BlogPemilik PropertiFinansialUntung Rugi Investasi Apartemen dan Cara Memilihnya dengan Tepat
0
0

Untung Rugi Investasi Apartemen dan Cara Memilihnya dengan Tepat

Dipublikasikan oleh William Ciputra dan Diperbarui oleh William Ciputra

Nov 14, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
untung rugi investasi apartementop-right-banner

Properti seperti tanah, rumah atau apartemen menjadi salah satu instrumen investasi yang menjanjikan. Di daerah perkotaan yang sudah minim lahan kosong, investasi apartemen bisa menjadi pilihan. Artikel ini akan membahas untung rugi investasi apartemen yang perlu kamu jadikan pertimbangan. 

Investasi adalah cara yang harus dilakukan ketika kamu ingin meraih kebebasan finansial. Namun kamu juga harus memastikan berinvestasi pada instrumen yang tepat. Jika memilih investasi properti, kamu juga harus tahu plus minusnya serta bagaimana cara memilih properti dengan tepat. 

Dengan kebebasan finansial, kamu bisa membeli rumah eksklusif dari Pinhome atau salah satu perumahan di BSD dengan mudah. Rumah bekas di Kec Tangerang bisa kamu jual untuk diganti dengan rumah baru yang mewah. 

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Property Secondary

Untung Rugi Investasi Apartemen

untung rugi investasi apartemen
Source : Pixabay

Investasi memang menjadi salah satu instrumen untuk meraih kebebasan finansial. Tapi kamu harus memahami juga bahwa investasi tidak selalu mendatangkan keuntungan. Ada saatnya investasi mengalami kerugian karena banyak faktor yang mempengaruhinya. 

Begitu pula dengan investasi properti dalam hal ini apartemen. Di satu waktu kamu akan mendapatkan keuntungan, tapi di waktu lain bisa saja kamu malah merugi. Berikut untung rugi investasi apartemen. 

Keuntungan Investasi Apartemen

Kawasan perkotaan merupakan area yang cocok untuk investasi apartemen. Alasan sederhananya karena kawasan ini sudah padat, sehingga pembangunan hunian lebih banyak ke atas, yaitu apartemen. Berikut beberapa keuntungan investasi apartemen.

1. Permintaan Tinggi

Masyarakat yang menghuni daerah perkotaan sebagian besar adalah pendatang yang bekerja di kota tersebut. Mereka tentu saja memerlukan hunian yang nyaman untuk tinggal. Namun karena ketersediaan lahan yang minim dan mahal, membuat mereka mencari alternatif untuk sewa atau membeli apartemen. 

Kondisi inilah yang membuat permintaan terhadap apartemen tinggi. Kamu yang memilih investasi apartemen perlu memanfaatkan tingginya permintaan ini untuk mendapatkan cuan dari para penyewa. Pastikan kamu berinvestasi dengan menyewakan apartemen yang ada di kawasan strategis. 

2. Pertumbuhan Nilai Aset

Apartemen bagian dari properti yang nilainya cenderung meningkat seiring bertambahnya waktu. Terlebih jika apartemen yang kamu miliki sebagai investasi berada di kawasan strategis, seperti dekat dengan area perkantoran atau tempat hiburan di kota. 

Selain lokasi, faktor lain yang mendorong pertumbuhan nilai aset adalah fasilitas yang ditawarkan apartemen sehingga orang mau menyewa unit milikmu. Nilai aset yang terus bertumbuh ini akan membuat investor mendapatkan capital gain, atau keuntungan dari selisih harga beli dan harga jual kembali. 

3. Passive Income

Sebagai instrumen investasi, memiliki apartemen bisa mendatangkan passive income kepada kamu sebagai investor. Pendapatan pasif ini datang dari penyewa unit milikmu yang biasanya disewakan bulanan, tiga bulanan, enam bulanan, atau tahunan. 

