Pinhome

Tips Properti

Sewa Rumah atau Apartemen, Mana yang Lebih Menguntungkan?

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Memiliki sebuah rumah atau apartemen tersendiri merupakan impian setiap orang. Namun harga unit rumah dan apartemen yang tidak murah menyebabkan tidak semua orang bisa memilikinya. Akhirnya, banyak orang yang cenderung memilih untuk sewa rumah atau apartemen sebagai tempat tinggalnya.

Pinhome – Melakukan sewa rumah atau apartemen juga tidaklah murah, terutama jika tinggal di kota besar. Karena hal inilah, banyak yang ragu untuk memilih mana yang harus disewa sebagai tempat tinggalnya. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk menyewa, ada baiknya Pins mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Salah satu hal yang Pins perlu lakukan sebelum memutuskan untuk sewa rumah atau apartemen adalah melakukan perbandingan. Coba bandingkan beberapa hal seperti harga, lokasi, luasan, fasilitas dan yang lainnya antara rumah dan apartemen. Karena belum tentu yang memberikan harga termurah adalah yang terbaik. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Pins perhatikan dan pertimbangkan ketika ingin sewa rumah atau apartemen:

1. Jumlah Orang
Salah satu hal yang perlu dipertimbangkan saat sewa rumah atau apartemen adalah jumlah orang yang akan menempati tempat tersebut. Jika jumlah orangnya lebih dari 2-3 orang, maka ada baiknya untuk menempati rumah saja. Karena sebagian besar apartemen tidak memiliki area yang luas dan biasanya yang terbesar hanya ada 3 kamar.

Sedangkan untuk rumah, variasinya lebih banyak macamnya. Luasan rumah sangat banyak dari satu kamar hingga yang bertingkat untuk banyak orang. Oleh karena itu, pastikan untuk mempertimbangkan jumlah orang ketika memilih sewa rumah atau apartemen.

2. Lokasi
Hal lain yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih sewa rumah atau apartemen adalah lokasinya. Tentukan area tempat tinggal yang diinginkan seperti di area perkotaan atau ingin di area pinggir. Karena ini akan menentukan untuk lebih memilih sewa rumah atau apartemen.

3. Fasilitas
Jangan lupa untuk mempertimbangkan fasilitas yang akan didapatkan ketika memilih sewa rumah atau apartemen. Apartemen dan rumah biasanya memiliki fasilitas yang berbeda, sehingga jangan lupa untuk dicek satu per satu. Dan pertimbangkan apakah seluruh fasilitas yang disediakan memang diperlukan atau tidak.

4. Harga
Seringkali orang mengira bahwa harga sewa bulanan apartemen lebih mahal dibandingkan dengan harga sewa rumah. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun tidak selalu benar. Karena meskipun lebih mahal, penyewa bisa mendapatkan fasilitas lebih.

Oleh karena itu, ketika membandingkan harga sewa rumah atau apartemen, pastikan untuk mempertimbangkan juga fasilitas yang bisa didapatkan. Jika menginginkan harga apartemen yang murah, maka bisa menyewa apartemen dengan jenis studio.

5. Periode Sewa
Periode sewa merupakan hal penting yang perlu ditentukan pada saat sewa rumah atau apartemen. Karena tidak semua rumah bisa disewa dalam periode yang singkat. Hal sebaliknya, apartemen bisa.

Keuntungan Sewa Apartemen

Jadi, lebih untung mana nih sewa rumah atau apartemen Pins? Tenang, jika masih bingung pilih yang mana, ada baiknya untuk mengetahui keuntungan dan dalam menyewa masing-masing unit. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika menyewa sebuah apartemen:

1. Fasilitas Lebih Lengkap
Jika tidak ingin ribet atau tidak memiliki perabotan yang lengkap, apartemen adalah pilihan. Seperti yang kita ketahui, apartemen sudah dilengkapi dengan perabotan penuh dari Kasur hingga sofa. Hal ini akan memudahkan calon penghuni sehingga tidak perlu membawa perabotan besar.

Selain perabotan, di dalam apartemen juga biasanya tersedia area olahraga seperti gym dan kolam renang yang dapat digunakan penghuni apartemen. Tidak sedikit pula apartemen yang juga menyediakan minimarket atau foodcourt di area groundnya. Sehingga jika berbelanja tidak perlu jauh-jauh keluar area apartemen.

2. Privasi Lebih
Apabila Pins menginginkan privasi yang lebih, maka pilihlah apartemen. Tinggal di unit apartemen memberikan privasi lebih karena Pins tidak akan sering terganggu oleh tetangga sebelah. Pins juga tidak perlu mengikuti kegiatan warga karena di apartemen orangnya biasanya lebih individual.

3. Lokasi yang Strategis
Sebenarnya sewa rumah atau apartemen bisa sama-sama di area yang strategis. Namun lokasi apartemen pada umumnya sudah di area yang strategis dan menyenangkan. Apartemen pada umumnya sangat dekat dengan perkantoran, sarana kesehatan dan mall. Sehingga apartemen sangat cocok bagi mereka yang ingin berada di tengah kota.

4. Fasilitas Parkir & Keamanan
Hal lain yang tidak perlu dikhawatirkan ketika menyewa apartemen adalah tempat parkir dan kemananannya. Setiap penghuni apartemen akan diberikan fasilitas parkir dan keamanan yang dijaga selama 24 jam. Jadi Pins tidak perlu khawatir mengenai kendaraan Pins beserta keamanannya.

5. Periode Sewa Lebih Fleksibel
Ketika memilih menyewa apartemen, maka Pins tidak perlu khawatir mengenai periode sewanya. Karena sebagian besar apartemen memiliki periode sewa yang bebas. Jadi jika di akhir periode sewa Pins merasa tidak cocok, maka dapat berhenti kontraknya dan mencari apartemen yang lebih cocok.

Baca juga: Hati-hati! Ini 5 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Beli Rumah Pertama

Keuntungan Sewa Rumah

Setelah mengetahui keuntungan dari sewa apartemen, ada baiknya Pins juga mengetahui keuntungan sewa rumah. Sehingga Pins dapat mempertimbangkan keuntungan dari kedua sisi. Berikut adalah beberapa keuntungan dari sewa rumah:

1. Area lebih luas
Dengan menyewa sebuah rumah, Pins akan mendapatkan area yang lebih luas. Hal ini sangat penting karena dapat menentukan kenyamanan kedepannya. Pins juga berpotensi memiliki halaman depan serta taman yang tidak bisa didapatkan di apartemen.

2. Sosialisasi / Banyak Teman
Ketika memutuskan untuk sewa rumah, maka Pins akan masuk ke lingkungan baru dengan tetangga baru. Hal ini akan menyenangkan karena Pins bisa mendapatkan teman baru dan mengikuti kegiatan warga. Jika Pins termasuk orang yang suka bersosialisasi, hal ini akan sangat menyenangkan.

3. Harga Sewa Lebih Murah
Tidak bisa dipungkiri bahwa harga sewa rumah secara tahunan lebih murah dibandingkan dengan apartemen. Namun untuk sewa rumah, biasanya Pins harus membayarkan seluruhnya di awal sebelum melakukan sewa. Meskipun tampak berat, namun secara tahunan, harga sewa rumah menjadi lebih murah dibandingkan dengan apartemen.

Jadi Pilih Sewa Rumah atau Apartemen?

Untuk menjawab pertanyaan sewa rumah atau apartemen, jawabannya kembali ke kebutuhan masing-masing. Dalam memilih sewa rumah atau apartemen, pastikan terlebih dahulu jumlah penghuninya. Jika penghuninya banyak, maka rumah menjadi pilihan yang terbaik. Karena rumah memiliki area yang lebih luas dan nyaman untuk banyak orang.

Atau jika Pins tidak memiliki perabotan sama sekali dan tidak memungkinkan untuk membeli, sewalah apartemen. Ada beberapa rumah yang juga menyewakan perabotannya, namun tidak banyak. Oleh karena itu, untuk sewa rumah atau apartemen bagi yang tidak memiliki perabotan, jawabannya adalah apartemen.

Bagi para pasangan yang baru menikah jika masih bingung ingin sewa rumah atau apartemen maka keduanya bisa menjadi alternatif. Jadi di awal pernikahan, pasangan bisa menyewa apartemen dan mencicil pembelian perabotan. Ketika tabungan sudah mulai ada dan sudah memiliki perabotan maka dapat menyewa rumah. Jadi bisa melakukan sewa apartemen dan rumah untuk menghemat biaya.


Jadi, Pins sudah dapat pencerahan belum mau sewa rumah atau apartemen? Ingat, sebelum menentukan sewa rumah atau apartemen, lakukan perbandingan dan perhitungan antara kedua unit tersebut. Dengan begitu Pins bisa mendapatkan pilihan yang terbaik.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel