BlogPembeli Properti PemulaPanduan KPR/KPA8 Tips Wawancara KPR BTN Agar Lolos dengan Cepat
0
0

8 Tips Wawancara KPR BTN Agar Lolos dengan Cepat

Dipublikasikan oleh Intania Haura dan Diperbarui oleh Intania Haura

Nov 11, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Untuk Kamu yang sedang menunggu wawancara KPR BTN ada bagusnya untuk memahami beberapa tips yang dapat membuat Kamu lolos dan pengajuan kredit rumah tersebut bisa diterima dengan cepat. Jangan sampai kamu gugup dan keliru dalam menjawabnya. Pada artikel kali ini, Pinhome telah merangkum beberapa tips wawancara KPR BTN agar lolos dengan cepat.

Terdapat beberapa tahapan bagi Kamu yang sedang mengajukan kredit, salah satunya yaitu porses wawancara KPR BTN. Wawancara KPR adalah bagian yang penting yang tidak bisa Kamu remehkan. Hal ini karena wawancara KPR bisa menentukan apakah pengajuan kredit tersebut bisa diterima atau tidak. Setiap bank biasanya mempunyai kriteria tertentu dalam proses pengajuan kredit tersebut. Bank BTN mempunyai persyaratan khusus yang snantinya akan dikonfirmasi ulang melalui proses wawancara via telepon.

Sebelum pembahasan lebih lanjut, perlu diketahui juga bahwa  PinValue merupakan fitur yang memungkinkan seorang pencari properti dari Pinhome yang bisa mengetahui Harga Estimasi sebuah rumah, tanpa mereka harus bertanya ke developer atau pemilik rumah secara langsung.

Kemudian juga, seperti Ananta Homes Tenjo menjadi rekomendasi jika Kamu menginginkan hunian terbaik. Selain itu, rumah bekas di Jakarta Selatan hingga rumah dijual di Depok bisa menjadi alternatif lainnya.

Baca juga: 12 Ide dan Model Gazebo dari Beton yang Kuat

Tips Wawancara KPR BTN Agar Lolos dengan Cepat

Source : Pixabay

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya wawancara KPR Bank BTN merupakan tahapan yang harus Kamu lalu dan tidak bisa dianggap enteng. Karena hasil dari wawancara akan menentukan apakah pengajuan kredit rumah Kamu diterima ataupun ditolak. Untuk menghindari penolakan dari wawancara tersebut, berikut ini beberapa tips wawancara KPR BTN agar lolos dengan cepat. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Terbuka Tentang Pekerjaan

Tips wawancara KPR BTN agar lolos yang pertama yaitu bersikap terbuka tentang dengan keadaan Kamu saat ini. Contohnya saja terbuka tentang status pernikahan dan pekerjaan. Hal ini dikarenakan pihak bank akan mengkonfirmasik ulang tentang pekerjaan Kamu sekarang ini.

Hal detail seperti informasi status pekerjaan, promosi, sampai lama bekerja bisa saja akan dipertanyakan. Bahkan tidak menutup kemungkinan akan menanyakan soal kendala pekerjaan yang saat ini Kamu jalani. Sehingga, coba untuk terbuka agar bank bisa memahami kondisi tersebut.

2. Informasi Penghasilan Dengan Jelas

Source : Pixabay

Tips berikutnya yaitu terbuka tentang informasi penghasilan dengan jelas. Tidak hanya pekerjaan, pihak bank BTN juga dapat mengonfirmasi ulang tentang informasi penghasilan. Pihak bank akan dipastikan dapat menanyakan kembali soal pendapatan yang Kamu terima setiap bulannya. Besaran penghasilan adalah hal yang penting untuk menyesuaikan dengan cicilan pengajuan kredit.

Jika Kamu merupakan karyawan perusahaan, usahakan untuk menjawabnya sesuai dengan slip gaji yang Kamu terima. Informasi penghasilan adalah hal krusial karena dapat menghindari kredit macet atau non performing loan (NPL).

