menghubungi pihak humas institusi terkait. Kamu bisa mengakses informasi humas melalui website organisasi atau perusahaan. Selain itu kamu bisa mengirim email atau mengontak tim melalui media sosial resmi institusi terkait.

Tanyakan syarat dan ketentuan peminjaman

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu menanyakan syarat dan ketentuan untuk meminjam area tersebut. Pahami setiap syarat dan jika ada yang belum paham, pastikan kamu mengonfirmasi pada petugas di tempat.

Biasanya ada dokumen dan formulir yang perlu diisi

Umumnya, kamu diminta untuk mengisi berbagai formulir. Selain itu, kamu pun harus mengumpulkan beberapa dokumen identitas sebagai penyewa ruangan. Hal ini untuk memudahkan pengelola gedung dalam memantau pihak penyewa.

Lakukan transaksi pembayaran uang sewa

Sebelum menggunakan gedung, biasanya kamu akan diminta untuk membayar uang sewa. Metode pembayaran biasanya disesuaikan dengan manajemen atau hasil negosiasi. Bisa saja pelunasan dilakukan di awal. Namun, kamu pun bisa mengajukan pembayaran secara bertahap dengan membayar DP dahulu di awal.

Pins, itu saja informasi mengenai Auditorium. Semoga penjelasan di atas bisa memberikan pengetahuan baru ya. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.