BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada di Dapur Kantor
0
0

7 Peralatan Elektronik Yang Sebaiknya Ada di Dapur Kantor

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Jul 3, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dapur kantor atau pantry adalah ruangan penting di tempat kerja yang sering digunakan untuk mempersiapkan makanan dan minuman. Agar dapat beroperasi dengan efisiensi dan kenyamanan, ada beberapa peralatan elektronik yang sebaiknya ada di pantry di kantor.

Hal ini karena pantry sering menjadi tempat berkumpul karyawan saat jam beristirahat, entah itu membicarakan soal pengajuan KPR atau cicilan rumah seken di Jakarta Timur. Selain mempererat hubungan, kehadiran pantry kantor meningkatkan kenyamanan pegawai saat bekerja. Lantas, apa saja alat-alat elektronik yang seharusnya ada di dapur kantor? Ini daftarnya!

Peralatan Elektronik Untuk Dapur Kantor

Selain menyediakan peralatan makan seperti piring, gelas, garpu maupun sendok juga menyediakan alat masak. Berikut peralatan memasak essensial yang sebaiknya ada di dapur kantor :

1. Kompor

Source : Shutterstock

Pantry sebaiknya memiliki kompor baik induksi maupun gas. Dengan adanya kompor ini ketika lembur karyawan bisa memasak makanan yang diinginkannya.

Ia tak perlu khawatir saat restoran tutup karena bisa leluasa memasak di pantry. Sediakan peralatan pendukung lainnya seperti spatula, panci, pisau, telenan ataupun wajan.

Bila memakai kompor induksi maka pilih yang low watt. Pemasangan kompor induksi ada yang tanam langsung dalam kitchen set maupun portable. Sesuaikan konsumsi dayanya dan jumlah tungku sesuai kebutuhanmu.

Baca juga: 11 Inspirasi Desain Dapur Minimalis 3×2, Sederhana dan Sehat

2. Microwave

Source : Shutterstock

Fungsi microwave ini banyak sekali selain menghangatkan makanan. Microwave mampu merenyahkan biskuit dan roti yang alot. Selain itu dapat pula memudahkan buah untuk diperas.

Microwave juga mampu melonggarkan perekat perangko bahkan membantu menguipas bawang lebih cepat. Microwave di dapur kantor akan sering dipakai untuk memanaskan makanan.

Khususnya karyawan yang memiliki jadwal padat. Ia tak akan cukup punya waktu untuk makan di luar kantor. Kehadiran alat ini akan sangat membantu menghemat uang dan waktu mereka.

3. Coffee Maker

dapur kantor
Source : Shutterstock

Tak bisa dipungkiri bila karyawan kantoran sering minum kopi. Hadirnya minum ini membantu mereka tetap berjaga. Tak jarang sebagai minuman pendamping ketika klien tiba meeting di kantor.

Jika ingin mencicipi enaknya kopi tak harus pergi jauh ke cafe terdekat. Berkat coffee maker, Pins bisa membuat kopi sendiri dan lebih cepat. 

Kopi yang dibuat dapat dinikmati lebih dari sekali sehari. Pins dapat pula membaginya dengan rekan sejawat. Coffee maker ada yang menggunakan sistem pengoperasian otomatis maupun manual.

Jenisnya ada yang drip coffee maker, single cup coffee maker, french coffee press dan espresso coffee maker.

Baca juga: 9 Desain Dapur Mungil Terbuka Sulap Ruang Sempit Jadi Estetik

4. Lemari Pendingin

dapur kantor
Source : Shutterstock

Kehadiran kulkas tidak hanya dibutuhkan pada dapur tempat tinggal saja namun juga kantor. Fungsi utamanya adalah mengawetkan dan menjaga kesegaran makanan.

Karyawan sering kali makan di kantor saat aktivitas kerjanya semakin padat. Tak jarang makanan yang dibelinya bahkan tersisa atau melewatkan jam istirahat. 

Saat ingin menyimpan makanan untuk di makan nanti maka karyawan bisa menggunakan kulkas ini. Selain itu juga sebagai tempat menyimpan buah-buahan agar tetap segar.

5. Dispenser Air

Source : Pexels

Dapur juga tidak bisa terlepas dari dispenser air. Dispenser dibedakan berdasarkan suhu dan posisi galon. Berdasarkan penempatan galonnya ada yang diatas, bawah maupun atas bawah. 

Sementara berdasarkan suhu airnya ada yang menyediakan air dengan suhu normal-panas, dingin saja, panas-dingin ataupun normal-panas-dingin. Pins tidak perlu menunggu lama untuk memasak air atau memasukannya ke kulkas.

6. Blender

dapur kantor
Source : Shutterstock

Blender memang tergolong peralatan elektronik yang multifungsi. Selain bisa untuk menghaluskan bumbu juga dapat membuat jus. Model blender ada yang standing, hand blender, maupun personal blender.

Dalam memilih blender yang diperhatikan adalah kapasitasnya. Sesuaikan dengan kebutuhan kantor. Material jar juga menjadi pertimbangan saat membelinya. Jar kaca umumnya tidak berbau namun mudah tergores.

Jar plastik mudah dipindahkan dan ringan. Sementara tritan adalah material kombinasi kaca dan plastik. Periksa juga daya motor dan suara mesin untuk mengecek blender tidak bising ketika dioperasikan. 

7. Toaster

Toaster berguna untuk memanggang roti dan cara pemakaiannya cukup mudah. Pins hanya perlu memasukan roti ke lubang toaster kemudian atur tingkat pemanggang.

Tekan tuas ke bawah jika roti sudah matang. Jenis toaster sangat beragam mulai dari conveyor, pop up, slice sandwich, dan oven. Toaster membantu karyawan yang tidak sempat sarapan dapat membuat menu makanannya sendiri sebelum bekerja.

Toaster nyatanya juga bisa berfungsi untuk membuat pizza maupun ayam panggang. Pilih toaster yang tidak terlalu besar dan berdaya kecil. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Kerangka Kitchen Set Sendiri dengan Mudah

Tips Menjaga Dapur Kantor Tetap Bersih

dapur kantor
Source : Pexels

Kehadiran pantry ini memang sangat membantu. Apalagi jika lokasi kantor jauh dari restoran atau tempat makan. Selain itu mampu menghemat biaya konsumsi karyawan.

Walaupun begitu dalam penggunaannya juga perlu aturan tertentu. Tujuannya agar dapur tetap bersih.

  1. Karyawan memang dibebaskan untuk memakai peralatan memasak namun harus ingat usai menggunakannya perlu dibersihkan. 
  2. Sebaiknya bahan makanan milik pribadi diberi nama agar tidak tertukar dengan milik orang lain
  3. Letakan cooker hood diatas kompor untuk mencegah bau masakan menyebar ke seluruh ruangan. Beri pula ventilasi berupa jendela yang lebar agar ruangan terasa lebih lega
  4. Sediakan pula perlengkapan bersih-bersih seperti tisu, sabun cuci tangan, sabun cuci piring dan lainnya
  5. Pins bisa menambahkan office boy atau office girl yang menjaga dapur ini. Ia bisa bertugas untuk membersihkan pantry sekaligus melayani kebutuhan karyawan lainnya khususnya dalam hal konsumsi.

Dapur kantor sangat membantu karyawan mendapatkan konsumsi segar dan sehat. Sediakan alat elektronik diatas agar karyawan terasa nyaman saat bekerja termasuk jika harus lembur di kantor.

Baca juga: 10 Perlengkapan Dapur Modern yang Bikin Rumah Terlihat Lebih Elegan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download