BlogBerita Pinhome9 Tips Memilih Apartemen di Jakarta yang Nyaman dan Aman
0
0

9 Tips Memilih Apartemen di Jakarta yang Nyaman dan Aman

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas

Mar 31, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
memilih apartemen di Jakartatop-right-banner

Semua orang ingin memiliki hunian yang nyaman dan aman tersendiri. Namun, dengan harga rumah yang tinggi, menyebabkan orang memilih opsi lain untuk memiliki tempat tinggal. Apalagi harga apartemen di Jakarta yang sangat mahal membuat orang cenderung kontrak dibandingkan dengan membeli rumah.

Namun, untuk Pins yang ingin memiliki tempat tinggal sendiri di ibu kota, dapat memilih apartemen di Jakarta. Meskipun tergolong mahal, apartemen di Jakarta masih dapat dijangkau dan dimiliki. Hal inilah yang menyebabkan banyak orang di Jakarta cenderung membeli apartemen dibandingkan membeli rumah.

Membeli apartemen di Jakarta memang lebih murah dibandingkan membeli rumah. Namun dalam membeli apartemen, ada beberapa hal yang wajib pins perhatikan agar tidak sampai rugi. Karena saat ini banyak kejadian yang bisa menyebabkan pins rugi. Jadi, ketika ingin membeli apartemen di Jakarta, pastikan untuk mengikuti tips memilih apartemen berikut ini:

Hal yang Harus Dipelajari

Sebelum memilih apartemen, ada beberapa hal yang wajib Pins pelajari terlebih dahulu.

tips memilih apartemen
Source : Pixabay

1. Cek Jejak Pengembang

Hal pertama yang wajib pins lakukan ketika ingin membeli apartemen di Jakarta adalah jejak pengembang. Saat ini banyak kasus dimana pengembang kabur dan meninggalkan pembangunan di tengah proses. Hal ini menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi para investor dan calon pembeli.

Jadi sebelum melakukan pembelian, cek proyek-proyek yang pernah dikerjakan oleh pengembang tersebut. Pins juga bisa melakukan pengecekan kredibilitasnya dari asosiasi perhimpunan penghuni rumah susun seluruh Indonesia.

2. Legalitas & Hak Guna Bangunan

Salah satu yang sering terjadi ketika membeli sebuah apartemen adalah keterlambatan proses serah-terimanya. Hal ini biasanya disebabkan karena belum adanya hak guna bangunan, sehingga pengembang tidak bisa memulai pembangunan.

Jadi pada awal proses memilih apartemen di Jakarta, tanyakan kejelasan hak guna bangunan, surat IMB sampai SIPPT-nya. Karena inilah yang nantinya akan menentukan pembangunan telat atau tidak.

3. Status Kepemilikan

Status kepemilikan ketika membeli apartemen di Jakarta berbeda jika dibandingkan beli rumah. Ketika membeli apartemen ada dua macam status yang bisa didapatkan yaitu sertifikat hak kepemilikan rumah susun dan sertifikat hak kepemilikan bangunan Gedung.

Namun pada umumnya, yang akan didapatkan adalah sertifikat jenis kedua. Akan tetapi, hal ini tetap perlu dipastikan di awal sehingga tidak salah pengertian di kemudian hari.

4. Mengecek Struktur Bangunan

Jika ingin membeli apartemen di Jakarta yang telah jadi, usahakan untuk mengecek kondisi bangunan terlebih dahulu. Tanyakan usia bangunan dan kondisi dari struktur bangunan yang ada. Pastikan kondisinya tidak ada yang retak atau tua, sehingga aman jika akan ditempati.

5. Sistem Pembayaran

Hal lain yang tidak kalah penting dalam pembelian apartemen di Jakarta adalah proses pembayarannya. Jika membeli dari developer, maka biasanya akan program cicilan. Namun hal ini mungkin tidak tersedia jika pins membeli apartemen dari perseorangan. Jadi tanyakan sistem atau program pembayaran yang disediakan untuk meringankan proses pembayaran.

Baca Juga: Penjelasan Lengkap Mengenai Property Secondary

Tips Memilih apartemen di Jakarta yang Tepat

Tips memilih apartemen di jakarta
Source : Pixabay

Setelah memastikan poin-poin diatas, maka waktunya mencari apartemen yang tepat. Tepat dalam hal ini apartemen yang nyaman dan aman untuk penghuni. Cek beberapa hal yang ada di sekitar apartemen sebelum membeli apartemen tersebut. Berikut adalah beberapa tips untuk mendapatkan hunian apartemen di Jakarta yang terbaik:

1. Lokasi Strategis

Ketika membeli apartemen di Jakarta, pastikan untuk memilih yang lokasinya strategis. Dengan macet dan penuhnya kota Jakarta, usahakan untuk memilih lokasi yang dekat dengan kebutuhan pins. Contoh pilihlah apartemen yang dekat dengan kantor atau sekolah pins untuk mengurangi waktu di jalan.

Atau pilihlah apartemen yang dekat dengan tol. Hal ini akan memudahkan pins dalam berkendara karena bisa langsung masuk dan keluar tol. Mungkin harganya akan mahal di awal, namun bisa menghemat di kemudian hari.

Baca Juga: Cari Tahu Design dan Denah Rumah Terbaik Untukmu

2. Fasilitas

Salah satu kelebihan pembelian apartemen dibandingkan dengan rumah adalah fasilitas yang didapatkan. Sehingga sebelum membeli apartemen di Jakarta, cek dulu fasilitas yang didapatkan. Karena ini juga akan menentukan apakah pins butuh beli perabotan baru atau tidak untuk huniannya.

Selain itu, cek juga fasilitas yang ada di sekitar apartemen. Apakah terdapat kolam renang, toko sampai gym untuk digunakan para penghuninya. Semakin banyak fasilitas yang didapatkan, semakin nyaman hunian pins.

Baca Juga: Kamar Tidur yang Baik untuk Kamu

3. Sistem Keamanan

Jangan lupa untuk menanyakan sistem keamanan yang akan digunakan di dalam apartemen di Jakarta. Sebagai ibukota Indonesia yang memiliki tingkat kejahatan yang cukup tinggi, sistem keamanan sangatlah penting. Tanyakan proses/ SOP ketika ada tamu masuk atau keluar. Atau jika ada kendaraan yang hilang. Ini merupakan hal simpel namun sangat penting untuk diketahui.

Baca Juga: Cara Menjaga Keamanan Rumah

4. Fasilitas Parkir

Selain fasilitas perabotan dan toko, fasilitas parkir juga sangat penting untuk diketahui. Ada beberapa apartemen yang memiliki Batasan kendaraan bagi setiap penghuninya. Oleh karena itu, pastikan untuk menanyakan hal ini diawal agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Baca juga: Referensi apartemen di Jakarta Terbaik

5. Biaya Penghuni

Setelah menjadi penghuni sebuah apartemen di Jakarta, penghuni nantinya akan terkena beberapa biaya. Pada umumnya biaya yang muncul adalah biaya kebersihan, keamanan dan parkir. Namun hal ini berbeda untuk setiap apartemen di Jakarta.

6. Tempat Pembuangan Sampah

Mungkin bagi sebagian orang ini tidak penting, namun mengetahui tempat pembuangan sampah sangat penting.  Jangan sampai tidak ada tempat pembuangan sampah yang jelas sehingga menyebabkan bau dan kotoran menumpuk. Jadi pastikan untuk menanyakan hal ini ketika membeli apartemen di Jakarta.

7. Lantai yang Tidak Terlalu Tinggi

Ketika membeli apartemen di Jakarta, pilihlah hunian yang tidak terlalu tinggi. Usahakan untuk memilih unit yang berada di lantai-lantai tengah dibandingkan dengan yang di lantai teratas. Hal ini untuk antisipasi saja jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Namun dengan posisi di lantai tengah, pins juga tetap bisa mendapatkan pemandangan indah.

Baca Juga: Cara Memilih Jasa Bangun Rumah yang Tepat

8. Penghuni Sekitar

Jika membeli apartemen yang sudah jadi, maka cobalah untuk cek penghuni di sekitar pins. Saat ini banyak orang yang membeli apartemen sebagai investasi dan lebih memilih untuk menyewakan apartemen. Hal ini bisa mengganggu jika sang penyewa tidak tahu aturan dan menyebabkan kebisingan.

Baca Juga: Prinsip Dasar Desain Rumah Minimalis

9. Beberapa Pilihan

Ketika ingin membeli sebuah apartemen di Jakarta, pastikan untuk mencari beberapa pilihan. Jangan mudah untuk menentukan satu pilihan ketika belum menemukan pilihan lainnya. Jika ingin lebih mudah mendapatkan pilihan, mintalah bantuan agen properti. Cara ini akan lebih mahal, namun pins bisa mendapatkan pilihan yang lebih menjanjikan.

Jadi bagi para penghuni Jakarta yang menginginkan sebuah tempat tinggal, namun dana terbatas bisa memilih apartemen. Meskipun harganya tidak tergolong murah, tapi pins bisa mendapatkan tempat tinggal yang nyaman dan aman. Selain itu, apartemen di Jakarta juga sangat menjanjikan untuk kedepannya untuk investasi karena bisa disewakan.

Namun sebelum membeli apartemen di Jakarta, pastikan untuk melakukan pengecekan seperti yang telah dijelaskan diatas. Lakukan juga beberapa tips untuk mendapatkan rumah hunian yang terbaik. Semoga tips-tips ini bisa membantu Pins dalam memilih apartemen di Jakarta.

Itulah 9 tips memilih apartemen yang wajib Pins lakukan agar tidak salah dan bisa mendapatkan hunian yang sesuai keinginan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: 3 Tips Desain Rumah Mungil Berkesan Luas

————————————— 

Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download