Dengan menyewakan unit apartemen, kamu sudah pasti akan mendapatkan penghasilan dari uang sewa tersebut. Harga sewa pun juga beragam, dan lagi-lagi tergantung pada seberapa strategis lokasi apartemen tersebut. 

Baca juga: Referensi apartemen di Jakarta Terbaik

Kekurangan Investasi Apartemen

untung rugi investasi apartemen
Source : Freepik

Di samping keuntungan yang ditawarkan, investasi apartemen juga memiliki kekurangan yang perlu dijadikan bahan pertimbangan. Berikut beberapa kekurangan investasi apartemen. 

1. Potensi Harga Turun

Harga properti tidak selalu naik. Ada waktu-waktu tertentu yang membuat harga properti seperti apartemen justru mengalami penurunan. Krisis ekonomi atau krisis kesehatans seperti Pandemi COVID-19 bisa menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi penurunan harga ini. 

Selayaknya investasi di bidang lain, penurunan harga apartemen ini harus diantisipasi. Sebagian investor tidak akan langsung menjual saat harga turun, melainkan menahan bahkan menambah jumlah unit sebagai persiapan ketika harga kembali naik. 

2. Biaya Bulanan

Salah satu ciri khas yang membedakan apartemen dengan rumah tapak adalah adanya biaya perawatan bulanan. Ketika unit apartemen sedang terisi atau disewa, maka biaya dibebankan kepada penyewa. Namun ketika unit apartemen belum terisi, maka biaya bulanan menjadi tanggung jawab pemilik. 

3. Pembangunan Terlambat atau Batal

Penjualan unit apartemen biasanya dilakukan secara paralel bersamaan dengan penjualan. Artinya, sebagai investor kamu sudah mengeluarkan uang untuk beli unit apartemen meski bangunannya belum jadi. 

Nah kondisi ini menimbulkan tantangan tersendiri ketika proses pembangunan mengalami keterlambatan atau bahkan batal. Untuk mengantisipasi hal ini, kamu perlu memastikan kredibilitas pengembang dan pastikan mereka tidak memiliki catatan buruk dalam mengerjakan proyek. 

Baca Juga: Cara Menjaga Keamanan Rumah

Cara Memilih Apartemen

untung rugi investasi apartemen
Source : Pemprov DKI

Memilih apartemen untuk investasi tidak ada bedanya dengan memilih untuk ditinggali. Sebagai investor, kamu harus memposisikan diri sebagai orang yang akan menghuni apartemen dengan berbagai pertimbangan, mulai dari lokasi, fasilitas, hingga sistem keamanan. 

Pertama adalah lokasi. Pilih apartemen yang lokasinya berada di area strategis yang mudah diakses. Area yang strategis biasanya dekat dengan perkantoran, sekolah, perguruan tinggi, tempat hiburan, dan pusat perbelanjaan yang menjadi simpul aktivitas masyarakat. 

Kedua terkait dengan fasilitas. Sebagai investor, kamu juga harus memilih fasilitas apa saja yang kamu perlukan ketika menghuni suatu apartemen. Fasilitas apartemen ini misalnya area parkir mobil dan motor, kolam renang, pusat kebugaran atau gym, hingga tempat untuk berbelanja. 

Ketiga terkait dengan sistem keamanan. Salah satu masalah utama di daerah perkotaan adalah tingginya angka kriminalitas. Untuk itu, pilih apartemen yang menawarkan sistem keamanan ganda, mulai dari gerbang depan, masuk lobi, hingga sistem penguncian pintu masing-masing unit. 

Selain tiga itu, memilih apartemen juga tidak terbatas pada legalitas dan hak guna bangunan, status kepemilikan, struktur bangunan, biaya yang harus dikeluarkan sebagai penghuni, pembuangan sampah, dan sebagainya. 

Itulah penjelasan mengenai untung rugi investasi apartemen yang perlu kamu ketahui. Jika sudah mantap, kamu bisa memilih salah satu apartemen dijual di Pinhome. 

Baca juga: 

Featured Image Source: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Avoria Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download