BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Cara Memilih Lemari Dapur Minimalis 
0
0

7 Cara Memilih Lemari Dapur Minimalis 

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Omri Cristian

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Dapur di rumah hanya punya lahan terbatas? Tetapi peralatan memasak banyak sehingga butuh tempat penyimpanan sendiri? Pins bisa gunakan lemari dapur minimalis sebagai storage peralatan memasakmu.

Lemari dapur minimalis tidak harus tertutup bisa pula open space. Apalagi jika lahan dapur hanya terbatas seperti ukuran 2×3 meter. Dalam memilih lemari dapur Pins perlu memperhatikan model dan bahannya. Berikut cara memilih lemari dapur minimalis agar lebih tepat dengan kebutuhanmu!

Perhatikan Ukuran Lemari

mengukur lemari dapur minimalis
Source : Pexels

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam memilih lemari pada dapur adalah ukurannya. Ukuran yang pas akan membuat kenyamanan penggunanya khususnya dalam mobilitas.

Umumnya banyak orang memilih kitchen set yakni seperangkat dapur yang terdiri atas bak cucian, kompor, kabinet hingga meja pengolahan makanan.Ukuran lemari dapur ideal ialah memiliki tinggi 85-110 cm.

Ketinggian kitchen set ini berdasarkan dari tinggi rata-rata pinggul. Sementara bagian kabinet yang ada di bagian atas mempunyai jarak antara meja dapur dan kabinet sekitar 50-70 cm.

Lebar kabinet atas sebaiknya dibuat dengan ukuran 35-50 cm. Sesuaikan dengan kebutuhanmu bila memiliki koleksi alat makan yang banyak maka lebarkan maksimal.

Lebar kabinet atas didesain tidak melebihi lebar meja dapur. Tujuannya adalah agar kepala bebas dari risiko terbentur lemari saat memasak atau mengambil bumbu.

Kabinet bagian atas ini biasanya dipakai untuk menyimpan peralatan makan seperti piring dan gelas. Selain itu difungsikan pula untuk menyimpan bumbu masakan.

Baca juga: 17 Desain Dapur Terbuka Minimalis yang Menarik

Pemilihan Bahan

tukang sedang mengamplas lemari dapur minimalis
Source : Pexels

Setelah bisa menentukan ukuran lemari lanjutkan pada pemilihan bahan. Setiap bahan pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut beberapa bahan lemari dapur minimalis yang biasa digunakan :

  • PVC merupakan singkatan untuk polivinil klorida yang berupa plastik dengan harga terjangkau. Keunggulannya adalah anti air, anti korosi dan tahan akan rayap. Pilihan warna lebih bervariasi hanya saja cepat memudar
  • Particle board adalah gabungan poyongan kayu, bubuk kayu dan serbuk kayu yang direkatkan memakai lem resin sintetis. Bahannya yang berasal dari limbah kayu membuatnya jadi lebih ramah lingkungan. Kekurangannya kurang tahan akan kelembaban 
  • Kaca juga sering dipilih sebagai bahan lemari. Dikombinasikan dengan kayu untuk sekatnya. 
  • Bahan aluminium cenderung elegan dan mudah dibersihkan. Apalagi saat memasak rentan terkena cipratan minyak maupun air. Aluminium kuat walaupun bobotnya ringan

Warna Netral

pilihan warna lemari dapur minimalis
Source : Pexels

Sebaiknya pilih warna netral untuk lemari dapur. Warna netral dapat disesuaikan dengan berbagai gaya interior ruangan. Apabila ingin membuat dapur lebih bersih dan lapang maka warna terang seperti putih bisa jadi pilihan.

Jika ingin menyamarkan kotoran dapat memilih warna hitam dan coklat. Untuk dapur yang mengedepankan estetika dan kesan lucu bisa memilih warna pastel. Misalnya warna cream, toska, dusty pink  bahkan sky blue.

Desain Multifungsi

model lemari dapur minimalis dari bahan kayu
Source : Pexels

Jika lahan terbatas sebaiknya pilih lemari dapur yang multifungsi. Pins dapat memilih lemari dapur minimalis yang bisa sekaligus berfungsi sebagai meja. Kelebihannya memudahkan saat memasak.

Permukaan lemari dapat difungsikan untuk meletakan alat dan bahan masakan. Ada pula lemari dapur yang dilengkapi dengan tempat menyimpan sampah di dalamnya.

Biasanya lemari dapur minimalis ini memiliki roda di bagian kaki-kakinya agar mudah untuk berpindah-pindah tempat. Selain itu Pins bisa pula menambahkan lemari extension jika membutuhkan storage tambahan.

Lemari ini dibentuk dari ambalan yang mengisi area backsplash kitchen set. Lemari tanpa sekat memudahkan Pins dalam membersihkannya. Jangan lupa pilih lemari dapur yang memiliki area khusus untuk cooker hood.

Apalagi jika tinggal di apartemen yang memiliki keterbatasan ventilasi. Cooker hood berfungsi untuk sirkulasi udara khususnya ketika memasak bau masakan mudah menyebar di dapur.

Baca juga:

Model Gantung

model lemari dapur minimalis dari marmer
Source : Pexels

Ingin memiliki lemari dapur yang tidak biasa secara visual? Coba model gantung ini dimana lemari dapur memiliki penyangga di langit-langit atau plafon.

Model lemari dapur minimalis seperti ini cocok untuk Pins yang memiliki postur tubuh tinggi. Keunggulannya adalah tidak membutuhkan banyak ruang khususnya di lantai. Lemari tidak melulu harus menempel di dinding.

Lemari model gantung dapat pula menjadi sekat antara dapur dengan ruang makan. Umumnya dikombinasikan dengan rak model pintu geser atau sliding. Lemari ini biasa diletakan di sekitar kompor maupun di atas wastafel.

Panjang lemari dapur gantung bisa dibuat berukuran sekitar 197 cm. Material yang dipakai pada model ini kombinasi MDF dan particle board.

Posisi Lemari Strategis

Source : Pexels

Jika kebanyakan peralatan yang disimpan dalam lemari membutuhkan daya listrik maka sebaiknya posisikan dekat stop kontak. Lemari ini biasanya mempunyai lubang untuk lintasan kabel peralatan masak.

Ada pula lemari dapur yang dilengkapi dengan stop kontak built in. Tidak hanya memperhatikan stop kontak saja namun juga ventilasi. Saat memasak akan mudah mengeluarkan hawa panas.

Apalagi jika menggunakan microwave, oven maupun peralatan memasak elektronik lainnya. Bila ingin meletakan kulkas dekat lemari maka pilih tempat penyimpanan berkaki tinggi. Apabila lemari memiliki rak yang tinggi akan mudah penataan peralatan yang disimpan.

Sudut dapur juga bisa digunakan untuk lemari dapur terbuka maupun dilengkapi dengan pintu. Sudut ruangan ini bisa memakai rak sudut, kabinet ataupun laci.

Pilih produk lemari yang sudah jadi bila tidak ahli dalam merakit lemari. Lemari yang perlu dirakit biasanya lebih murah namun memakan banyak waktu dan tenaga.

Lemari dapur minimalis memiliki kesesuaian warna, bahan dan model. Perhatikan pula posisi lemari dan ukuran lahan sehingga kebutuhan lemari dapur dapat disesuaikan dengan kebutuhan. 

Baca juga:

Source Feature Image: Pexels


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download