Pinhome

  • Blog
  • Kesehatan
  • Tips Menjaga Halaman Rumah yang Bersih di Tengah Pandemi COVID-19

Kesehatan

Tips Menjaga Halaman Rumah yang Bersih di Tengah Pandemi COVID-19

Ditulis oleh Jay ∙ 20 April 2020 ∙ 6 menit membaca

Sekarang dunia digemparkan oleh COVID-19 yang merusak banyak perekonomian perusahaan dan nasional. Karena pandemi yang berkelanjutan, masyarakat terpaksa tinggal di dalam rumah untuk jangka waktu panjang. Nahmumpung di rumah, yuk bersih-bersih mulai dari halaman rumah!

Pinhome – Masih banyak orang tidak mengerti bagaimana cara membersihkan halaman rumah yang baik dan benar. Halaman rumah yang bersih merupakan elemen terpenting di saat WFH. Rumah yang tertata rapi dan bersih membawa energi positif bagi masyarakat di dalam rumah untuk bekerja lebih efektif dan terfokus.

Terkadang apabila lelah bekerja di dalam rumah, orang memilih untuk keluar ke halaman rumah untuk menghirup udara luar. Halaman yang bersih juga memancarkan kerapian isi rumah dan kelayakan tinggal.

Nah, mari simak tips menjaga halaman rumah di tengah pandemi COVID-19.

Halaman

Halaman atau yang disebut dengan teras rumah merupakan poin utama agar exterior rumah terlihat rapi dan indah dilihat. Menjaga halaman rumah diawali dengan teras rumah. Walaupun ukuran teras rumah terlihat sempit dan sepele, teras adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh pengunjung atau tamu.

Walaupun sibuk, teras merupakan poin utama bagi orang menilai kebersihan rumah Pins. Ada pepatah jangan menghakimi buku dari sampulnya, nyatanya orang-orang masih melihat apa yang di sampul. Halaman rumah merupakan sampul dari rumah Pins. Teras mencerminkan kepribadian dan kerapian Pins sebagai pemilik rumah.

Tentunya setelah COVID-19 berakhir, Pins tidak mau rumah terlihat lusuh di depan teman atau tamu mereka bukan? Nah karena berikut cara membersihkan halaman rumah yang benar:

  • Membersihkan perabot di halaman, hal ini berlaku ke rak sepatu dan furniture lainnya yang diletakkan di halaman rumah.
  • Menata sepatu ke tempat semulanya, dan kalau perlu bersihkan sepatu tua dan usang agar terlihat baru.
  • Mengepel dan menyapu halaman rumah secara rutin dari kotoran dan debu lainnya dapat menjaga halaman rumah. Apabila musim hujan datang, bersihkan genangan air yang membasahi teras agar tidak ada yang terpeleset dan jatuh di saat berjalan. Selain itu genangan air yang menumpuk juga mengundang nyamuk untuk bertelur.
  • Apabila halaman Pins ada keset, usahakan diganti minimal sebulan sekali. Keset yang baru dan bersih memberikan energi positif bagi tamu yang akan menginjakkan kaki mereka ke dalam rumah sekaligus agar halaman rumah terjaga.

Baca juga: 16 Manfaat Memiliki Halaman Rumah yang Bersih

Taman

Salah satu faktor halaman rumah yang bersih adalah taman. Taman dibuat untuk menambah suasana natural dan sejuk di depan rumah. Apalagi jika penghuni rumah menyukai bercocok tanam, penghuni rumah mempunyai kebebasan untuk menghirup udara bersih di taman depan rumah. Tanaman yang mereka tanam memberi manfaat oksigen dan estetika untuk memperindah exterior rumah.

Halaman rumah yang bersih

Tetapi taman, tidak luput dari sumber-sumber penyakit yang mampu menyerang Pins sekeluarga kapan saja. Apabila Pins mempunyai taman, maka ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan taman sembari menjaga keindahannya. Merawat taman termasuk dalam tips menjaga halaman rumah yang bersih.