3. Bersikap Tenang

Wawancara KPR BTN merupakan bersikap tenang dan santai. Bersikap tenang adalah salah satu kunci sukses agar pengajuan KPR Kamu bisa diterima. Pihak bank dapat menanyakan atau melakukan pemeriksaan kembali terkait data dan informasi pribadi. Sebelum akad kredit, pihak bank juga perlu melihat apakah calon kreditur meyakinkan ataupun tidak.

Terdapat beberapa kasus pada saat pemohon bersikap gugup dalam menjawab pertanyaan sehingga pihak bank tidak yakinn dengan komitmen calon kreditur. Hasilnya, pengajuan KPR yang diajukan mungkin saja ditolak.

4. Informasi Pengeluaran yang Detail

Source : Pixabay

Tidak hanya informasi tentang pendapatan saja, wawancara KPR BTN juga biasanya akan menyangkut informasi tentang pengeluaran. Pihak bank dapat menanyakan berapa besar pengeluaran Kamu setiap bulannya. Informasi terkait biaya hidup, kost, sewa rumah, dan anggaran untuk menabung bisa saja ditanyakan oleh pihak bank.

Oleh karena itu, ada bagusnya Kamu melakukan perhitungan pengeluaran sebelum melakukan wawancara KPR. Catat besaran biaya yang perlu dikeluarkan setiap bulannya agar Kamu tidak bingung atau menerka-nerka ketika menjawabnya.

5. Informasi Tentang Rumah yang Ingin Kamu Ambil

Pihak bank BTN juga akan menanyakan tentang rumah yang akan Kamu ambil melalui KPR. Oleh karena itu, Kamu harus mengetahui tentang lokasi, nama pengembang, dan perumahan, luas tanah, luas bangunan, harga, dan lainnya. Hal ini terbilang cukup penting karena pihak bank dapat memastikan lebih lanjut kepada Kamu.

6. Masalah Utang dan Cicilan Lain

Source : Pixabay

Tips berikutnya yaitu terbuka tentang utang dan cicilan lainnya yang Kamu miliki. Pihak bank akan mengetahui rekam jejak Kamu melalui BI checking. Melalui BI checking, bank juga dapat mengetahui riwayat pinjaman seseorang sehingga bisa diketahui apakah pernah menunggak kredit ataupun tidak. Untuk itu, bank tidak menutup kemungkinan akan bertanya mengenai hutan piutang termasuk soal cicilan lainnya.

Jika Kamu memiliki cicilan mobil, motor, atau lainnya maka ada baiknya mengutarakan hal tersebut pada pihak bank. Jika tidak, akan membebani Kamu ke depannya. Bank biasanya juga akan mengukur debt ratio seseorang. Jika debt ratio sekitar 40 persen tidak menutup kemungkinan pengajuan KPR ditolak.

7. Kesanggupan Membayar Cicilan

Pada beberapa kasus, beberapa bank BTN juga akan menanyakan terkait kesanggupan membayar cicilan per bulannya. Sehingga, Kamu perlu mengusahakan untuk memberikan penjelasan dan keyakinan jika Kamu memang serius mengajukan KPR.

8. Singkat, Padat, dan Jelas

Tips yang terakhir yaitu memberikan jawaban secara singkat, padat, dan jelas ketika Kamu melakukan wawancara KPR BTN. Kamu harus menghindari jawaban yang bertele-tele karena dapat membingunkan dan menyita banyak waktu. Jangan sampai, jawaban yang diberikan terlihat tidak meyakinkan sehingga menimbulkan kecurigaan oleh pihak bank.

Itu dia beberapa tips wawancara KPR BTN agar lolos dengan cepat. Semoga informasi yang Pinhome sampaikan dapat bermanfaat

Baca juga:

Source Feature Image: Pixabay


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download