BlogPemilik PropertiDesain Hunian12 Model Karpet Kecil untuk Ruang Tamu
0
0

12 Model Karpet Kecil untuk Ruang Tamu

Dipublikasikan oleh Linda Juliawanti dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mei 2, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
kapet kecil untuk ruang tamutop-right-banner

Karpet kecil untuk ruang tamu menjadi salah satu aksesoris yang dapat memberikan kenyamanan sekaligus menjadi aksen penambah estetika ruangan. Jika memilih model karpet yang tepat, ruang tamu akan terlihat menarik sekaligus terhindar dari kesan sempit. 

Pada ruang tamu yang berukuran kecil, Pins sebaiknya memilih karpet dengan ukuran yang tepat, setidaknya sebesar sofa. Meskipun kecil, karpet dapat menciptakan kesan yang lebih lapang di ruang tamu mungilmu, lho

Selain itu, penggunaan karpet dalam rumah dapat memberikan batasan yang jelas antara ruang tamu dengan ruangan lainnya. Hal ini akan berguna untuk lahan sempit atau rumah yang memakai konsep open plan yang tidak memakai sekat maupun partisi. Umumnya, karpet diletakkan di bawah meja tamu. 

Nah, untuk dapat memenuhi manfaat karpet kecil di ruang tamu tersebut, Pins harus tahu terlebih dahulu jenis dan motif yang tepat. Yuk, simak rekomendasi karpet untuk ruang tamu kecil pada artikel berikut ini! 

1. Karpet Bulu

karpet bulu ruang tamu
Source : Pinterest

Model karpet bulu untuk ruang tamu paling cocok diletakkan di rumah minimalis. Karpet bulu dengan teksturnya yang lembut membuat suasana ruang tamu menjadi lebih hangat. Pins bisa menggunakan karpet ini sebagai alas duduk maupun alas kaki yang nyaman.

Bahan karpet bulu juga bervariasi, mulai dari wol, rasfur, dan polipropilena dengan ketebalan yang bervariasi. Namun, karpet bulu cenderung mudah berdebu sehingga tak cocok jika ada anggota keluarga yang alergi debu. 

2. Karpet Bulat

karpet bulat ruang tamu
Source : Home Decor Bliss

Jika karpet berbentuk kotak dan persegi panjang tampak membosankan, maka coba pilih karpet bulat. Bentuk karpet yang bundar menjadikan lebih unik yang cocok untuk ruang tamu kecil tidak menjadikan ruangan monoton. 

Keunggulan karpet satu ini juga dapat Pins pasangkan sebagai pemanis dari sofa sebagai dudukan. Variasi motif, model, dan juga warnanya juga cukup banyak, baik itu yang terang, netral, maupun model abstrak.  

3. Karpet Garis

karpet garis ruang tamu
Source : Society6

Karpet bermotif garis menjadi favorit banyak orang karena cocok diaplikasikan pada berbagai jenis desain ruangan. Gunakan garis dengan perpaduan warna yang kalem netral dan kalem. Padukan dengan furnitur dengan warna senada agar terlihat harmonis.

Namun perlu diketahui kalau motif garis berpotensi menjadikan ruangan terlihat penuh dan sesak. Jadi sebaiknya pilih model karpet berukuran kecil untuk ruang tamu yang lebih dari 2×3 meter. 

Baca juga:

17 Warna Cat Ruang Tamu yang Bikin Nyaman

4. Karpet Warna Cerah

karpet cerah ruang tamu
Source : The Home Depot

Referensi model karpet kecil untuk ruang tamu selanjutnya yaitu model berwarna cerah. Walaupun karpet ini tampak mencolok, tetapi menghidupkan ruangan. Alhasil ruang tamu pun lebih ceria dan tidak monoton. 

Untuk hasil yang lebih baik, tempatkan karpet di ruangan yang didominasi warna netral. Hal ini dapat menjadikan warna dan pola mencolok pada karpet sehingga menjadi seimbang. 

5. Karpet Monokrom

karpet monokom ruang tamu
Source : Argos

Ingin menjadikan ruang tamu lebih elegan dan tampak lebih luas? Maka Pins bisa mempertimbangkan menempatkan karpet kecil monokrom di ruang tamu. 

Karpet monokrom menjadi pilihan yang tepat ditempatkan di ruangan minimalis dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Walaupun ukuran karpetnya kecil, tetapi Pins akan tetap nyaman bersantai. 

6. Karpet Turki

karpet turki ruang tamu
Source : Melek Rugs

Karpet Turki merupakan salah satu jenis permadani yang memiliki motif khas yang seringkali dipakai sebagai elemen dekorasi ruangan bernuansa Bohemian. Desain karpet satu ini terbilang unik bernuansa Timur Tengah dengan warna-warna kontras.   