  • Merawat tanaman agar terbebas dari hama seperti cabuk atau ulat. Halaman rumah terlihat kurang dengan adanya hama ulat dan lebah yang mengganggu kenyamanan Pins. Menurut testimoni ibu rumah tangga yang sering menangani masalah lebah, cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan semprotan merica atau cuka ke arah sarang lebah.
  • Apabila suasana COVID-19 sudah kondusif, Pins dapat memanggil tukang kebun untuk memotong rumput dan membersihkan gulma liar yang tumbuh di taman. Selain merusak kecantikan taman, gulma dapat mengambil unsur hara, air, dan gizi yang diperlukan oleh tanaman lain. Gulma juga dapat mengeluarkan senyawa yang mampu memberhentikan dan mengganggu siklus pertumbuhan tanaman lain.
  • Membersihkan genangan air mampu menghambat dan mencegah terbentuknya sarang nyamuk. Apabila Pins mempunyai kolam teratai, ada baiknya air dikuras agar mencegah penyebaran penyakit dari nyamuk.
  • Menanam tanaman hias atau tanaman lainnya membuat halaman rumah menjadi indah dan enak dilihat. Selain untuk menambah kesejukan, tanaman juga berfungsi sebagai dekorasi.

Tempat Sampah

Pastinya di halaman terdapat tong sampah untuk membuang kotoran dan benda-benda yang tidak diperlukan. Membuang isi tong sampah secara rutin, sekaligus membersihkan tong sampah dapat menghilangkan bau tidak enak. Memperhatikan dan membersihkan tong sampah merupakan salah satu langkah untuk menjaga halaman rumah.

Halaman rumah yang bersih
  • Bersihkan tong sampah secara rutin agar lalat dan hewan seperti tikus tidak mendatangi rumah. Ada baiknya Pins menggunakan kantong khusus atau kantong plastik, untuk memudahkan pembersihan tong sampah sekaligus menghilangkan bau tidak sedap untuk menciptakan halaman rumah yang bersih.
  • Bersihkan tong sampah setidaknya sekali dalam sebulan. Namun, semakin rutin Pins membersihkan sampah semakin baik. Hal ini karena sampah yang tidak dibersihkan secara rutin mengundang jamur dan bakteri melekat di tong sampah agar halaman rumah yang bersih tidak terlihat kumuh.

Selokan

Selokan juga merupakan faktor penting dalam menjaga halaman rumah yang bersih. Fungsi dari selokan adalah tempat pembuangan limbah rumah. Apabila tersumbat, tentunya Pins akan mengalami masalah besar. Peran selokan sangatlah penting, jadi apabila tersumbat air akan menggenang dan menimbulkan bau tidak sedap yang mengundang hewan seperti kecoa, tikus, nyamuk, dan hewan lainnya yang mengundang penyakit.

  • Memakai sistem bak kontrol selokan, tentunya tidak lupa membersihkan isi bak agar sampah tidak menumpuk. Pembersihan dilakukan tiap 6 bulan sekali minimal.
  • Filter saringan penutup kamar mandi, filter tersebut berguna untuk menghambat sampah dapur atau kamar mandi banyak terbuang ke selokan dan saluran air.

Berikut adalah tips dan cara menjaga halaman rumah yang bersih, bagaimanakah tips tersebut? Apakah memuaskan? Apabila ada beberapa tips yang membutuhkan bantuan orang dari luar (seperti tukang kebun), masih ada cara lain bagaimana caranya untuk menghindari kontak langsung di tengah pandemi COVID-19.


Dengan adanya WFH, menjaga halaman rumah yang bersih esensial untuk menjaga mood dan energi positif dalam kondisi apa pun. Lingkungan yang bersih mampu mencerahkan pikiran yang tersumbat. Pins tetap harus rajin dalam menjaga kebersihan rumah dan halaman rumah di tengah kesibukan, karena lingkungan yang tidak bersih juga membuat Pins rentan terkena COVID-19.

Beberapa ibu rumah tangga dan keluarga mengaku memberlakukan sistem dimana mereka meninggalkan biaya jasa dalam amplop di teras rumah untuk menghindari kontak fisik dengan orang luar. Hal ini sangat esensial dan membantu dalam mengurangi kurva penyebaran COVID-19 yang sedang meledak di Indonesia.

Tidak hanya sebagai warga menerapkan social distancing dan mampu menjaga halaman rumah yang bersih, Pins juga mampu membantu orang yang membutuhkan tanpa menginfeksi siapa pun dengan COVID-19.


Pins harus rajin menjaga halaman rumah yang bersih, sekaligus produktif dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel