Kamus Istilah Properti

Cofferdam

istilah properti

Cofferdam

Cofferdam adalah struktur temporer yang dibuat untuk agar suatu area galian bisa terbebas dari air atau tanah.

Apa itu cofferdam?

(Arcellol Mital Project)

Untuk membuat konstruksi tertentu, kita perlu untuk membangun struktur temporer agar memudahkan pengerjaan konstruksi yang kita inginkan. Salah satu contoh struktur temporer yang dimaksud tidak lain adalah cofferdam.

Cofferdam adalah struktur temporer yang dibuat agar suatu area galian bisa terbebas dari air atau tanah. Biasanya, struktur ini dibuat untuk membantu pembangunan konstruksi dermaga, jembatan, atau beberapa jenis konstruksi lain. Dengan adanya cofferdam, maka pekerja akan melakukan aktivitas pembangunan konstruksi di area yang kering.

Istilah ini merupakan kata yang diserap dari bahasa Belanda. ‘Coffer‘ memiliki arti kotak. Sedangkan ‘dam‘ berarti bendungan.

Struktur temporer ini terdiri atas tumpukan sheet pile. Sheet pile tersebut akan menjadi pembatas luar yang menghalangi air atau tanah masuk ke area kerja. Nantinya, di bagian bawah sheet pile ditempatkan segel beton agar air tidak merembes.

Sebagian air mungkin masih tertinggal di area kerja ketika sheet pile dan segel beton diterapkan. Maka dari itu, dibutuhkan alat bantu berupa pompa air agar membuat area kerja kering.

Karena akan menahan banyak beban, cukup penting untuk melakukan kalkulasi beban yang akan diterima oleh struktur terluar cofferdam. Perencanaan alur pemasangan dan alat-alat yang digunakan selama proses pembuatan, penggunaan, hingga pembongkaran juga perlu dilakukan.

Pembongkaran struktur ini berpotensi untuk berefek pada area wilayah penerapan cofferdam maupun pada konstruksi utama (dermaga, jembatan, dll) yang dibangun oleh pekerja. Maka dari itu, perlu juga dilakukan perhitungan dan perencanaan untuk proses pembongkarannya.

Baca Juga:

Kegunaan struktur

(YouTube)

Struktur ini memang cukup jarang ditemui oleh umum karena pembangunannya berada di area yang begitu spesifik. Meskipun cukup jarang ditemui, bukan berarti struktur ini minim dalam perihal kegunaan.

Bicara soal kegunaan, dam temporer ini bisa dimanfaatkan untuk membantu pembangunan jembatan atau dermaga seperti hal yang disebutkan di bagian sebelumnya. Selain itu, ada beberapa keperluan lain yang bisa difasilitasi oleh struktur dam ini. Keperluan yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • Pemeliharaan kolam renang atau water park,
  • Perbaikan konstruksi beton bawah air,
  • Pengerjaan dan pemeliharaan konstruksi pipa,
  • Struktur pembantu untuk pembuatan atau perbaikan kapal,
  • Mengatasi permasalahan sedimentasi di area tertentu,
  • Restorasi garis pantai.

Tipe-tipe cofferdam

Dalam bagian ini, kami akan menjelaskan beberapa tipe-tipe cofferdam yang terklasifikasi berdasarkan peruntukannya. Tipe-tipe yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

Cantilever sheet pile

(YouTube)

Tipe yang satu ini cukup rentan terhadap kebocoran. Selain itu, ia juga tergolong mudah untuk rusak jika terkena banjir. Hal ini dikarenakan Cantilever sheet pile terbuat dari material-material seperti kayu, beton, baja dan sheet pile.

Dam temporer ini cocok untuk diletakkan pada area air yang kedalaman hanya sampai 5 meter saja. Selain itu, struktur ini juga cukup sensitif terhadap getaran dan suara yang bising. Hal tersebut bisa membuat struktur ini mengalami kerusakan minor.

Braced cofferdam

(Seatec Services)

Braced cofferdam adalah tipe yang sering digunakan di area urban untuk menyokong tembok pada proyek ekskavasi. Selain dapat menyokong tembok, struktur ini juga dapat menghalangi masuknya air ke area dalam struktur. Struktur ini terdiri dari pile sheet dan sistem bracing yang juga sering diterapkan pada konstruksi pilar jembatan.

Double wall sheet pile

(Sheetpilespiling)

Dam temporer jenis ini dapat dipakai untuk menahan air setinggi 10 meter. Pada bagian strukturnya, dam ini terdiri atas dua lapis dinding paralel vertikal yang terbuat dari tumpukan sheet pile. Agar konstruksi dinding lebih kokoh, maka ditambahkan material tanah untuk diterapkan pada dinding. Jika dinding vertikal dari dam ini tingginya lebih dari 2,5 meter, maka kita harus membangun struktur penyangga dinding.

Baca Juga:

Cellular cofferdam

(Prezi – Algai Rodriguez)

Cellular cofferdam merupakan struktur yang terdiri dari tumpukan sheet pile yang dibentuk menyerupai rangkaian sel. Ada dua bentuk yang umum ditemui dari struktur dam ini yakni bentuk diafragma dan sirkular.

Tumpukan-tumpukan sheet pile pada struktur ini terkoneksi sehingga membentuk dinding yang kedap air. Di antara dinding-dinding tersebut terdapat material tanah yang sengaja diaplikasikan agar dinding lebih tahan terhadap pembebanan.

Earth embankment

(Civil Knowledge)

Dam ini tepat untuk diterapkan pada area yang arus airnya berkecepatan rendah. Struktur penahannya tidak perlu 100% kedap air. Nantinya, air yang merembes melalui sela-sela dinding akan dikumpulkan pada satu titik. Air tersebut kemudian akan disalurkan ke luar menggunakan tenaga dari pompa air.

Sangat cocok untuk digunakan sebagai struktur pembantu jika area pembangunan merupakan area tanah lempung. Jika musim hujan tiba, maka kita bisa menambahkan material pasir urug untuk menahan air masuk ke bagian dalam struktur.

Rock-fill embankment

(Engineering Web)

Dam temporer ini menggunakan urugan batu sebagai isian dinding struktur. Urugan batu merupakan material yang lebih baik daripada timbunan tanah. Penggunaan batu akan membuat rongga-rongga yang lebih lebar, maka dari itu diterapkan pula membran kedap air untuk mengurangi rembesan.

Baca Juga:

Featured Image Source: Dreamcivil


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bandung terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.