Polanya juga khas, dengan bentuk geometris atau bunga-bunga memakai simpul kuno bernama Ghiordes. Materialnya pun dibuat dari bahan-bahan alami berkualitas, yang umumnya memakai wol, kapas, hingga sutera. Tak heran kalau harga karpet Turki bisa sangat mahal.

Baca juga:

15 Ide Desain Mezzanine Ruang Tamu untuk Memperluas Ruangan

7. Karpet Motif Ala Maroko

karpet maroko ruang tamu
Source : Amazon

Selain motif Turki, Pins juga bisa dapat menjadikan karpet kecil ala Maroko sebagai dekorasi di dalam ruang tamu. Secara tampilan memang tampak klasik ini cocok sekali dipasang di ruangan yang didominasi oleh dinding berwarna putih, cream, dan warna cerah. 

Biasanya, desain karpet ala Maroko didominasi repetisi motif bulat, kotak, dan segitiga dengan warna yang cenderung kalem sehingga tidak terlalu mencolok. Dibandingkan motif Turki, harga karpet Maroko umumnya lebih murah. 

8. Karpet Motif Aztec

karpet Aztec ruang tamu
Source : Modway

Ciri khas karpet motif Aztec terletak pada motif yang didominasi oleh kombinasi warna-warni ala Boho. Motifnya menjadikan lantai yang dibalut karpet ini terlihat cantik sekaligus maskulin. Motifnya ini tak lekang oleh waktu sehingga menambah daya tarik ruangan.

Kelebihan lain dari karpet motif Aztec dari fleksibilitasnya dalam hal penempatan di ruangan. Pasalnya, Pins bisa menempatkan karpet satu ini baik di ruangan luas maupun kecil. Kalau kamu menyukai gaya desain Bohemian, motif ini bisa jadi pilihan. 

9. Karpet Motif Chevron

karpet Motif Chevron ruang tamu
Source : Interior Design Ideas

Karpet dengan motif Chevron sebenarnya bukan model baru. Motif ini sudah terkenal sejak tahun 1960-an yang banyak dipakai di berbagai tipe rumah. Walaupun sudah lama, tetapi modelnya timeless untuk menyulap ruangan lebih menarik. 

Karakteristik karpet motif Chevron adalah terlihat pada tampilan pola zig-zag yang sering divariasikan dalam berbagai warna, terutama hitam dan putih. 

Baca juga:

12 Desain Foyer Ruang Tamu yang Sederhana Hingga Mewah

10. Karpet Bunga Elegan

karpet bunga elegan ruang tamu
Source : Ali Express

Motif bunga tak pernah kehilangan penggemarnya karena memang cocok untuk berbagai jenis ruangan. Pins bisa memilih berbagai jenis bunga dengan variasi warna yang juga banyak. Tetapi sebaiknya pilih warna dengan mengikuti warna sofa di ruang tamu. 

Jika Pins memilih warna yang senada, maka ruangan itu lebih rapi dan tertata. Pilihlah jenis karpet bunga yang terbuat dari serat-serat bahan viscose sebagai alternatif pengganti sutra yang lembut dan nyaman saat dipijak.  

11. Karpet Aesthetic

karpet aesthetic ruang tamu
Source : Ali Express

Referensi model karpet kecil untuk ruang tamu berikutnya yaitu bergaya estetik kekinian. Umumnya, model karpet yang aesthetic memiliki motif abstrak yang unik dan berkonsep.  Pins bebas memilih motif apapun. 

Tetapi agar lebih menarik dan menghidupkan ruang tamu, pilih pattern yang tidak terlalu ramai dengan warna yang cenderung netral. Model ini dapat memudahkanmu dalam mengatur tata letak dan dekorasi ruangan. 

12. Karpet Anyaman Eceng Gondok

karpet anyaman eceng gondok
Source : Tokopedia

Siapa bilang karpet anyaman itu ketinggalan zaman? Nyatanya saat ini karpet anyaman eceng gondok sedang digemari. Jenis karpet satu ini cocok untuk kamu yang ingin punya ruangan bergaya rustic dan vintage

Nah, itulah beberapa model karpet kecil untuk ruang tamu yang dapat kamu jadikan inspirasi saat hendak mencarinya. Pastikan Pins mengetahui material yang digunakan serta motifnya agar cocok dengan ruangan. 

Jika dirawat dan dibersihkan dengan cara yang benar, apapun model karpet yang kamu pilih dapat bertahan bertahun-tahun. Kuncinya Pins menjaga karpet kecil di ruang tamu tetap kering dan tidak boleh lembap agar terhindar dari jamur.  

Bersihkan karpet secara berkala memakai vacuum cleaner. Kalau mau cara yang lebih praktis, manfaatkan layanan rumah dari Pinhome Home Service. Pins juga bisa melakukan berbagai layanan rumah tangga seperti cuci mobil, servis dan cuci AC, desinfektan & fogging, hingga massage. 

Semoga informasi ini bermanfaat, ya, Pins!

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download