BlogPemilik PropertiDesain Hunian20 Ide Model Relief Dinding Luar Rumah yang Menarik
0
0

20 Ide Model Relief Dinding Luar Rumah yang Menarik

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 9, 2024

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Merasa bosan dengan model relief dinding luar rumah yang biasa saja dipandang mata? Pins dapat menerapkan ide model relief yang dapat mengesankan mata memandang di artikel ini.

Bagi yang menginginkan model relief dinding luar rumah yang menarik, Kamu bisa menemukannya di iklan jual rumah. Jika Kamu menyukai mendesain model relief sesuai selera, maka Pins dapat mewujudkannya di rumah perumahan baru di Kabupaten Bogor seperti Britania Green Resort dan rumah second di Kec Bandung Wetan.

Ide Model Relief Dinding Luar Rumah

Model perkembangan desain rumah tidak lepas dari adanya inspirasi dan adaptasi yang dilakukan manusia itu sendiri. Kemajuan ilmu pengetahuan juga mendorong perkembangan ini melalui berbagai alasan yang sebenarnya fungsional, bukan hedonisme semata. 

Tentunya rumah merupakan tempat tinggal yang akan selalu menjadi tempat berlabuh pemiliknya. Memiliki rumah yang indah dan menarik, akan memberikan kesenangan, kenyamanan, dan harmonis.

Salah satu cara mengindahkan bagian rumah yang berada di posisi terluar adalah mendesain model relief dinding luar rumah dengan arsitektur yang menakjubkan. Ukiran batu tiga dimensi menambahkan sebuah nilai seni yang bagus. Pins dapat melihat dan mengikuti beberapa ide model relief dinding luar rumah yang akan dibahas pada artikel ini, sebagai berikut:

Baca juga: 20 Ide Hiasan Kamar Buatan Sendiri, Cepat dan Mudah!

1. Model Relief Dinding Bunga Teratai

relief dinding luar rumah
Source : Shutterstock

Model relief dinding luar rumah pertama adalah sebuah semen putih yang diukir atau dipahat menjadi kesatuan bunga teratai yang indah. Pins dapat mengikuti ide model relief dinding ini. Jika menyukai hal yang lebih berwarna, Kamu dapat menambahkan ukiran tersebut dengan sedikit warna agar terlihat mencolok. 

Pemilihan objek bunga teratai sebagai wujud pahatan, ternyata memiliki makna tersendiri loh Pins! Bunga teratai diartikan sebagai suatu simbol kehidupan yang mempresentasikan hal suci.

2. Model Relief Dinding Motif Tumbuh-Tumbuhan

model relief dinding luar
Source : Shutterstock

Relief dinding luar rumah selanjutnya menggambarkan sebuah tumbuh-tumbuhan yang berdiri dengan mantap di atas tanah. Dapat terlihat tumbuhan tersebut tumbuh subur, hingga bunganya bermiringan.

Model relief dinding ini sering sekali digunakan pada masa kerajaan-kerajaan. Di balik penggunaannya tentu ada makna, yaitu seperti tumbuhan yang subur bermekaran. Artinya suatu tempat tersebut dapat hidup makmur dan harmonis.

3. Model Relief Dinding Tradisional Khas Bali

relief dinding luar rumah
Source : Shutterstock

Relief dinding luar rumah ketiga ini dapat Pins temukan di Bali. Ukiran ini adalah ikonik Bali yang banyak sekali ukiran-ukiran batu peninggalan masa kerajaan Hindu-Buddha. Jika Pins tertarik dengan kisah kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia, kamu dapat menggunakan model relief ini!

4. Model Relief Dinding Keseragaman

model relief dinding luar
Source : Shutterstock

Model relief dinding luar rumah selanjutnya ini memiliki nilai seni ukir nusantara tersendiri. Pemaknaan model relief seperti ini, berada di pikiran yang melihatnya. Satu rupa, satu garis, satu kontinuitas, dan keseragaman, begitu artistik sebuah seni yang tidak dapat diutarakan maknanya.

5. Model Relief Dinding Kepala Singa

relief dinding luar rumah
Source : Shutterstock

Relief dinding luar rumah kelima ini adalah gambaran dari kepala singa, hanya kepalanya saja. Penggunaan ide kepala singa ini sudah digunakan sejak zaman kerajaan-kerajaan.

Menurut mereka singa memiliki makna yang besar. Singa dapat melambangkan kejayaan dan kemakmuran. Singa juga dapat melambangkan kharisma dan wibawa.

6. Model Relief Dinding Sekumpulan Gajah

model relief dinding luar
Source : Shutterstock

Model relief dinding luar rumah berikut ini mengambil tema perkumpulan gajah di hutan. Mereka sudah seperti keluarga yang sedang menghabiskan waktu bersama. Gajah dikenal sebagai hewan yang selalu bersama dengan kawanannya saling membantu.

Penggunaan model relief ini akan memberikan makna kekuatan, kejantanan, dan kebijaksanaan.

7. Model Relief Dinding Kaligrafi

relief dinding luar rumah
Source : Unsplash

Relief dinding luar rumah ketujuh ini mengambil konsep tulisan-tulisan kaligrafi aksara Jawa atau arab. Kaligrafi dikenal sebagai tulisan penuh dengan spiritual yang dapat membawa pembacanya ketenangan jiwa dan kepuasan jiwa.

Tulisan-tulisan kaligrafi dapat Pins rancang sebelum dibuatkan agar pemilihan maknanya dapat sesuai dengan keinginan Pins.

Baca juga: 10 Inspirasi Kaligrafi Simple Untuk Hiasan Ruangan

8. Model Relief Dinding Berbentuk Jendela

model relief dinding luar
Source : Unsplash

Model relief dinding luar rumah selanjutnya mengusung konsep sebuah jendela besar yang dapat menerima udara dan cahaya matahari. Model-model relief seperti ini kebanyakan diterapkan di bangunan-bangunan tua maupun modern India.

Bagi Pins yang ingin memaksimalkan konsep terbuka pada dinding luar rumahnya, kalian bisa menerapkan model relief ini!

9. Model Relief Dinding Kuda Laut

relief dinding luar rumah
Source : FreeImages

Relief dinding luar rumah kesembilan menggunakan hewan kuda laut sebagai objek ukirnya. Pada gambar tersebut kedua kuda laut itu disandingkan bersama, sebagai sepasang kekasih. Sesuai dengan maknanya, yaitu menggambarkan sebuah kesetiaan yang sebenarnya.

Kuda laut dikenal sebagai hewan yang hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya, oleh karena itu kesetiaan menjadi sebutan mereka.

10. Model Relief Dinding Geometris

model relief dinding luar
Source : FreeImages

Model relief dinding luar rumah selanjutnya disusun berdasarkan geometris sebagai motifnya. Bagi Pins yang menyukai gambaran geometris yang terkesan abstrak, silakan mengikuti ide model relief dinding luar rumah seperti gambar ini.

11. Model Relief Dinding Kerajaan

relief dinding luar rumah
Source : FreeImages

Relief dinding luar rumah kesebelas ini mengusung tema sebuah kerajaan di masa lampau. Sejak zaman dahulu, kerajaan-kerajaan selalu menuangkan kisah perjalanan mereka di atas batu. Banyak sekali penemuan-penemuan ukiran kerajaan asli.

Pins dapat menjadikan model relief ini sebagai inspirasi, kita dapat mengenalkan cerita dibalik ukiran tersebut.

Baca juga: 7 Hiasan Kamar Pengantin yang Romantis dan Tak Terlupakan

12. Model Relief Dinding Kuno

model relief dinding luar
Source : FreeImages

Model relief dinding luar rumah berikut ini adalah gambaran yang diukir pada masa mesir kuno. Sama halnya dengan kerajaan, ukiran-ukiran ini menggambarkan perjalanan kerajaan dari masa ke masa.

Dengan ukiran unik dan jarang ditemui, Pins dapat menerapkannya pada dinding luar rumah milik Pins.

13. Model Relief Dinding Berwarna Coklat

relief dinding luar rumah
Source : FreeImages

Relief dinding luar rumah ketiga belas ini, terlihat sangat tua namun memberikan kesan yang aman dan tenteram. Bagaimana tidak, model relief ini digunakan pada masa kejayaan India, tepatnya di Agra Fort.

14. Model Relief Dinding Bunga Anggrek

model relief dinding luar
Source : FreeImages

Relief dinding luar rumah selanjutnya, terukir sebuah bunga anggrek. Makna di balik ukiran tersebut adalah sebuah kemurnian.

Bersamaan dengan warna dasar putih yang memiliki arti suci. Keduanya dapat disandingkan bersama. Keindahan bunga ini dapat menjadi sebuah pesan penghormatan dan penghargaan.

15. Model Relief Dinding Tulisan Hieroglif

relief dinding luar rumah
Source : FreeImages

Relief dinding luar rumah yang terakhir ini adalah sebuah tulisan kuno pada masa mesir kuno, yang berbentuk lambang manusia, hewan, dan benda. Hieroglif sendiri memiliki arti sebuah ukiran yang suci.

16. Model Ikan dan Bunga

(

Model relief ini dapat kamu jadikan hiasan teras rumah atau dinding kolam ikan. Ukurannya sekitar 120 cm x 300 cm yang memiliki tebal hingga 6 cm.

17. Relief Tembok China

(

Relief tempat yang membuatmu berkesan juga bisa jadi inspirasi seperti model tembok China ini. Kelihatannya rumit namun tetap membuat dinding terlihat menarik.

18. Relief Dinding Tangga

(

Ingin membuat tampilan tangga lebih menawan? jika iya pasang saja relief dinding dengan ukuran yang disesuaikan. Bagian dinding tangga tidak perlu dilapisi relief seluruhnya hanya bagian tertentu saja.

19. Relief Tiang

(

Bagian tiang depan rumah dapat dihiasi dengan relief agar terkesan lebih mewah. Buat relief berukuran besar sehingga nampak mencolok dan mengesankan kemegahan hunian.

20. Relief Bunga dan Bangau

(

Bunga lotus dan bangau merupakan kombinasi yang menarik sebagai hiasan dinding luar rumah. Apalagi jika dikombinasikan dengan batu alam dinding palimanan membuatnya tampak lebih eksklusif.

Sungguh indah bukan, terdapat ukiran-ukiran yang dapat dibilang lucu juga menakjubkan. Semoga Pins dapat menjadikan artikel ini sebagai referensi yang akan membantu Kamu membangun model relief dinding luar rumah sesuai keinginan Pins!

Baca juga: 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Source Feature Image: Adobe Stock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Kertamukti Sakti Residence dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download