Pinhome

Uncategorized

Cara Menjaga Kemanan Rumah Dengan Cara Sederhana

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Menghargai rumah tidaklah jauh berbeda seperti menghargai diri sendiri, karena kebersihan, keutuhan dan keamanan rumah haruslah tetap terjaga. Orang lain juga bisa menilai karakter pemiliknya dari melihat kebersihan dan terawat tidaknya rumah yang mereka datangi. Menghargai rumah hendaknya tidak hanya sebatas dapat memelihara saja, tetapi juga harus menjaga keamanan rumah beserta segala isinya. Oleh karena rumah dan isinya seperti layaknya suatu rangkaian yang harus Anda jaga keamanannya.

Keamanan rumah harus Anda prioritaskan, terutama apabila akan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang cukup lama. Tidak cukup hanya dengan mengunci semua pintu rumah atau pagar saja karena perampokan, pencurian dapat terjadi setiap waktu apabila keamanan rumah tidak terjaga dengan baik. Selain itu bisa saja terjadi beberapa hal seperti kebakaran atau kerusakan barang dikarenakan rumah yang bocor pada saat hujan. Oleh sebab itu mulailah menjaga keamanan dan kebersihan rumah dengan cara sederhana berikut ini.

kunci gembok keamanaan rumah
kunci gembok keamanaan rumah

Cara menjaga rumah

  • Pastikan lampu rumah menyala pada saat malam hari, apabila perlu memakai lampu otomatis yang dapat padam sendiri pada siang hari. Dengan system otomatis tersebut maka akan mempermudah pengawasan bagi pihak keamanan setempat pada saat malam hari.
  • Periksa setiap bagian rumah yang harus Anda kunci, ganti segera kunci apabila sudah tidak berfungsi dengan baik. Langkah tersebut bertujuan supaya tidak akan mudah untuk dibongkar secara paksa oleh orang lain. Membuat duplikat kunci jika diperlukan untuk sekadar berjaga-jaga apabila tiba-tiba salah satu anak kunci hilang.
  • Memastikan tidak ada pipa air atau selang tabung gas yang mengalami kebocoran. Sebaiknya Anda tidak menyepelekan hal ini karena termasuk bentuk upaya mengantisipasi kerusakan barang dikarenakan genangan air atau kebakaran rumah.
  • Menghindari beberapa hal yang dapat menyebabkan bahaya kebakaran yaitu kabel dan barang elektronik yang masih tersambung dengan listrik. Seperti masih tersambung pada stop kontak. Ini perlu dilakukan supaya tidak terjadi konsleting pada listik rumah Anda.
  • Membuang segera makanan yang tidak bertahan lama dan pula makanan yang telah mendekati atau terlewat tanggal kadaluarsanya, serta berbau dari dalam lemari es, supaya lemari es tetap berbau segar dan makanan yang lain tidak tercemar bau busuk.
  • Jangan meninggalkan barang yang berharga seperti perhiasan dan uang walaupun mungkin sudah dipastikan aman. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian karena terjadi perampokan dan pencurian.
  • Kosongkan tempat-tempat sampah yang berada di dalam rumah, pastikan kotorannya sudah terbuang semua ke bak atau penampuan sampah di depan rumah atau sekitar lingkungan Anda, supaya bau sampah tidak sampai menyebar di dalam rumah.

Kebanyakan rumah tangga sekarang ini meninggalkan rumah mereka di pagi hari karena suami istri harus bekerja dan akan kembali pada sore hari bahkan ada yang sampai malam hari. Pada saat seperti inilah waktu yang biasa dimanfaatkan oleh para pencuri ataupun pembobol rumah. Oleh karena itu beberapa cara menjaga rumah di atas dapat Anda terapkan.

Tags :

Bagikan Artikel