Pinhome

Berita Pinhome

Apa Itu Property Secondary dan Bagaimana Tips Mencarinya

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 26 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Pins, di antara kamu mungkin masih ada yang bertanya apa itu secondary property. Secondary property  merujuk pada hunian berupa rumah, apartemen, ruko, atau rukan seken (bekas) yang sebelumnya sudah pernah ditempati oleh orang lain kemudian dijual karena alasan tertentu. 

Pinhome – Menurut Ketua Asosiasi Real Estat Broker Indonesia (AREBI) cabang Jawa Timur, Rudy Sutanto, harga properti seken saat ini mengalami penurunan sekitar 30% secara umum. Hal ini bisa menjadi salah satu keuntungan bagi kamu yang ingin membeli properti seken. 

Kamu bisa mulai observasi dan membandingkan harga antara properti seken dengan properti baru. Saat ini pun banyak properti seken berkualitas yang bisa kamu dapatkan melalui aplikasi pencarian properti terpercaya.

Baca Juga: Panduan Lengkap Membuat Akun Di Aplikasi Rumah Idamanku Mandiri

Apabila kamu berniat untuk membeli secondary property, pastikan kamu memahami informasi dan penjelasan berikut. Yuk cek informasi selengkapnya berikut ini!

Kelebihan membeli properti seken

(Antara News)

Pada dasarnya, semua jenis properti mempunyai kelebihan masing-masing. Khusus untuk properti seken, ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan di antaranya,

Baca Juga: Mau Cari Rumah Dan Daftar KPR Mandiri Dengan Mudah? Pakai RIKu Aja!

Harga properti lebih murah

Harga properti seken biasanya lebih murah dari properti baru. Opsi membeli properti seken bisa kamu ambil sebagai pilihan lain. Untuk mengetahui perbandingan harga properti seken kamu bisa mencari tahu melalui website properti seperti Pinhome atau aplikasi RIKu. 

Lingkungan yang sudah terbentuk

Properti seken biasanya berada pada lingkungan yang sudah terbentuk. Artinya, di sekitar properti sudah terdapat jalan dan akses untuk kendaraan, toko, warung, pusat perbelanjaan, tetangga yang mendiami rumah di sekitar dan juga taman yang asri. 

Full furnished

Rumah atau properti yang sudah ditempati, biasanya sudah dicat dan dilakukan furnishing secara menyeluruh. Hal ini bisa menjadi keuntungan yang akan kamu dapatkan karena bisa menghemat budget furnishing. 

Bisa langsung ditempati

Properti seken biasanya bisa langsung ditempati karena bangunan sudah berdiri. Berbeda dengan properti baru yang masih berupa tanah, kamu harus menunggu hingga semua bangunan berdiri untuk ditempati. 

Negosiasi harga bisa berlaku

Properti seken biasanya bisa dinegosiasi. Kamu bisa benchmark atau membandingkan dengan harga properti di sekitar. Apabila kamu sudah tahu harga properti sekitar, maka kamu bisa negosiasi harga dengan mudah.

Tips sebelum membeli properti seken

(Housing Estate)

Seperti yang sudah sempat dibahas, properti seken berarti hunian yang sudah pernah ditinggal oleh orang lain sebelumnya. Agar lebih meyakinkan untuk membeli sebuah properti seken, maka kamu perlu melakukan beberapa hal berikut,

Kunjungi lokasi

Pertama pastikan kamu mengunjungi lokasi properti tersebut. Hal ini dilakukan agar kamu bisa melakukan survei dan observasi secara langsung bangunan yang akan dijual. Kamu juga bisa mengobservasi langsung akses dan lingkungan di sekitar rumah tersebut.

Cek kualitas bangunan

Selanjutnya cek kualitas bangunan. Umumnya kualitas bangunan seken sudah menurun karena usia dan pemakaian. Saat mengunjungi properti tersebut, kamu bisa mengecek atau memastikan apakah dinding memiliki retak, engsel pintu masih berfungsi, atap tidak bocor, dan saluran pembuangan mengalir dengan baik.

Cek Air dan Listrik

Kamu juga bisa menanyakan sumber air yang digunakan, apakah sumur bor atau menggunakan PAM. Kamu juga bisa memeriksa langsung listrik yang digunakan, apakah menggunakan prabayar atau pascabayar.

Opsi pembayaran

Konfirmasikan dengan agen properti atau pemilik rumah terkait dengan opsi pembayaran yang berlaku. Hal ini penting untuk memastikan cara bayar yang kamu inginkan tersedia, misalnya cash keras, cash bertahap atau KPR/KPA.

Pilih aplikasi pencarian properti yang berkualitas

Kendala dalam mencari properti seken terletak pada platform apa yang kamu gunakan untuk mencari properti. Oleh karena itu, carilah portal atau aplikasi yang berkualitas dan terpercaya untuk membantu kamu menemukan properti seken idaman.

RIKu sebagai aplikasi untuk membeli properti seken

Hal utama yang menjadi masalah saat mencari properti seken adalah listing yang tidak berkualitas. Definisi listing tidak berkualitas di sini adalah,

  • Gambar rumah yang gelap, blur, tidak jelas dan pecah.
  • Informasi pada deskripsi yang kurang lengkap.
  • Spesifikasi rumah yang tidak tepat.
  • Nomor telepon dari narahubung yang tidak bisa dihubungi. 

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi! Kini mencari listing properti bisa dilakukan dengan mudah dan nyaman dengan aplikasi Rumah Idamanku (RIKu). Keunggulan mencari rumah seken di aplikasi RIKu di antaranya adalah,

  • Kualitas listing properti atau rumah yang terjamin, karena selalu update.
  • Informasi mengenai deskripsi dan spesifikasi rumah yang lengkap.
  • Adanya fitur jadwal viewing sehingga memudahkan kamu untuk mengunjungi rumah.
  • Transaksi pembayaran properti yang bisa melalui aplikasi.

Mencari properti seken bukan lagi sebuah masalah, dengan aplikasi RIKu kamu bisa mencari, membandingkan dan menemukan hunian idaman untuk investasi masa depan. Jadi, tunggu apa lagi? Langsung install RIKu sekarang untuk menemukan properti idaman kamu!

Install aplikasi RIKu di sini untuk pengguna Android. Untuk pengguna iOS install di sini.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel